Home Phone Cara Menghemat Kuota dengan Sensor Data di Windows Phone

Cara Menghemat Kuota dengan Sensor Data di Windows Phone

Siapa yang belum pernah menggunakan paket data? Dewasa ini, penggunaan paket data di smartphone sudah sangat marak jika dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Menggunakan paket data sebagai solusi untuk tersambung ke jaringan internet memang bukanlah suatu kesalahan. Namun,bila tidak dikontrol dengan tepat, maka tagihan atau kuota data kita bisa membengkak.

Banyak sekali cara untuk menghemat penggunaan paket data pada smartphone kita. Mulai dari mengkompres data hingga yang paling ekstrim, yaitu mematikan paket data itu sendiri. Namun, dengan adanya Sensor Data, maka penggunaan data pada perangkat Windows Phone bisa dikontrol secara otomatis.

Sensor data adalah salah satu fitur yang sudah ada di Windows Phone. Fungsi dari sensor data sendiri adalah memantau penggunaan data yang ada pada perangkat Windows Phone dan melakukan beberapa tindakan untuk menghindari penggunaan data yang berlebih. Caranya adalah dengan melakukan berbagai macam cara untuk menghemat dan membatasi penggunaan data.

Untuk menggunakan sensor data, kita bisa ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Masuk ke pengaturan lalu pilih sensor data.
    Menghemat Data dengan Sensor Data
  2. Pilih Atur Batas untuk menentukan jenis batas, mengatur batas sesuai kuota yang kita miliki, dan tanggal habis kuota.
    Menghemat Data dengan Sensor Data
  3. Pilih Batasi data latar belakang ke aktif dan pilih “”Saat mendekati batas saya”. Aktifkan juga batasi data latar belakang saat menjelajah.
    Menghemat Data dengan Sensor Data
  4. Pilih penyimpanan data browser ke otomatis. Kita bisa melakukan pengaturan sesuka hati, namun pengaturan otomatis adalah pilihan terbaik.
    Menghemat Data dengan Sensor Data
  5. Setelah semua sudah diatur, maka paket data kita akan aman dan tidak perlu takut berlebihan. Paket data akan dibatasi saat kuota sudah menipis dan browser akan mengoptimalkan penyimpanan sehingga data yang didownload saat browsing akan lebih sedikit.

Saya sudah mencobanya dan sangat bermanfaat untuk yang sering lupa mengecek kuota paket data kita. Apa kamu sudah mencobanya?

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Microsoft Student Partner. Bekerja sampingan sebagai penulis dan blogger. Menyukai Fotografi Mobile menggunakan Lumia dan iPhone. Penggemar Xbox Games khususnya Minecraft and HALO Series. Follow @ajisaputrars untuk berbincang-bincang #MiaSanMia