Home PC Tips Menghapus File/Folder Secara Permanen Tanpa Melalui Recycle Bin di Windows 10

Tips Menghapus File/Folder Secara Permanen Tanpa Melalui Recycle Bin di Windows 10

menghapusfilesecaralangsungtanpamelaluirecyclebin (1)

Pada dasarnya, untuk setiap versi Windows yang telah dirilis oleh Microsoft selama ini. Ketika ingin menghapus sebuah file atau folder, maka secara otomatis akan terkirim ke Recycle bin. Lain ceritanya jika sembari menekan tombol [SHIFT] yang dapat menghapus secara permanen.

Perlu diketahui bahwa dengan menghapus file secara temporary ini, jika kamu tidak menyadarinya maka akan memakan ruang pada partisi sistem. Karena kita tidak benar-benar menghapus secara keseluruhan (permanen). Tetapi untungnya dengan sedikit pengaturan sederhana, kamu dapat menghapus secara langsung tanpa perlu melalui Recycle Bin terlebih dahulu. Berikut langkah-langkahnya.

Menghapus File/Folder Tanpa Melalui Recycle Bin

Pertama navigasilah ke desktop dan klik kanan pada icon Recycle Bin lalu pilih ‘Properties‘.

menghapusfilesecaralangsungtanpamelaluirecyclebin (1)

Setelah jendela Recycle Bin Properties terbuka. Maka kamu dapat melihat daftar partisi yang ada pada Hardisk kamu. Pilih salah satu partisi yang diinginkan lalu bertanda centang pada ‘Don’t move files to the Recycle Bin. Remove files immediately when deleted‘. Guna untuk tidak memindahkan file ke Recycle Bin ketika dihapus dan akan langsung di hapus secara permanen.

menghapusfilesecaralangsungtanpamelaluirecyclebin (2)

Dengan begitu maka, ketika kamu ingin menghapus sebuah file ataupun folder. Maka akan langsung menghapusnya secara permanen tanpa melalui Recycle Bin.

menghapusfilesecaralangsungtanpamelaluirecyclebin (3)

Nah bagi kamu yang sudah melakukan pengaturan ini. Aku sarankan lebih berhati-hati ketika ingin menghapus file karena akan dihapus secara permanen, dengan kata lain kamu tidak dapat mendapatkannya lagi ketika sudah terhapus. 😈

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.