Kebayang gak guys kalian bisa internetan gratis, unlimited, tanpa isi ulang pulsa dan kuota? Nah kemaren saya di tag di Instagram sama salah satu follower buat nyobain Freenternet. Ini adalah MiFi yang nyediain layanan internet gratis dengan barter nonton iklan, jadi kita gak usah beli kuota, gak usah beli pulsa juga — tinggal tonton iklan aja dan bisa internetan sepuasnya. Karena penasaran saya langsung beli MiFi nya, dan udah saya cobain juga — dan disini saya mau review Freenternet ini untuk nge-share gimana rasanya internetan gratis pake Freenternet ini, secepet apa, enak apa enggak — dan menurut saya kalian wajib banget tahu sebelum mutusin beli Freenternet ini.

Apa aja isi box nya..??

Nah MiFi Freenternet ini saya beli dengan harga sejutaan, jadi meskipun internetnya gratis, MiFi nya gak gratis, dan kalo beli kalian bakal dapet box Freenternet. Box nya simple aja, cuman item tulisan freenternet, dan disampingnya ada detail IMEI, SSID, dan username admin nya. Terus didalemnya, kalo dibuka ada kartu garansi MiFi selama setahun, terus dapet juga panduan singkat penggunaan, ada list isi box nya, terus dapet MiFi nya, baterai MiFi 2300 mAh, kabel charger microUSB, dan terakhir dapet kepala charger MiFi nya.

Seperti Apa MiFi nya..??

Untuk MiFi nya sendiri kotak dengan body kilap bergaya glass di bagian depan bertuliskan Freenternet. Di bagian ujung ada indikator baterai, wifi, dan juga sinyal. Nah di belakang memiliki desain cover yang kasar, dan untuk materialnya plastik semua. Di sebelah kiri ada dua tombol, yaitu tombol power dan WPS, di bagian atas ini ada port charging micro USB.

MiFi ini bisa dilepas belakangnya, dan udah bundling langsung dengan nano SIM Smartfren. Nano SIM ini bisa dilepas sebenernya, tetapi dari panduannya — pihak Freenternet melarang kalian untuk ngebuka ini, karena kalo dibuka SIM card nya, garansi MiFi nya bakal langsung hangus. Gak tau kenapa kok dibikin aturan gitu.

Gimana Cara Setupnya..??

Nah pertama tentunya kita pasang dulu baterai MiFi nya, terus tinggal nyalain aja. Di awal banget kita pake Freenternet ini, kita harus aktivasi dulu, dan aktivasinya ini wajib lewat aplikasi Freenternet yang bisa didownload di App Store ataupun Play Store. Jadi kalo udah download aplikasinya kalian tinggal daftar aja terus login, daftarnya ini mengharuskan kalian untuk masukin data2 pribadi kayak NIK di KTP, nama, dan sebagainya. Setelah daftar kalian bakal langsung dapet kode unik MiFi, dan tinggal konek aja ke WiFi freenternet, lalu masukkan kode unik MiFi ini di form yang disediakan. Kalo udah MiFi sudah aktif dan siap digunakan. Proses aktivasi ini cuman sekali aja, habis itu ya kalian tinggal pake2 aja kayak di WiFi pada umumnya.

Gimana Koneksinya..??

Nah hal yang paling bikin kalian penasaran pasti adalah gimana koneksinya. Kalo dari sisi kecepatan sebenernya gak ada FUP, jadi kecepatannya tetep maksimal kayak kalo kalian paketan Smartfren sebelum kena FUP, kecepatannya segitu guys. Dari speedtest yang saya lakuin, di tempat saya bisa dapet speed download sampe 10.5 Mbps dan upload 3.42 Mbps, ini udah kenceng banget ya untuk ukuran internet gratis. Kuota juga gak dibatasi, selama kita terus nonton iklan ya selama itu juga kita masih bisa lanjut internetan. Ini bagusnya Freenternet ini.

Tapi secara experience, saya rada kurang nyaman pake Freenternet ini. Jadi kalo saya perhatikan iklan ini muncul setiap sekitar 50MB sekali. Jadi setiap kita pake kuota 50MB, internet bakal otomatis putus, ini yang jadi masalah, kita harus nonton iklan dulu, baru internet jalan lagi. Iklannya gak banyak sebenernya, dan kita juga cuman perlu ngabisin waktu sekitar 10-15 detik aja untuk nontonnya — tapi putusnya itu yang bikin penggunaannya jadi terbatas. Misal kalian download file diatas 50MB, ini bisa keputus di tengah-tengah — kalo servernya support resume, gak ada masalah, tapi kl gak support maka kalian gak bisa lanjutin download. Terus buat kalian yang suka nge-game nih, Freenternet juga kurang pas dipake nge-game, karena balik lagi kalo udah waktunya nonton iklan, ya koneksi otomatis diputus.

Selain itu popup iklannya gak selalu otomatis muncul, kalo pas muncul enak, tinggal tonton aja jeda iklan dan langsung konek internet lagi, tapi kalo pas gak muncul kita harus akses browser dan buka halaman manual biar munculin iklan untuk lanjut internetan.

Seandainya jeda iklan muncul dalam bentuk popup tanpa memutus koneksi internet pasti bakal lebih bagus experiencenya, jadi kita bisa download sambil nontonin iklan misalnya, tanpa harus ngalamin download putus. Tapi ya mungkin memang didesain seperti itu biar gak ada yang abuse kuota nya.

So far sih saya melihat Freenternet ini lebih cocok buat kalian yang suka browsing, baca-baca, bermain sosmed, atau nonton youtube juga masih oke. Tapi kalo kalian suka download, atau suka nge-game, menurut saya kurang cocok pake Freenternet ini, karena bakal keputus di tengah-tengah.

Buat Netflix ini bisa, karena smartfren gak ngeblokir Netflix, cuman untuk film dengan resolusi yang tinggi dan durasi lama, tentunya cukup banyak jeda iklan yang harus kalian tonton di sepanjang film.

Kemudian ada hal yang unik nih dari Freenternet, dimana WiFi ini gak bisa diproteksi password. Jadi siapapun bisa konek ke MiFi kalian tanpa perlu memasukkan password. Ini karena Freenternet menganggap pengguna sebagai Duta Siar, dimana kalo kalian pake Freenternet maka akan membuat semakin banyak orang bisa terhubung ke internet gratis. Dan btw semakin banyak yang menonton iklan, semakin banyak juga AdShare alias pendapatan iklan yang kalian kumpulkan. Saya sendiri belum lama mencoba AdShare ini, tetapi dalam 20 menitan pake Freenternet saya sudah mendapatkan 74 rupiah. Nantinya AdShare ini bisa dicairkan ke bank ataupun melalui OVO dan GoPay.

Selain itu nama WiFi juga gak bisa sepenuhnya diubah, cuman bisa diubah bagian belakangnya aja — jadi label Freenternet akan tetap ada biar orang-orang di sekitar tahu ada internet gratis yang bisa dicoba.

Kesimpulan: Kelebihan dan Kekurangan Freenternet

Jadi kalo bisa saya simpulkan, Freenternet ini real, bukan hoax atau bohongan, tapi memang kalian bisa pake internet gratis unlimited, tanpa perlu isi pulsa dan kuota, tinggal beli aja MiFi nya yang satu jutaan ini.

Tetapi Freenternet ini nggak cocok untuk semua orang. Kalo kalian suka browsing, baca, atau nonton video-video pendek di YouTube, Freenternet ini masih cocok — tapi kalo kalian suka download, nge-game, atau nonton film yang durasinya panjang — freenternet ini kurang cocok.

Kalo untuk kecepatan, koneksi, dan kuota — gak ada batesan di Freenternet ini, jadi menurut saya ini terobosan yang menarik buat kalian yang pengen internetan tapi gak mau ngeluarin duit buat beli kuota — dan emang gak ada masalah harus nontonin iklan setiap 50MB.

Saya sendiri kurang cocok pake Freenternet ini, karena saya lebih sering download, upload, dan main game dalam berinternet. Gimana dengan kalian, cocok atau enggak pake internet gratis dengan jeda iklan setiap 50MB pemakaian..?? Bagikan pendapat kalian di kolom komentar.