5 Tips untuk Mengurangi Kekacauan di PC Kamu

5 Tips untuk Mengurangi Kekacauan di PC Kamu

3

5 Tips untuk Mengurangi Kekacauan di PC Kamu

Percayalah. Cepat atau lambat kekacauan di PC kamu akan terjadi. Seiring dengan penggunaan terus menerus, banyak data yang akan tersimpan, banyak software yang akan terinstall, dan bukan tidak mungkin hal-hal tersebut menyebabkan sedikit kekacauan di PC kamu. Lalu bagaimana cara untuk mengurangi kekacauan ini? Berikut ini adalah 5 tips dari WinPoin untuk mengurangi kekacauan di PC kamu.

 

Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Seringkali kamu menginstall sebuah program, menggunakannya sekali atau dua kali, dan tidak menggunakannya lagi. Tetapi software tersebut masih saja terinstall di PC kamu meskipun sudah tidak pernah kamu gunakan. Percayalah, tidak ada untungnya menyimpan software yang sudah tidak pernah digunakan. Untuk itu periksa lagi software dan aplikasi apa saja yang terinstall di PC kamu, dan uninstall yang sudah tidak kamu butuhkan lagi.

Hal ini akan membebaskan sejumlah free space di hardisk, seolah membersihkan hardisk dari tumpukan sampah-sampah yang sudah tidak berguna lagi.

 

Hapus Data Sampah

Berapapun kapasitas hardisk kamu, akan lebih baik jika isinya bersih dari berbagai data sampah. Seiring dengan penggunaan komputer, hardisk akan terus terisi dengan data-data baru. Lama kelamaan akan ada data yang sudah tidak lagi kamu butuhkan, data yang kembar, temporary file, serta file-file sampah lainnya.

Untuk itu periksa lagi data yang tersimpan di hardisk kamu. Hapuslah data-data yang kamu anggap sebagai sampah, film-film yang sudah pernah kamu lihat tahun lalu, dokumen yang sudah tidak lagi dibutuhkan, lagu-lagu kembar, dsb.

Untuk menemukan dan menghapus file kembar, kamu bisa melakukannya secara manual ataupun menggunakan bantuan software duplicate file finder.

Untuk menghapus temporary file dan file sampah lainnya, kamu bisa memanfaatkan fitur Disk Cleanup Windows. Klik kanan drive yang ingin kamu bersihkan, pilih properties, dan klik Disk Cleanup.

 

Lakukan Defrag

Menambahkan dan menghapus data di hardisk akan menyebabkan terjadinya fragmen. Jika jumlah fragmen ini terlalu banyak maka performa read/write di hardisk akan menurun. Untuk itu lakukan scanning defrag dan jika hasilnya diatas 10%, sebaiknya kamu melakukan defrag terhadap drive tersebut.

Untuk melakukan defrag, klik kanan drive yang ingin kamu scan lalu pilih properties. Pada tab tools pilih optimize, disitu akan terlihat berapa fragmen yang terjadi di tiap drive. Jika ada drive yang fragmennya diatas 10%, pilih drive tersebut dan klik Optimize untuk melakukan defrag.

 

Lakukan Full Scan Malware

Apapun software security yang kamu miliki, entah itu Windows Defender ataupun antivirus pihak ketiga lainnya, lakukanlah full scan secara rutin. WinPoin biasa melakukan ini secara rutin 2 bulan sekali. Sebelum melakukan full scan pastikan kamu mengupdate terlebih dahulu software security tersebut.

 

Tata Ulang File dan Folder

Kita akui saja, lebih nyaman mengakses komputer yang filenya tertata rapi daripada komputer yang filenya berantakan. Musik bertebaran dimana-mana, foto bertebaran dimana-mana, dokumen apa lagi..tersebar entah kemana. Pernakah kamu mengalami hal ini?

Seringkali kita akan kebingungan ketika mencari file tertentu di komputer yang filenya sangat kacau dan berantakan. Untuk itu pastikan kamu secara rutin menata ulang file dan folder di komputer kamu, setidaknya sebulan sekali.

Kelompokkan file yang tersebar berdasarkan tipe dan kategorinya. Misalkan folder Musik khusus untuk lagu, folder Kuliah khusus untuk tugas-tugas kampus, dan seterusnya.

Dengan menata ulang file dan folder secara rutin, tidak hanya komputer kamu yang terhindar dari kekacauan, kamu pun juga bakal terhindar dari frustasi akibat tidak menemukan file yang kamu cari.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Makasih tipsnya, saya mau izin re-share di blog saya :D

    • Febian

      silahkan ;)

  • maen

    bikin shortlink gito gemana yah… hehe. oya blognya ringan pisan mas… kren