Home PC Tips Mempercepat Terbukanya Start Menu di Windows 10

Tips Mempercepat Terbukanya Start Menu di Windows 10

mempercepatstartmenu_1

Semuanya tentu tahu bahwa Microsoft telah mereplace Startscreen Windows 8.x dengan Start Menu di Windows 10 sebagai jawaban pengguna Windows 8.x yang tidak begitu suka dengan Startscreen dan mengembalikan Start Menu khas Windows 7 dengan desain baru meskipun fungsinya sama, tetapi lebih powerful karena menggabungkan Startscreen Windows 8.x dengan Start menu Windows 7.

Meskipun Windows 10 sudah jauh lebih baik ketimbang pertama kali dirilis, tetapi masih banyak pengguna yang mengeluhkan Start Menu mereka yang lambat terbuka/laggy hingga tidak bisa terbuka sama sekali. Jika itu terjadi pada kamu, maka saya akan memberikan sedikit solusi mudah untuk mengatasinya.

Pertama buka Settings (WinKey + I), kemudian navigasilah ke ‘Ease of Access – Other options‘. Atau juga bisa membukanya dengan menggunakan URIs ‘ms-settings:easeofaccess-otheroptions‘ pada kotak RUN (Baca Juga : Trik Membuat Konteks Menu (Klik Kanan) Settings di Windows 10)

mempercepatstartmenu_2

Kemudian pada menu Visual Options, slide dari On ke Off pada opsi ‘Play animations in Windows‘.

mempercepatstartmenu_3

Dengan begitu maka ketika Start Menu akan terbuka secara instan. bukan hanya ketika membuka Start Menu saja, tetapi Start Menu akan menjadi lebih respontif ketika bernavigasi didalamnya.

Intinya dari tips ini adalah dengan menonaktifkan animasi Start Menu yang tidak perlu. Dengan kata lain, ini juga bisa menjadi tips lain untuk mengoptimalkan Windows 10 kamu.

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.