Jangan Salah Pilih, Inilah Cara Memilih Laptop Gaming yang Tepat

Jangan Salah Pilih, Inilah Cara Memilih Laptop Gaming yang Tepat

16

Kebanyakan gamer lebih memilih PC gaming untuk memuaskan hasratnya dalam bermain game. Tidak mengherankan memang mengingat desktop PC lebih mudah untuk diupgrade dan mampu digunakan dalam jangka waktu lama. Namun bukan berarti laptop tidak mampu digunakan untuk gaming. Dewasa ini banyak varian laptop yang sangat powerful dalam memainkan game, bahkan tidak sedikit pula yang secara khusus memang dirilis sebagai laptop gaming. (Baca: Asus ROG GX500, Notebook Gaming yang Super Tipis)

Lalu bagaimana cara memilih laptop gaming yang tepat? Berikut ini WinPoin bagikan beberapa tips yang bisa kamu gunakan sebagai acuan agar tidak salah dalam memilih laptop untuk keperluan gaming:

 

Perhatikan GPU dengan Seksama

Jangan Salah Pilih, Inilah Cara Memilih Laptop Gaming yang Tepat

Jika kamu ingin mencari laptop untuk keperluan gaming, GPU (Graphic Processing Unit) adalah komponen yang perlu mendapatkan perhatian utama. GPU sangat penting untuk mengolah grafis 3D di game yang kamu mainkan. Jadi pastikan kamu memilih laptop dengan GPU yang paling bagus, paling besar, dan paling cepat yang bisa kamu dapatkan. (Baca: Pengertian dan Fungsi VGA Card)

Saat ini hanya ada dua manufaktur GPU yang powerful digunakan untuk gaming, yaitu AMD dan Nvidia.

Sebenarnya tidak sedikit laptop yang dilengkapi dengan GPU Intel, tetapi GPU ini lebih ditujukan untuk produktivitas dan aktivitas kerja. Jadi kalau tujuan kamu gaming, sebaiknya coret laptop dengan GPU Intel dari daftar pilihan kamu.

Jadi jika ada beberapa daftar laptop gaming di pilihan kamu, pastikan kamu memilih laptop dengan GPU yang serinya paling tinggi. Misalnya saja laptop dengan GPU GeForce GTX 990M bakal menjadi pilihan yang lebih bagus daripada laptop dengan GPU GeForce GTX 880M, dan begitu pula seterusnya. (Baca: 5 Hal Seputar VGA yang Sebaiknya Kamu Ketahui)

Beberapa laptop juga dilengkapi dengan dual GPU yang tentu saja lebih powerful daripada single GPU. Intinya adalah jika kamu memilih laptop gaming, pastikan kamu memberi perhatian lebih kepada GPU.

 

CPU Itu Penting, Tetapi Bukan Prioritas

Jangan Salah Pilih, Inilah Cara Memilih Laptop Gaming yang Tepat

Di laptop gaming GPU merupakan komponen dengan prioritas paling utama. CPU juga penting, tetapi untuk gaming posisinya tidak sekrusial GPU.

CPU dengan clock yang lebih cepat dan core yang lebih banyak tentu saja bakal jauh lebih powerful untuk digunakan encoding video, desain animasi, bahkan editing foto. Tetapi untuk gaming selama dia sudah memenuhi system requirement suatu game maka kelebihan performa CPU tidak akan begitu berpengaruh ke lancar tidaknya game yang dijalankan. (Baca: Intel Memperkenalkan Processor Haswell-E Berkecepatan Extreme!)

Contohnya saja kita lihat di notebook Alienware. Alienware paling bawah menggunakan Intel Core i5 dual-core 2.6GHz, di tengah menggunakan Intel Core i7 quad-core 2.9GHz, dan di paling atas menggunakan Intel Core i7 quad-core 3.1GHz.

Harga Alienware dengan processor 3.1GHz hampir 10 juta lebih mahal daripada seri 2.9GHz, dan ini merupakan upgrade yang kurang begitu perlu. Alienware dengan processor 2.9GHz sudah bisa menjalankan hampir semua game populer saat ini.

Jadi jika tujuan kamu membeli laptop hanya untuk gaming, bijak-bijaklah dalam memilih seri processor agar budget bisa dialihkan untuk komponen lain yang lebih prioritas seperti GPU.

 

RAM: 8GB Cukup

Jangan Salah Pilih, Inilah Cara Memilih Laptop Gaming yang Tepat

Perhatikan berapa kapasitas RAM yang cukup dan sesuai keperluan. Banyak orang membeli RAM hingga 16GB karena berharap performa yang jauh lebih powerful saat nge-game. Namun untuk saat ini RAM 8GB sudah cukup dan mumpuni untuk memainkan mayoritas game. Bahkan RAM 16GB mungkin tidak begitu memberikan keuntungan lebih jika digunakan untuk memainkan game populer saat ini.

Daripada menggunakan budget untuk RAM 16GB, lebih bijak jika kamu menggunakannya untuk mendapatkan GPU yang lebih powerful atau SSD yang lebih cepat. (Baca: 6 Cara untuk Membersihkan dan Mempercepat RAM di Windows)

 

SSD Mampu Meningkatkan Performa

Jangan Salah Pilih, Inilah Cara Memilih Laptop Gaming yang Tepat

Laptop gaming memang tidak harus menggunakan SSD (Solid-State Drive), tetapi SSD mampu meningkatkan performa gaming khususnya untuk load dan kecepatan game. (Baca: SSD Ternyata Bisa Dioverclock Juga loh!)

Hal ini dikarenakan SSD menggunakan memory chip dan tidak menggunakan plat mekanik seperti di hardisk konvensional. Hasilnya kecepatan read-write data bakal jauh lebih cepat.

Tetapi ingat, SSD tidak akan membuat frame rate game menjadi lebih cepat, tetapi bisa membuat game yang kamu mainkan lebih responsif karena proses read-write nya yang cepat. (Baca: Samsung Memproduksi PCI-Express SSD Berkecepatan Tinggi!)

Kamu juga perlu memperhitungkan storage yang kamu butuhkan mengingat dengan harga yang sama kapasitas SSD saat ini masih jauh dibawah hardisk konvensional.

 

Resolusi Layar Mumpuni

Jangan Salah Pilih, Inilah Cara Memilih Laptop Gaming yang Tepat

Untuk saat ini laptop dengan resolusi layar 1920 x 1080 sudah lebih dari cukup untuk menampilkan gambar grafis game yang memuaskan. Layar IPS sebenarnya jauh lebih jernih dan tajam saat digunakan untuk ngegame, tetapi harganya masih cukup mahal.

Jadi untuk layar kamu bisa memilih laptop dengan layar LCD beresolusi 1920 x 1080. Untuk saat ini itu sudah sangat cukup dan mumpuni.

 

Keyboard Standard

Jangan Salah Pilih, Inilah Cara Memilih Laptop Gaming yang Tepat

Memang beberapa laptop gaming dilengkapi dengan keyboard khusus yang seringkali terlihat keren, dengan warna nyala mencolok yang membuat makin terlihat gahar.

Namun sebenarnya semua itu tidak begitu diperlukan. Laptop dengan keyboard standard juga tidak masalah dipilih sebagai laptop gaming.

 

Memiliki Berat dan Ukuran yang Lebih

Jangan Salah Pilih, Inilah Cara Memilih Laptop Gaming yang Tepat

Biasanya laptop gaming yang powerful akan memiliki berat dan ukuran yang lebih dibandingkan laptop kebanyakan. Hal ini karena laptop tersebut memiliki GPU yang besar atau bahkan dilengkapi dual GPU.

Laptop itu juga dibuat besar untuk memastikan sirkulasi udara dan pendinginan terhadap panas dari GPU dan komponen laptop lainnya bisa lancar.

Meskipun hal ini tidak bisa menjadi acuan murni, tetapi biasanya semakin kecil dan tipis laptop maka semakin kurang powerful dia untuk digunakan bermain game. Setidaknya jika ingin membeli laptop gaming, pilihlah laptop yang memiliki sirkulasi udara yang bagus.

Dengan laptop yang kecil, tipis, dan sirkulasinya kurang bagus, maka laptop tersebut akan menjadi mudah overheat saat digunakan untuk menjalankan game-game berat dalam waktu lama.

 

Jangan Berharap Mudah Upgrade

Jangan Salah Pilih, Inilah Cara Memilih Laptop Gaming yang Tepat

Berbeda dengan desktop PC, laptop memiliki opsi upgrade yang lebih terbatas. Kamu memang bisa mengupgrade RAM atau hardisk, tetapi jarang ada laptop yang menyediakan opsi untuk upgrade processor dan GPU.

Untuk itu pastikan kamu memilih laptop gaming dengan spesifikasi GPU dan CPU yang mampu digunakan hingga beberapa tahun kedepan. Kamu juga tidak perlu memusingkan untuk memilih laptop tersebut mudah diupgrade atau tidak, karena jika fleksibilitas upgrade yang kamu cari maka desktop PC menjadi pilihan yang paling tepat.

 

Itulah 8 tips dari WinPoin bagi kamu yang ingin membeli laptop gaming. Semoga dengan tips diatas kamu tidak salah pilih dan bisa menemukan laptop gaming yang tepat sesuai budget dan harapan.

NB: Dapatkan Phablet Windows 10 Mobile GRATIS (Giveaway) | Beli (1.7 Jutaan)

Untuk Review & Giveaway Kepoin Tekno, Subscribe!
Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.
  • Billie

    Keren om :)

  • asikbookie

    mantap gan artikelnya, buat artikel juga gan untuk cara baca seri VGA gan :D makasih sebelumnya

  • Muhammad Zaidan

    Sedih pas liat isi tabungan :’v

    • Abd Mhd

      haha, sama,…

  • Fikri

    Mantap gan artikelnya :D

  • krisna mughni

    kalo tentang bit gimana gan

  • Yus Tsukure Amrull

    Pake PC Desktop itu nggak tahan bayar listriknya perbulan. Kalo komputernya aja udah 450 watt dan monitornya aja udah mau 180 watt waduh udah berapa tuh bayaran hanya untuk PCnya aja. Beda dengan laptop yg hanya mengandalkan charging yg hanya 75 watt dan laptop lebih simple dibanding PC, walaupun laptop upgradenya amat terbatas.

    • muslimin

      oh ga kepikiran ane.. ane aja mau beli pc.. trus rekomendasi Laptop untuk bisa bermain game “WatchDogs” laptop apa ya.. mohon pencerahannya

      • kecoak

        Cari yg pake AMD FX / AMD A10 VGA nya paling ga seri r7 kalo bisa r9 , ram min 4gb kl bsa cari yg bsa upgrade smpai 8/16gb . itu aj sih cukup

        • HuntXHunt

          Lha! Makanya gw bilang acer e5-552G itu udh termasuk bagus banget untuk diharganya 10 juta kebawah. AMD FX sama vga r9 dah itu ramnya 8GB tapi kalo versi AMD A10 itu ramnya 4GB.

      • HuntXHunt

        Ane saranin kalo spek yang bagus tapi harganya ok! pilih Xenom aja :v atau Acer E5-552G Harga 8juta spek mantep RAM 8 GB (Jika Pilih processor AMD FX)

        • muslimin karben

          kalau asus ROG series yang type GL552JX mantap gak soalnya ane masih nabung dan rencana bulan juni.

          • HuntXHunt

            Ane saranin beli xenom pegasus x2 aja soalnya asus rog GL552JX itu VGAnya masih tipe GTX 780
            Dibandingin dengan xenom yg pakai tipe GTX 960, karena setiap versi GTX itu nambah 10 beda 5-10% performanya. Jangan ketipu sama ram 12GBnya udh itu layarnya hanya HD 766p dibanding xenom FHD 1080p.

  • Kecoak

    Klo buat gaming mah vga wajib seri GTX percuma jga klo seri NY tinggi to bkan seri GTX :v , soal keyboard klo standard tentan rusak , patah , copot , karna emg keyboard gaming di desain sendiri supaya bsa memenuhi kbutuhan gamer yg kadang pemakainya pasti lebih kasar daripda org biasa yg hanya until mengetik.processor mah gmsalah core i5 aj ckup to jangan yg seri U soalnya low voltage pastinya lebih lambat , Dan keyboard gaming udh pasti pke LED jd klo di gelap bsa terlihat dg mudah and sndri merasakan kl main game enaknya di ruangan gelap klo keyboard NY tnpa led mencet kdang salah :v

    • Abd Mhd

      harga laptop gaming paling murah berapaan,…

  • Rizal Nurfajriansyah

    saya pake MBP retina nih om, processor nya intel i7 2,2 turbo boost sampe 3,4 ghz, nah pertanyaan nya apa bedanya turbo boost sama yang bisa up(overclock) di alienware ada yang i7 3,2 ghz, dan setau saya kalo yang bisa up to itu yang belakang nya ada “K” nya?
    pertanyaan nya
    1. apa perbedaan turbo boost kaya punyanya MBP retina saya yang bisa boost hingga 3,4 Ghz dengan processor yang bisa up to dri sekian sampe sekian itu?
    2. apakah ram sangat berpengaruh dengan dengan game nya? saya pake ram yang 16gb, 1600mhz
    3. berapa resolusi minimum om buat dapet performa yang joss, laptop saya ini 3840×2160, apa sudah cukup?
    4.apa itu cache L3 bersama sebesar 6mb? itu yang tertulis di spesifikasi laptop saya
    5. apakah ddr3 sangat berbeda dengan ddr4 dari segi apapun?
    mohon di respon ya om, saya mau pake nge game, cuman takut ga recommended aja laptop saya, semoga pertanyaan nya bisa bantu temen temen lain juga, makasih om sebelum nya!!