Cara Melihat Penggunaan Memory Extensi Browser

Cara Melihat Penggunaan Memory Extensi Browser

0

Cara Melihat Penggunaan Memory Extensi Browser

Apakah kamu sering menggunakan browser? Jika begitu kamu pasti sering menginstall extensi browser untuk menambah kemampuan browser. Extensi browser tersedia berbagai macam, untuk mendownload, mengambil screenshoot web, proxy, dan sebagainya. Tetapi tahukah kamu kalau semakin banyak extensi browser yang kamu gunakan, maka browser akan semakin banyak memakan memory komputer (entah RAM, Disk atau CPU) kamu. Tetapi bagaimana caranya mengetahui extensi browser mana yang telah menambil banyak memory komputer kamu?

Setiap browser yang kamu gunakan memiliki cara yang berbeda untuk mengetahui penggunaan memory terhadap extensi yang digunakan browser tersebut. Berikut ini WinPoin akan memberikan tutorial cara melihat penggunaan memory extensi browser.

 

1# – Mozilla Firefox

Browser Mozilla Firefox tidak memberikan kemudahan untuk melihat berapa penggunaan memory komputer yang ia gunakan. Untuk itu kamu perlu bantuan extensi browser Firefox bernama about:addons-memory, setelah menginstall extensi ini maka kamu hanya perlu membuka about:addons-memory pada kolom URL. Extensi ini akan membantu kamu untuk melihat penggunaan memory pada extensi browser Firefox yang aktif. Jika kamu memiliki extensi dengan memory leak, mungkin ini akan membuat browser kamu memakan banyak sekali memory ketika berjalan.

Cara Melihat Penggunaan Memory Extensi Browser

 

2# – Google Chrome

Google Chrome dibuat dengan simpel, kamu bisa mendapatkan browser dan task manager untuk melihat berapa memory extensi yang kamu gunakan. Dengan begini kamu tidak perlu menggunakan extensi tambahan, ditambah lagi detail memory yang ditampilan selalu real-time. Untuk membuka Task Manager pada Chrome, kamu hanya perlu mengklik tombol menu>Tools>Task Manager atau Shift+Esc. Task Manager akan memberikan kamu detail informasi tentang penggunaan memory extensi browser.

Cara Melihat Penggunaan Memory Extensi Browser

 

3# – Internet Explorer

Internet Explorer tidak menampilkan memory yang digunakan oleh extensi browser. Tetapi kamu bisa memanfaatkan informasi Load time untuk mengetahui bahwa extensi tersebut memerlukan memory yang besar. Untuk mengakses Load time, kamu bisa mengklik menu Pengaturan dan Manage add-ons. Setelah itu kamu akan melihat daftar extensi yang sedang aktif dan kamu bisa melihat Load time, semakin lama load timenya maka semakin besar memory yang dibutuhkan.

Cara Melihat Penggunaan Memory Extensi Browser

 

Dengan meggunakan cara diatas kamu dapat melihat apakah extensi browser memiliki memory leak atau tidak. Jika browser kamu memiliki memory leak, sebaiknya kamu menguninstall semua extensi dari browser kamu.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.