2 Cara Mempercepat Booting Windows 8/8.1

2 Cara Mempercepat Booting Windows 8/8.1

0

Image 2

Disaat kamu menyalakan komputer pastinya kamu ingin segera masuk ke Windows. Tetapi sayangnya seringkali proses booting Windows terasa sangat lambat hingga membuat kita menunggu lama sebelum akhirnya PC bisa digunakan. Bagi kamu pengguna Windows 8 / 8.1, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar bisa membuat proses booting kamu menjadi lebih cepat. Berikut ini WinPoin berikan 2 cara mempercepat booting di Windows 8 / 8.1.

 

Dengan menggunakan Fitur Fast Startup

Fitur ini hadir semenjak perilisan Windows 8. Fast Startup bisa digunakan untuk mempercepat proses booting di Windows 8 / 8.1. Bagi kamu yang belum tahu apa itu Fast Startup, kamu bisa membaca penjelasan lengkapnya disini (Baca : Inilah Jawaban atas Misteri Seputar “Fast Startup” di Windows 8).

Untuk menggunakan Fast Startup, buka saja panel search dan cari “Power Options” (tanpa tanda kutip).

Image 2

 

Ketika jendela Power options sudah terbuka, pilih Choose what the power button does yang berada di bagian sisi kiri.

Image 3

Kemudian agar dapat mengakses fitur Fast Startup kamu perlu mengklik pada bagian Change settings that are currently unavailable yang terdapat pada bagian atas menu.

Image 4

 

Dengan begitu kamu dapat mengakses fitur Fast Startup, untuk menggunakannya pastikan kamu mencentang pada bagian Turn on fast startup (recommended).

Image 5

Setelah selesai kamu dapat mengklik Save changes, untuk perubahannya.

 

Memeriksa Aplikasi yang Berjalan Startup

Banyaknya aplikasi yang berjalan saat startup (Startup Program) sangat menentukan cepat tidaknya proses booting Windows. Semakin banyak aplikasi yang berjalan otomatis saat komputer baru saja menyala, akan semakin lambat dan lama proses bootingnya. Untuk atur aplikasi apa saja yang akan berjalan otomatis saat proses startup. Jika ada yang tidak penting atau tidak kamu gunakan, maka disable saja.

Caranya klik kanan Tombol Start dan pilih Task Manager, setelah itu nagivasi ke tab Startup.

Image 1

Dari situ kamu dapat mengatur aplikasi apa saja yang berjalan ketika startup dengan milih Enable ataupun disable, serta kamu dapat mengetahui pengaruh aplikasi tersebut besar tidaknya dengan melihat pada bagian kolom Startup Impact.

 

Nah itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mempercepat booting Windows 8. Bagi kamu yang ingin melakukan optimasi di Windows 8 / 8.1 secara keseluruhan, kamu bisa membaca 10 cara mengoptimalkan Windows 8 / 8.1.

Jika kamu memiliki pertanyaan ataupun permasalahan di Windows 8 / 8.1, kamu bisa mengunjungi Forum winpoin. See ya :)

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.