Cara Cloning Windows 8 / 8.1 dengan Mudah

Cara Cloning Windows 8 / 8.1 dengan Mudah

1

clonewindows8_0

Cloning Windows adalah membuat duplikat dari partisi yang berisi sistem Windows berserta data pada partisi tersebut. Hal ini bisa bermanfaat bagi kamu yang akan mengganti hardisk lama dengan hardisk baru. Daripada melakukan install ulang, kamu bisa mengkloning Windows dari hardisk lama ke hardisk baru. Nantinya kamu tinggal menancapkan saja hardisk baru tersebut dan Windows akan bekerja seperti sedia kala ketika masih menggunakan hardisk lama. Untuk itu berikut ini WinPoin berikan panduan melakukan Cloning Windows 8 / 8.1

Untuk melakukan cloning kamu bisa menggunakan software seperti EaseSUS Todo Backup Free. download kemudian jalankan installasi seperti biasanya.

Setelah menginstallnya jalankan software tersebut. dan untuk memulai cloning pertama pilih “Clone“.
clonewindows8_1
Opsi selanjutnya yakni memilih partisi yang ingin diclone. Pilih partisi yang berisi Windows 8 / 8.1 kemudian pilih Next.
clonewindows8_2
Selanjutnya kamu pilih lokasi drive yang akan diclone pastikan memiliki size yang sama atau lebih dari partisi yang diclone. dan juga akan muncul partisi Unallocated, abaikan saja partisi tersebut. pastikan kamu mencentang “Sector by sector clone“. jika sudah pilih Proceed untuk memulai proses cloning.
clonewindows8_3
Terakhir sebelum memulai proses cloning. semua data yang ada pada drive tersebut (jika ada) akan dihapus. jadi jika ada data pada drive tersebut, pastikan kamu memindahkannya ke penyimpanan eksternal. jika sudah pilih OK untuk memulainya.
clonewindows8_4
Proses cloning pun berlangsung. lama tidaknya tergantung dari banyaknya data, file, dan software pada partisi. Semakin besar size dari partisi tersebut, maka akan semakin lama.
clonewindows8_5
Setelah proses cloning selesai. partisi clone akan muncul dengan size dan isi yang sama dengan partisi utama.
clonewindows8_6

clonewindows8_7
Nah itulah cara untuk melakukan cloning Windows 8 / 8.1. Selain menggunakan EaseUS, kamu juga dapat menggunakan AOMEI Backupper.

Mudah sekali bukan?

Bagi kamu yang memiliki permasalahan atau pertanyaan seputar trik diatas, silahkan kunjungi Forum Winpoin untuk berdiskusi bersama pengguna Windows lainnya di Indonesia. See ya :D

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.
  • Nyahok .

    bisa untuk win 7 prof bit 32 jg ga ?