top

Setelah berhasil menginstall update Windows 10 Phone Technical Preview, kali ini saya akan membagikan pengalaman saya dalam menggunakan Project Spartan di Windows 10 Phone Technical Preview.

Jika sebelumnya kalian sudah pernah mencoba Project Spartan di Windows 10 Desktop, maka kalian akan merasakan pengalaman yang sama dalam menggunakan app ini di Windows 10 Phone.

Address bar terletak di atas bersama tombol refresh dan reading mode. Saya pribadi lebih menyukai address bar jika letaknya dibawah seperti Internet Explorer di Windows Phone karena lebih mudah dijangkau tangan saya. Namun tenang saja, Microsoft selalu mendengarkan feedback kita semua, dan banyak juga yang sependapat dengan saya.

spartan_1

Selanjutnya saya mencoba membuka halaman Settings, ada fitur menarik yang saya temukan disini. Ya spartan bisa memprediksi halaman yang akan dibuka selanjutnya untuk mempercepat browsing. Kemudian juga ada fitur smartscreen yang melindungi kamu ketika kamu akan mengunjungi situs berbahaya.

Selanjutnya saya mencoba menggunakan reading mode, dan saya merasakan fitur ini cukup berguna ketika kamu ingin fokus membaca artikel tanpa embel-embel iklan dan semacamnya. Kamu juga bisa mengatur tema reading mode menjadi gelap atau terang di halaman settings.

spartan_2

Selain itu kamu juga bisa menambahkan halaman ke dalam favorites ataupun reading list. Menurut saya favorites mungkin mirip dengan bookmarks jika di chrome atau firefox. Semua halaman yang kamu tambahkan ke favorites dan reading list akan masuk ke halaman Hub yang dapat kamu temukan pada ikon Hub di menu bawah.

Ada satu fitur dasar yang cukup esensial yaitu Find, kamu bisa mencari kata yang ingin kamu cari pada suatu halaman. Misal saya sedang mencari kata Putu Yoga, maka kamu dapat menemukan hasil pencarian tersebut dengan label warna kuning.

Fitur tabs juga standar seperti browser-browser lain pada umumnya. Namun letaknya yang tersembunyi sedikit menyulitkan bagi pengguna yang sering membuka banyak situs sekaligus. Lebih bagus lagi kalau fitur pindah tab cukup menggeser address bar seperti di Google Chrome Android.

spartan_3

Jujur, performa yang saya rasakan di perangkat Lumia 435 sedikit mengecewakan, link-link artikel di WinPoin sulit untuk saya sentuh dan kurang responsif. Namun hal ini wajar, karena Project Spartan sendiri masih fase awal pengembangan, jadi lebih baik kita tunggu saja build selanjutnya.

 

Sudah Mencoba Spartan?

Bagaimana menurutmu dengan Project Spartan ? Bagikan pendapatmu di kolom komentar dibawah ya !

  Kirim SMS Lewat PC..?? Bisa Kok!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.