Cara Mengatasi Blue Screen dan Penyebab Blue Screen pada Windows

By  |  35 Comments

Cara Mengatasi Blue Screen dan Penyebab Blue Screen pada Windows

Pengguna Windows pasti sering mendengar adanya komputer atau laptop yang terkena Blue Screen of Death atau BSOD lebih terkenalnya. Seluruh pengguna Windows mungkin tidak ingin BSOD terjadi pada komputernya. BOSD terjadi karena adanya software atau hardware yang crash atau terjadi kesalahan fatal sehingga membuat sistem harus restart. BSOD tidak seperti komputer hang yang masih bisa diatasi sehingga tidak perlu restart komputer. Kali ini WinPoin akan membahas bagaimana cara mengatasi Blue Screen dan Apa penyebab Blue Screen.

 

Apa Penyebab Blue Screen of Death Pada Windows??

Penyebab Blue Screen of Deat (BSOD) biasanya disebabkan adanya masalah dengan hardware atau software driver pada komputer kamu. Software biasa tidak akan menyebabkan komputer kamu mengalami masalah seperti ini. Penyebab Blue Screen disebabkan oleh masalah hardware atau software dengan tingkat rendah yang berjalan di kernel Windows. Blue Screen terjadi ketika Windows bertemu dengan Error STOP sehingga terjadi kegagalan kritis yang menyebabkan Windows crash dan berhenti bekerja. Satu-satunya yang dapat dilakukan Windows disaat seperti ini hanyalah restart.

Cara Mengatasi Blue Screen dan Penyebab Blue Screen pada Windows

Jika kamu sedang mengetik atau mengerjakan tugas lain yang sangat penting dan Blue Screen terjadi maka kamu akan kehilangan data. Kamu tidak memiliki kesempatan untuk menyimpan data karena Blue Screen tiba-tiba akan terjadi dengan cepat dan membuat komputer kamu restart.

Ketika Blue Screen terjadi, Windows secara otomatis akan membuat Minidump yang menampilkan informasi tentang crash yang terjadi dan menyimpannya di dalam hardisk kamu. Dengan menggunakan minidump, kamu dapat memperbaiki penyebab terjadinya Blue Screen.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Komputer Restart Tiba-tiba Saat BSOD??

Secara default, Windows akan melakukan restart setiap komputer terkena Blue Screen. Jika komputer mati tanpa alasan yang jelas mungkin itu Blue Screen. Ini benar-benar hal yang sangat menyebalkan, apalagi ketika kamu sedang mengerjakan tugas penting. Namun ada caranya untuk mengatasi komputer tiba-tiba restart ketika Blue Screen. Caranya mudah sekali, kamu cukup membuka System Security>System dan klik Change settings dibagian computer name, domain dan workgroup settings. Setelah itu pilih tab Advanced>Settings pada Startup and Recovery. Kemudian hilangkan centang pada Automatically restart.

Cara Mengatasi Blue Screen dan Penyebab Blue Screen pada Windows

 

Bagaimana Cara Melihat Penyebab BSOD??

Untuk dapat melihat penyebab Blue Screen yang terjadi pada komputer kamu, ada dua cara. Pertama kamu bisa menggunakan software gratis dari NirSoft’s yaitu BlueScreenView dan menggunakan Windows Event Viewer. Kedua cara ini akan melakukan pencarian file minidump yang dibuat Windows ketika Blue Screen selain itu juga akan menampilkan crash yang terjadi pada Windows.

Cara Mengatasi Blue Screen dan Penyebab Blue Screen pada Windows

 

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Windows

Pada Windows 7 atau Windows versi terbaru, informasi Blue Screen ditampilkan di Action Center. Jika kamu pengguna Windows 7 atau Windows versi terbaru, kamu dapat membukanya dan mengklik Check for Solutions pada menu maintenance. Ini akan membuat Windows memeriksa penyebab Blue Screen dan berbagai error lainnya yang terjadi pada komputer kamu. Dengan begini kamu sudah dapat mengatasi Blue Screen.

Cara Mengatasi Blue Screen dan Penyebab Blue Screen pada Windows

 

Berbagai Cara Mengatasi Blue Screen Pada Windows

Cara diatas adalah salah satu cara mengatasi Blue Screen yang terjadi pada Windows 7, berikut ini ada beberapa cara lain untuk mengatasi Blue Screen.

System Restore - Jika Blue Screen baru saja terjadi pada komputer kamu maka sebaiknya kamu menggunakan System Restore untuk mengatasinya. Ini akan membuat komputer kamu kembali ke keadaan sebelumnya. Kalau system restore ini berhasil maka kemungkinan Blue Screen terjadi karena kesalahan software.

Scan Malware - Malware yang menembus jauh ke dalam Windows apalagi jika sampai di kernel Windows sebuah tingkat dimana hal paling rendah di Windows dapat menyebabkan tidak stabilnya sistem. Solusi untuk mengatasi ini dengan melakukan scan antivirus terhadap malware.

Install Update Driver - Sebuah driver yang salah install atau tidak diupdate dapat menyebabkan crash. Download driver terbaru dari perusahaan hardware komputer kamu, mungkin ini akan memperbaiki masalah BSOD.

Cara Mengatasi Blue Screen dan Penyebab Blue Screen pada Windows

Boot ke Safe Mode - Jika komputer kamu mengalami BSOD ketika dinyalakan, kamu bisa masuk ke Safe Mode. Pada Safe Mode, Windows hanya mengambil driver-driver yang penting. Jika kamu salah menginstall driver yang menyebabkan BSOD, dengan Safe Mode kamu dapat menguninstallnya.

Periksa Masalah Hardware - Blue Screen dapat terjadi ketika kegagalan hardware terjadi dari komputer. Caranya dengan mengetikkan Memory Diagnostics Tool pada Start Menu atau mungkin komputer kamu terlalu panas dan kekurangan fan.

Install Ulang Windows - Ini adalah pilihan terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menginstall ulang komputer kamu. Dengan cara ini, sistem akan terbangun dari awal dan tidak akan ada kerusakan. Jika kamu tetap mengalami Blue Screen berarti permasalahannya ada di hardware.

 

Sebuah komputer yang jarang sekali muncul Blue Screen misalkan saja dua tahun sekali, ini bukan masalah yang harus kamu takutkan. Namun bila komputer kamu sering sekali mengalami Blue Screen, sebaiknya kamu harus cepat mengatasinya.

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.

Kolom komentar ini tidak disediakan untuk menjawab permasalahan teknis. Jika punya permasalahan teknis, silahkan langsung bertanya di Forum WinPoin.

  • Chandra S. Arifin

    gilaa lengkap bener, thanks berattt

  • vhio99

    thanks banget infonya bro…
    cuma saya sdah install ulang windowsnya mash ttap bsod dan restart…
    mohon pencerahan bro….. thanks before…

    • http://androidmo.com/ Edo Chrisnado

      format dulu aja hardisknya sampek bersih pas install Windows

      • deni pras

        tapi..ini mau instal ulang baru mau start instal udah blue screen bos..gimana :(

        • http://androidmo.com/ Edo Chrisnado

          apa masuk bios bisa? kalo bisa installnya waktu booting bios

          • Whisnu Nur Sasongko

            jadi waktu kita setup primary drive boot ke CD di BIOS, trus close n restart lagi langsung otomatis instal kan gan..??

          • http://androidmo.com/ Edo Chrisnado

            langsung aja baca aritkel cara install Windows 7 nih http://winpo.in/8c :)

  • ahmad

    gan pas booting nya pun dah blue screen…..

    tu gmn tu mau istall ulangyaa ???

    • http://androidmo.com/ Edo Chrisnado

      tapi bisa masuk bios kan?

  • Whisnu Nur Sasongko

    mabroooooo ini lengkap bgt… makasih makasih semoga berkah…
    tapi ane mau tanya om gan,, BSOD nya pas ane lagi main game war rome, tepatnya detik2 sebelum is death atau BSOD :( game ane jadi patah2..

  • Rama Rahmawan

    Makasih banyak gan,, jujur ya ane jd banyak tau tentang Dunia IT setelah ane nyimak2 dimari gan…

    Once again, thanks alot. :)

    http://bit.ly/19S3jgv

  • irvan kurosaki

    Good night.
    Gan kalau saat merestart kadang suka ngeblank (berwarna biru semua) apakah itu termasuk screenblue. ? dalam windows 8.

    • http://androidmo.com/ Edo Chrisnado

      apakah seperti gambar biru diatas?

  • Celvin Chiee

    gan.. klo saya kena crash tp waktu di nyalain laptop sy monitor saya nda muncul apa” hitam aj.. itu gmn ya gan ?

  • Rico Ramanda Indra

    gila hari ini aja gw 4kali BS

    • http://androidmo.com/ Edo Chrisnado

      busettt kenapa tuh??

  • bernard21

    Gan saya juga begitu, saya pikir harddisk, vga, ram yang kena. Saya bkuescree suka restart sendiri ga mau masuk. Ada detiknya cepet banget. Kya gni inisialnya restart 1% ampe selesai. Maaf saya ingatkaya gitu aja. Ada yg tau solusinya ?

  • aulia

    mau tanya nie mas, Blue screen itu bisa menghapus data-data yang di laptopnya ga ya ?

    • http://androidmo.com/ Edo Chrisnado

      tergantung data atau filenya ditaruh di folder yang sama dengan system Windows atau tidak

  • bagus

    teimakasih ini lengkap sekali

  • ahlul

    thanks
    :)

  • So Zo

    C: ane dah hampir penuh, apa itu termasuk masalah BSOD?? :v

    • http://androidmo.com/ Edo Chrisnado

      ohh enggak ngaruh kok

  • herlan tosu

    gan ane mau tanya klo windows server 2003 sering restart, kadang BSOD. Cara ngatasinya gimana yaa..
    Awalnya sih normal aj, baru2 ini saya instal software di klien tetapi databasenya ada diserver. semenjak software terinstal server jadi sering restart.
    Mohon pencerahannya gan..?

  • firman

    shugoii

  • nfirmany

    trima kasih infonya :D

  • doni

    terimakasi, sangat membatun,, :)

  • http://gretech7.blogspot.com Evolta Triathlon Comunity

    dan saya mau tanya

    bagaimana cara BSOD Manual

    • Febian

      BSOD manual?
      Bisa dijelaskan lebih detail lg?

      • http://gretech7.blogspot.com Evolta Triathlon Comunity

        memaksa PC agar mau BSOD ?
        Buat coba coba saja ?

        • http://androidmo.com/ Edo Chrisnado

          wkwkwkwkw, install aja driver card yg berbeda, pasti nanti BSOD

  • Xryu

    gan ane mau tnay windows ane kan baru instal GoM player trus kena BSOD ane udah uninsstla GOM dri safe MOde tapi kok ttp ga bisa masuk dekstop ya tetep restart mulu

  • Jess Junior

    pak, saya punya masalah tentang bluescreen ini…!!
    masalahnya gini : setelah saya instal windows + program” termasuk antivirus.. trus setelah masuk ketahap penginstalan office langsung bluescreen…. setelah restar gk mau masuk ke windows lagi alias bluescreen terus, masuk ke safemode tetap bluescreen juga… padahal saya sudah ganti HD + ram… :(

    kira-kira permasalahannya apa pak…??
    terima kasih sebelumnya

  • hendra permana

    Permisi mau tanya.
    Laptop saya beberapa bulan yang lalu sering banget BSOD, sampe sebelnya, saya selalu run di safe mode biar bisa tetep hidup laptopnya.
    Saya tidak melakukan uninstall pada program apapun di laptop.
    Parahnya beberapa hari yang lalu laptop saya ketika tombol power nya dipencet tidak keluar apa-apa dilayar, hanya blank hitam bukan biru, tapi saya lihat processornya masih jalan dan kemudian mati lagi. Begitu terus berulang-ulang. BIOS pun tidak bisa masuk.
    Mungkin agan tau penyebabnya dan punya solusinya.
    Mohon dibantu. Thanks.

  • andre

    ada keluhan juga saat BSOD…. tiba pas restart booting hard disk tidak terdeteng ya udah terpaksa membuka casing…. cabut kembali kabel sata pasang lagi baru kedetek

MENU