Saat rilis Windows 7, Microsoft mungkin memiliki OS paling stabil, akan tetapi Apple memimpin dengan kelebihan lain: Touchpad yang presisi dan sistem gestur yang tak tertandingi pada masanya. Perlu setengah dekade bagi Microsoft untuk mengembangkan sistem touchpadnya hingga mendekati kemampun perangkat laptop milik Apple: Macbook.

Microsoft? Bukankah setiap OEM memiliki produknya sendiri-sendiri? Semua itu tidak ada artinya jika OS yang dimiliki tidak mendukung gestur yang diinginkan. Kini Microsoft memiliki standar driver yang disebut: precision touchpad. Driver ini memungkinkan touchpad di perangkat laptop Windows memiliki presisi, kemampuan gestur, dan fitur yang sebanding dengan Macbook.

OEM yang produknya menggunakan OS milik Microsoft, terutama Windows 10, tentu saja langsung ‘memeluk’ standar baru ini. Kini dapat dikatakan Microsoft memiliki kombinasi perangkat sentuh dan touchpad unggul kelas atas, meskipun saya mungkin masih menilai bahwa perangkat milik Apple unggul setingkat, namun setidaknya orang kini dapat menggunakan touchpad di laptop berbasis Windows dengan nyaman dan menyenangkan. Meskipun demikian, tidak semua orang mengetahui adanya ‘peningkatan’ di laptop berbasis Windows ini. Apalagi mungkin kebebasan menggunakan sistem layar sentuh di laptop ber-OS Windows 10 yang sangat menggoda. Inilah sebabnya saya membagikan pengetahuan dasar tentang gestur touchpad untuk laptop Windows 10 ini.

Oya, jika kamu belum yakin apakah touchpad laptop milikmu mendukung gestur, buka Settings, buka Devices > Mouse & Touchpad. Nah, pada bagian Touchpad ini, kamu akan mendapati pesan “Your PC has a precision touchpad” yang berarti kamu bisa melakukan swipe dan tap, bukan hanya mengklik.

Atau bisa juga jika kamu menggunakan fitur bawaan manufaktur, tampilannya seperti ini

Berikut ini daftar gestur yang dapat kamu lakukan di touchpad yang sudah didukung oleh precision touchpad:

  • Memilih item: Ketuk touchpad sekali
  • Scroll: Letakkan dua jari pada touchpad dan geser jari kamu secara horizontal atau vertikal
  • Zoom in / out (Perbesar/perkecil): Letakkan dua jari di touchpad dan ‘cubit’ atau regangkan jari.
  • Klik kanan: Ketuk touchpad dengan dua jari, atau tekan tombol di sudut kanan bawah
  • Buka Task View: Letakkan tiga jari di atas touchpad dan usapkan jari ke atas.
  • Tampilkan desktop: Letakkan tiga jari di atas touchpad dan usap ke bawah. Jika kamu mengusapnya ke atas, maka semua task/program yang kamu buka akan muncul kembali.
  • Beralih antar task yang dibuka: Letakkan tiga jari di atas touchpad dan usapkan ke kanan atau ke kiri sambil memilih task yang ingin dibuka (ini sama dengan menekan shortcut Alt + Tab).
  • Menyeret jendela yang terbuka: Ketuk dua kali dan seret dengan menempatkan kursor di title bar
  • Membuka Cortana: Ketuk touchpad dengan tiga jari. Gestur ini juga bisa membuka Action Center, caranya kamu harus mengubah dulu default-nya di Settings > Devices > Mouse & touchpad.

Nah, itulah tips-tips menggunakan gestur touchpad di Windows 10. Sepertinya akan ada perubahan gestur tahun depan nanti, karena ada fitur Timeline yang posisinya bertumpuk dengan virtual desktop.

Kamu punya tips lain menggunakan touchpad? Sumbangkan wawasan kamu di kolom komentar.

  AXIS HYPHONE Beneran Unlimited..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.