Tahu nggak sih kalo di Gmail ada beberapa fitur tersembunyi yang belum banyak diketahui, dan disini saya bakal bagikan 13 fitur tersembunyi Gmail yang wajib banget buat kamu coba, mulai dari menarik email yang terlanjur terkirim, sampai balas email offline tanpa internet.

1. Install Add-on

Tidak banyak yang sadar kalau Gmail sebenarnya punya add-on yang bisa kamu install untuk menambahkan fitur. Kamu bisa install add-on ini dengan klik tanda + di sidebar kanan. Ada banyak sekali add-on yang bisa kamu pilih. Misalnya saya menggunakan Trello, maka tinggal install saja Trello for Gmail. Setelah itu add-on bisa kamu akses di sidebar kanan. Dengan begitu Gmail bisa lebih kaya fitur lagi.

2. Unsend / Undo Email

Jadi sebenarnya kamu bisa membatalkan email yang sudah terlanjur terkirim — maksimal 30 detik setelah email dikirim. Jadi kalau misal ada salah ketik atau salah balas email, kamu bisa langsung tarik lagi begitu sadar. Caranya gampang banget, pertama pastikan di Settings Gmail > Opsi Undo Send terpilih 30 detik, ini batas maksimal yang bisa kita pilih. Setelah itu setiap kali kirim email, dalam rentang waktu 30 detik kamu bisa klik tombol undo dan email bakal ditarik lagi. Tapi ingat, maksimal kamu bisa undo ya hanya dalam 30 detik itu saja — karena lebih dari itu maka tombol Undo bakal hilang dan email tidak bisa dibatalkan lagi.

3. Kirim Email Rahasia

Ketiga, di Gmail kamu bisa kirim email rahasia. Ini cocok ya buat kamu yang pengen kirim email berisi pesan penting seperti password sementara misalnya. Caranya gampang banget, saat ketik email kamu tinggal aktifkan saja tanda gembok — atau confidental mode. Disini kamu bisa atur, email bakal expired berapa lama, mulai dari 1 hari sampai 5 tahun. Jadi kalau sudah expired isi email tidak bisa dibuka lagi. Menu forward, copy, print, dan download juga dimatikan di email rahasia ini.

4. Kirim Email Terjadwal

Kamu bisa kirim email otomatis sesuai jadwal yang kamu inginkan. Misal, kamu bisa kirim email ucapan selamat hari raya ke client — secara otomatis saat hari raya tiba. Caranya gampang banget, setelah menulis email, pilih dulu more di samping tombol Send, dan pilih schedule send. Disini kamu bisa kirim besok pagi, siang — atau pilih tanggal dan waktu yang ditentukan sendiri. Email bakal dikirim sesuai jadwal yang kamu atur — dan daftar scheduled email bisa kamu lihat langsung di tab scheduled.

5. Balas Email Otomatis

Fitur ini berguna banget kalo kamu lagi liburan atau cuti — jadi begitu ada orang kirim email, bakal langsung dibalas oleh sistem secara otomatis. Caranya gampang banget. Di Settings Gmail ada Vacation Reminder, aktifkan saja dari tanggal berapa sampai tanggal berapa, lalu kamu bisa atur judul dan isi email otomatisnya.

6. Offline

Kalau kamu menggunakan browser Chrome — kamu bisa baca, balas, dan juga cari email secara offline. Caranya gampang banget, kamu tinggal buka saja tab Offline di Settings Gmail, lalu Enable offline mail. Disini kamu bisa atur berapa hari terakhir email bakal tersimpan offline, bisa download attachment juga, dan yang paling penting, kamu harus pilih — mau data offline dihapus setelah logout atau dibiarkan tersimpan di PC lokal. Kalo sudah tinggal save bookmark aja mail.google.com.

Kini kalo kamu lagi offline, kamu tetap bisa baca dan balas-balas email, dan email yang kamu kirim di saat offline bakal lgsg terkirim begitu online. Jangan gunakan fitur ini di komputer umum ya, gunakan hanya di komputer / laptop pribadi kamu sendiri.

7. Jadi Email Client

Gmail ini bisa kamu gunakan sebagai email client, jadi kamu bisa hubungkan akun email kamu lain — termasuk email Yahoo, Outlook, dsb. Caranya gampang, di Settings Gmail, buka aja tab Accounts and Import. Disana kamu bisa add a mail account, lalu masukkan saja semua email yang kamu miliki.

8. Send Mail as

Tidak hanya menerima email saja tentunya, tetapi bisa juga mengirim email menggunakan akun tersebut melalui fitur Send Mail as juga bisa dilakukan di pengaturan yang sama.

9. Alamat Email Alternatif

Beberapa pengguna Gmail belum tahu kalau Gmail itu tidak menganggap dot (.) di akun email. Jadi katakanlah akun email kamu kepointekno@gmail.com, maka sebenarnya kalo kamu kirim email ke kepoin.tekno@gmail.com, juga bakal sampe ke akun kamu sendiri. Jadi dimanapun posisi dot kamu letakkan, sampe nya ya tetep ke email kamu.

Hal yang sama juga kalo kamu kirim email ke akun email + kata random, misalnya kepointekno+kerenbanget@gmail.com juga tetep bakal kekirim ke email kamu, apapun kata randomnya.

Begitu juga kalo kamu ubah @gmail.com ke @googlemail.com, juga tetep masuk ke inbox kamu. Jadi pada intinya, dari satu akun email saja — kamu punya berbagai alternatif alamat email dengan menggunakan variasi dot dan juga kata random.

10. Keyboard Shortcut Ekstra!

Gmail punya keyboard shortcut tersembunyi yang baru bisa digunakan kalau kamu aktifkan, misalnya aja tekan C untuk compose email baru, lalu R untuk reply, dan masih banyak lagi. Ini bisa mempercepat kamu saat balas-balas atau kirim-kirim email. Kamu harus aktifkan dulu shortcut ini di Settings Gmail, lalu atur Keyboard shortcut ke posisi on. Kalo sudah maka shortcut ini bisa langsung kamu manfaatkan agar lebih cepat saat balas atau berkirim email. Shortcut Gmail selengkapnya bisa kamu temukan disini.

11. Custom Keyboard Shortcut

Masih ada hubungannya dengan shortcut, ternyata shortcut di Gmail ini bisa kamu custom sendiri sesuai keinginan. Caranya gampang banget, buka aja Settings Gmail, lalu klik tab advanced, nah disini ada opsi custom keyboard shortcut. Ini kalau kamu enable, maka akan muncul tab Settings baru bernama Keyboard Shortcut. Nah disini kamu bisa atur aja semau-maunya, pengen ngasih shortcut keyboard apa untuk masing-masing aksi — baik itu mengubah shortcut yang udah ada atau nambahin shortcut alternatifnya.

12. Templates

Gmail punya fitur Templates. Jadi kalau kamu sering balas email menggunakan pesan yang mirip-mirip — kamu bisa bikin template aja biar cepat. Caranya gampang, kamu tinggal ke Settings Gmail, buka tips Advanced > dan enable canned response.

Sekarang kamu bisa compose email, lalu save aja sebagai template ya melalui menu more > canned response, save draft as template, dan save as new template.

Sekarang kalau kamu mau balas email dengan template, tinggal pilih aja template nya dan selesai. Kamu bisa bikin banyak template sekaligus sesuai kebutuhan. Ini memudahkan banget.

13. Search operators

Kolom pencarian email di Gmail support search operator, jadi kamu bisa melakukan pencarian advanced dengan mudah untuk menemukan email yang kamu cari.

Misalnya saja kamu bisa search email yang ada video youtube nya dengan operator has:youtube, atau email yang ada dokumennya dengan has:document, dan masih banyak lagi. Search operator selengkapnya bisa kamu lihat disini.

Oke itu dia 13 tips dan fitur tersembunyi gmail yang wajib banget kamu coba. Kalo punya tips lain silakan sampaikan di kolom komentar. Sampai bertemu lagi di tips menarik lainnya besok.