Membuat dan mengedit video singkat untuk bahan sosial media memang dapat dilakukan dengan mudah melalui perangkat Desktop atau Mobile, saya sendiri kadang membuat video promosi singkat untuk Instagram dan Facebook Blog saya, hanya saja mengedit tanpa template saya rasa sedikit memakan waktu yang cukup lama.

Nah terkait hal tersebut baru baru ini saya penasaran dengan sebuah produk atau layanan yang selalu muncul di iklan. FlexClip Online Video Maker, sesuai namanya layanan ini akan mengijinkan kita membuat Video secara online, meskipun bukan Video Editing yang dikhususkan untuk project besar seperti para Content Creator atau Video Maker di Youtube, namun untuk beberapa bahan project tampaknya sudah cukup powerfull untuk digunakan.

Dengan layanan ini, kita bisa membuat video promosi produk, layanan jasa, presentasi, bisnis dan lainnya, dan setelah saya coba, ternyata cukup asik juga. Nah pada kesempatan kali ini terkait dengan hal itu, saya akan sedikit mengulas secara singkat mengenai Flexclip Online Video Maker, yang menurut saya cukup enak dan nyaman untuk digunakan.

Jenis Lisensi dan Perbedaannya

Nah yang pertama, mari kita sedikit pahami dulu terkait jenis dan perbedaan lisensi Flexclip Online Video Maker ini, umumnya ada tiga jenis lisensi yang berbeda, yang mana diantaranya adalah Free, Basic, dan Plus, tentu ketiganya memiliki batasan dan kelebihannya masing masing.

Lisensi Free

Untuk lisensi yang Free, kita dibatasi dengan resolusi video yang hanya maksimal 480p, satu stock video per project, maksimum 12 project, dan maksimum durasi video adalah 1 menit.

Maksimal Resolusi adalah 480p

Bagi saya, Lisensi Free ini sebenarnya sudah sangat cukup untuk penggunaan versi saya yang hanya mengedit video promosi, dan mengedit video untuk presentasi. Namun meskipun begitu ada beberapa hal yang kurang saya suka yaitu hanya diberikan satu stock video saja, selain itu ada juga Intro Flexclip, tetapi tenang, pada halaman Export kamu bisa menonaktifkan Intro Flexclip tersebut dengan memilih opsi ‘No Intro’.

Lisensi Basic

Nah yang kedua adalah Lisensi Basic, dimana dengan lisensi ini beberapa batasan sebelumnya sudah ditingkatkan mulai dukungan resolusi maksimal hingga HD 720p, 5 Stock Video per Project, maksimum 50 project, durasi video maksimum 3 menit, custom watermark, dan yang paling penting sudah tidak ada lagi Flexclip Intro yang disisipkan sehingga menjadikan video yang kita share tersebut tidak terlihat gratisan dan kurang cantik untuk dibagikan.

Lisensi Plus

Nah yang terakhir ini adalah lisensi Plus, dimana dengan lisensi ini beberapa batasan sebelumnya lebih ditingkatkan lagi, seperti maksimal resolusi hingga 1080p, tidak ada batasan stock video, maksimum 200 project, maksimum durasi hingga 5 menit, custom watermark, dan tentu tidak ada FlexClip Intro sama seperti lisensi Basic.

Harga Lisensi

Nah berdasarkan halaman Pricing-nya, harga masing masing lisensi yang telah disebutkan diatas cukup beragam, mulai dari Lisensi Free yang memang gratis, Lisensi Basic sebesar $8.99 / bulan atau $4.99 / bulan jika kamu membeli lisensi selama 1 tahun penuh, dan Lisensi Plus sebesar $15.99 / bulan atau $7.99 / bulan jika kamu membeli lisensi selama 1 tahun penuh. Memang harga tersebut menurut saya cukup mahal, namun bagi kamu yang menginginkan pengalaman dan fitur terbaik saya rasa sudah cocok untuk dicoba.

Pengalaman Editing

Nah yang saya suka ketika melakukan pengeditan di FlexClip Online Video Maker ini adalah user interfacenya yang cukup simple dan mudah digunakan, sehingga sangat cocok sekali digunakan bagi banyak orang, bahkan jika mereka sekalipun belum pernah melakukan editing video sebelumnya.

Seperti pada gambar yang saya tunjukan diatas, pada bagian bawah ada Timeline yang berisi seluruh alur Video, ada Editing Panel dengan beberapa pilihan Text, Overlay, Widget yang cukup lengkap, dan tidak kalah penting tentu saja ada tampilan Preview Video yang cukup besar.

Editing Panel, sebut saja begitu.
Timeline yang simpel
Preview Pane yang cukup besar untuk melihat preview project

Nah selain itu nih, kita juga bisa mengatur filter dengan mudah pada menu filter yang telah disediakan, sehingga kita bisa mengatur Tone warna, intensity dan lainnya hanya dengan satu kali klik saja.

Selain itu, kita juga bisa mengatur Exposure, Contrast, Brightness, Tint, dan lainnya secara manual pada menu Adjust yang telah disediakan.

Dan tentu pilihan animasi-nya sendiri menurut saya sudah cukup jika kamu hanya ingin membuat video singkat dan sederhana.

Template Yang Disediakan

Nah ini merupakan salah satu yang saya suka, karena di FlexClip Online Video Maker ini ada beberapa template yang tersedia, dan menurut saya cukup lengkap jika kamu ingin membuat video berdurasi singkat.

Salah satunya sebut saja video undangan pernikahan, dengan FlexClip Online Video Maker ini kita bisa membuatnya dengan mudah, Online dan tidak memakan banyak waktu, cukup sediakan saja Source File yang kamu perlukan.

Sehingga nih, bagi kamu yang pengen bikin undangan pernikahan, ulang tahun, dan lainnya di sosial media, kamu cukup menggunakan template yang disediakan saja, hasilnya sendiri tidak mengecewakan dan bahkan cukup bagus untuk dibagikan.

Selain itu, Libary Music yang disediakan juga cukup banyak, kita bisa memfilternya berdasarkan Mood, Genre, Intrument dan durasi Musik.

Dan yang cukup menarik dari Libary Music yang diberikan ini, tampaknya semuanya aman untuk digunakan dan terhindar dari masalah copyright ketika diupload ke Youtube.

Editing Tanpa Template? Bisa Kok

Nah bagi kamu yang kurang suka dengan template yang disediakan, kamu juga bisa membuat dan mengedit video langsung dari awal, cukup pilih saja tombol “Edit From Scratch” dan kamu akan memulai Editing Projectmu sendiri.

Jika kamu pengguna Lisensi Plus, untuk editing Video seperti Review dan Tutorial atau bahkan Editing Seperti Video contoh dibawah ini menurut saya sudah cukup powerfull, karena memang tidak ada batasan Stock Video yang dapat kamu gunakan, kecuali memang durasi yang sangat terbatas di 5 Menit saja.

Yang Saya Suka

Nah yang saya suka dari FlexClip Online Video Maker ini tentu saja proses editingnya adalah Online, jadi kita bisa mengeditnya dimanapun dan kapanpun selama ada koneksi internet yang cukup stabil mentenagai perangkat kita, bisa itu Desktop, Laptop, bahkan Smartphone sekalipun.

Selain itu, karena diedit online, perangkat kita tidak memerlukan sumber daya yang besar untuk melakukan editing video, karena sekali lagi semua stock video/foto, akan diupload dan edit melalui sisi server, kita hanya memerlukan koneksi internet saja.

Selain itu, proses rendering dengan resolusi 1080p (untuk Lisensi Plus), tidak membutuhkan banyak waktu tergantung dari resolusi dan berapa banyak stock video yang dimasukan, dan untuk beberapa project yang saya coba, rentan waktu render bisa dibilang cukup singkat. Untuk proses ini tidak memerlukan koneksi internet ya, dan semua dilakukan melalui sisi server, kamu hanya membutuhkan koneksi internet untuk proses download file hasilnya saja.

Yang Kurang Saya Suka

Nah selain yang saya suka, kurang rasanya jika tidak menyebutkan juga hal yang kurang saya suka, dan salah satunya tentu saja adalah Lisensi, untuk lisensi Free, kita memang bisa mengedit dengan hasil yang cukup bagus, namun stock video yang kita dapat gunakan hanya terbatas di satu buah file saja, selain itu resolusi hasil project juga hanya dibatasi di 480p, dan tentu meskipun itu sudah cukup, tapi ditahun 2020 ini 480p itu rasanya sudah ketinggalan jaman.

Selain itu, harga dari Lisensi Basic dan Plus-nya sendiri menurut saya cukup mahal jika pengguna hanya ingin membeli lisensi bulanan, sehingga jika ingin mendapatkan harga murah membeli lisensi Annual atau pertahun sangat direkomendasikan.

Selain itu dalam beberapa kasus, koneksi internet kita harus cukup stabil agar proses loading dan proses saving project tidak terkendala, karena dalam beberapa waktu selama saya mencoba FlexClip Online Video Maker ini, saya mendapati masalah dimana loading stuck, dan mengalami kegagalan saving project.

Loading yang tidak pernah selesai
Saving Project Gagal

Kesimpulan

Melakukan editing video memang dapat dilakukan dengan berbagai aplikasi dan program yang tersedia baik di Windows, Linux dan Mac, bahkan di Smartphone sendiri sangat banyak aplikasi yang cukup powerfull untuk melakukan editing video, namun selain itu kita juga bisa melakukan editing secara online, misalkan saja dengan FlexClip Online Video Maker ini, kelebihannya tentu saja tidak memberatkan perangkat untuk proses editing dan hanya membutuhkan koneksi internet saja, selain itu kita juga bisa melakukan editing, dimanapun dan kapanpun kita inginkan selama koneksi internet tersedia.

Namun sekali lagi meskipun FlexClip Online Video Maker ini tersedia versi gratisnya, batasan yang diberikan cukup membatasi kreatifitas kita, tapi bagi kamu yang tidak bermasalah dengan batasan satu stock video, hasil yang hanya 480p dan durasi yang hanya satu menit saja, saya rasa sudah cukup powerfull untuk dicoba dan digunakan. Jika ingin pengalaman terbaik, tentu membeli lisensi Plus adalah solusi yang paling mantap untuk dicoba.

Nah sekian dari ulasan singkat yang ternyata cukup panjang ini, kamu bisa mencoba FlexClip Online Video Maker dengan masuk ke halaman berikut.

Terima kasih dan Semoga bermanfaat.

  Hobi Baca Wajib Punya..!! Unboxing Onyx BOOX Poke2 Indonesia + Review Singkat 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.