Home Phone Tips Merekam Telepon Menggunakan Windows 10 Mobile

Tips Merekam Telepon Menggunakan Windows 10 Mobile

Banyak fitur yang ‘telat’ hadir ke Windows Mobile setelah lama ada di iOS dan Android. Meskipun demikian, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali bukan? Dalam pergantian Windows Phone 8.1 ke Windows 10 Mobile, akhirnya fitur untuk merekam percakapan telepon hadir bagi perangkat Windows Mobile kamu.

Disclaimer: Selain pembaruan OS Fitur ini memerlukan hardware khusus. Dalam artian hanya dapat digunakan oleh perangkat Windows 10 Mobile yang dirilis setelah Lumia 950 – Selengkapnya: Lumia 950/XL, Lumia 650, HP Elite X3, dan Alcatel Idol 4S.

Jadi mohon maaf, kamu yang masih memiliki perangkat selain di atas belum dapat merasakan fitur perekam telepon ini.

Cara mengaktifkannya adalah sebagai berikut:

Buka Phone app. Gambar di sebelah kiri adalah tampilan normal kalau ponsel Windows 10 Mobile kamu sedang menelepon. Jika fitur perekaman diaktifkan, maka akan muncul ikon lingkaran di atas Dial Pad. Cara memunculkannya, tampilkan layar “Recent Call” atau panggilan telepon terbaru. Di bagian bawah, seperti biasa kamu akan menemukan tanda pivot (…). Tap tanda tersebut untuk memunculkan setting.

Settings akan menampilkan layar seperti gambar di atas kiri. Tap pada “Change more setting for phone”. Nah kamu akan mendapatkan tampilan seperti gambar sebelah kanan.

Scroll ke bawah hingga kamu mendapati pilihan Default Apps. Setelah tap pada tombol tersebut, maka kamu akan mendapatkan opsi tambahan seperti yang ditampilkan pada gambar sebelah kanan.

Perhatikan layar Calling. Kamu akan mendapatkan tawaran untuk memilih aplikasi yang ingin digunakan mengelola rekaman telepon. Pilih Voice Recorder. Ini adalah default app Windows 10 Mobile yang bisa digunakan untuk merekam, namun bisa juga disambungkan ke Phone app untuk merekam percakapan telepon.

Seperti yang sempat saya singgung di atas, ‘tanda’ bahwa kamu sudah berhasil mengaktifkan fitur ini adalah munculnya ikon lingkaran di atas ikon Dial untuk merekam ketika kamu menelepon atau ditelepon seseorang.

 

Perlu Diperhatikan

Memang fitur ini memudahkan kamu untuk merekam nasehat Bapak Ibu, atau mungkin jika kebetulan kamu menelepon dosen pembimbing dan takut lupa pesan-pesan revisi skripsinya. Mungkin juga kamu menggunakannya untuk merekam suara pacar yang mengucap kata-kata cinta untuk penyemangat sepanjang harimu.

Namun kamu perlu mengetahui bahwa pada dasarnya merekam percakapan telepon itu dilarang oleh hukum. Pihak yang direkam dapat mengajukan tuntutan atas pelanggaran privasi jika kamu melakukannya tanpa izin. Jadi gunakanlah fitur ini dengan bijak.

Meskipun demikian, cukup banyak manfaat merekam percakapan telepon dari ponsel. Jika kamu punya pendapat terkait seluk beluk fitur ini, silakan sumbangkan pemikiranmu di kolom komentar.

  Cara Mematikan Update Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta