Home Editorial Tool Otomasi Microsoft Flow Dirilis untuk iOS & Segera ke Android

Tool Otomasi Microsoft Flow Dirilis untuk iOS & Segera ke Android

Tool Otomasi Microsoft Flow Dirilis untuk iOS & Segera ke Android

Bulan lalu Microsoft memamerkan tool otomasi terbarunya yaitu Flow. Buat kamu yang belum tahu, Microsoft Flow merupakan tool seperti IFTTT (If This Then That) yang memungkinkan kamu untuk mengotomatiskan berbagai hal agar bisa jauh lebih produktif lagi.

Dan hari ini Microsoft mengumumkan bahwa aplikasi Flow sudah dirilis untuk iOS, dan segera hadir juga ke Android.

Hari ini dengan bangga kami merilis bagian penting dari Microsoft Flow: aplikasi mobilenya sekarang sudah bisa didownload di iOS (dan segera hadir di Android). Aplikasi ini akan memudahkan kamu dalam memanage, tracking, dan explore autimatic workflows dimanapun dan kapanpun – Microsoft

Melalui aplikasi mobile Microsoft Flow, kamu bisa lebih maksimal dalam memanfaatkan layanan ini, sekaligus lebih mudah dalam mengatur setiap workflow otomatis yang sudah kamu buat.

Download Microsoft Flow untuk iOS

Sayangnya nama Windows 10 Mobile atau UWP sama sekali tidak disebut dalam pengumuman tersebut. Meskipun setelah diprotes beberapa pengguna Windows 10 Mobile, akhirnya salah seorang team Microsoft Flow Stephen S berterima kasih atas feedback tersebut dan menyatakan bahwa pengembangan Microsoft Flow versi UWP sudah dipertimbangkan untuk masuk ke product plan mereka. Terlebih ini merupakan awal dari perilisan aplikasi mobile dan Microsoft Flow juga masih dalam tahap preview.

Namun apa yang bisa diharapkan dari developer pihak ketiga jika Microsoft sendiri seolah enggan mengutamakan UWP Windows 10 Mobile di layanan dan aplikasi baru mereka?

Silahkan berdebat dan membela Microsoft. Tetapi jika ini terus berlanjut, saya kira tidak akan baik bagi ekosistem serta kepercayaan konsumen terhadap Windows 10 Mobile itu sendiri. Dan Microsoft sebaiknya segera sadar akan hal itu.

Jadi jika kamu fans loyal Windows 10 Mobile, dan tidak ingin platform ini sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan penggunanya, tidak ada salahnya kok untuk memberikan kritikan yang membangun bagi Microsoft.

Karena hanya dengan begitu Microsoft bisa tahu bahwa masih ada konsumen mereka, pengguna Windows 10 Mobile yang berharap mendapatkan support yang sama seperti yang mereka berikan di platform lainnya saat ini.

via microsoft | flow

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.