Home PC Windows 10 Build 15025 : Fitur Baru pada Ease of Access

Windows 10 Build 15025 : Fitur Baru pada Ease of Access

Windows 10 Build 15025 Fitur Baru pada Ease of Access (1)

Seperti yang telah kamu ketahui, beberapa hari yang lalu Microsoft telah merilis Build 15025 ke Fast ring PC dan Mobile.

Berdasarkan changelog yang diberikan oleh Microsoft, ada beberapa perubahan pada Build ini salah satunya pada bagian Ease of Access yang mana pada artikel kali ini WinPoin akan coba mereviewnya lebih jauh.

Braille (Beta) : Agar lebih membantu pengguna yang tunanetra, Microsoft menghadirkan salah satu alat bantu yang sangat membantu yaitu Braille. Sebelumnya untuk kamu yang belum tahu apa itu Braille, Braille adalah sebuah sistem penulisan yang menggunakan titik-titik yang timbul. Hal ini tentunya membantu mengenali tulisan bagi penyandang tunanetra.

Untuk mengaktifkannya, navigasilah ke Settings – Ease of Access – Narrator, lalu scroll kebawah hingga menemukan opsi Braille (yang saat ini masih berstatus beta).

Windows 10 Build 15025 Fitur Baru pada Ease of Access (2)

Klik opsi Download and Install Braille, tunggu beberapa saat hingga proses download selesai (tentunya kamu memerlukan koneksi internet untuk melakukannya). Ketika muncul opsi untuk menginstal software, klik install dengan begitu maka proses installasi telah selesai.

Windows 10 Build 15025 Fitur Baru pada Ease of Access (3)

Langkah berikutnya adalah mengaktifkan Braille, tetapi sebelumnya pastikan Narrator sudah lebih dulu aktif, jika sudah kembali ke opsi Braille lalu swipe kekanan pada opsi Enable Braille untuk mengaktifkannya dan pilih tampilan braille yang diinginkan.

Opsi Mono Audio : Masih ada Ease of Access, cobalah navigasi ke menu Other Options lalu scroll kebawah hingga kamu menemukan opsi Audio Mono. Opsi Mono ini berguna untuk menyelaraskan antara sterio kiri dan kanan, jadi pengguna yang mungkin menggunakan 2 earphone, bisa mendengarkan 2 channel (jalur dimana keluarnya suara yaitu kiri dan kanan) dalam 1 channel.

Windows 10 Build 15025 Fitur Baru pada Ease of Access (6)

Extras

Diluar dari Ease of Access, ada sedikit minor tweak yang dilakukan Microsoft. Masih didalam Settings, dimana menu Mixed Reality telah dihilangkan pada Build ini.

Windows 10 Build 15025 Fitur Baru pada Ease of Access (7)

Kemudian terjadi penambahan nama pada Windows Defender, yang sekarang menjadi ‘Windows Defender Antivirus’.

Windows 10 Build 15025 Fitur Baru pada Ease of Access (8)

Nah itu dia sedikit review pada sektor Ease of Access di Windows 10 Build 15025. Masih ada lagi review mengenai Build ini, so stay tuned!

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.