Home Phone 3 Alasan untuk Membeli Nokia 3310 Reborn di Tahun 2017

3 Alasan untuk Membeli Nokia 3310 Reborn di Tahun 2017

Oke, mungkin artikel ini tidak ada hubungannya dengan Microsoft atau Windows. Tapi sebagai ‘sang mantan’ (serta juga perusahaan yang pernah menjadi raja di ranah ponsel), Nokia tetap layak dapat perhatian penggemar Microsoft. Nokia baru saja melakukan usaha (yang berbau gimmick) mengiringi peluncuran produk-produk baru ponsel Android mereka ke seluruh dunia, yaitu Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6 – Yaitu dengan me-refresh lini Nokia 3310. Versi lama yang legendaris rilis 1 September 2000, terjual lebih dari 126 juta ponsel, lebih banyak dari seri ponsel mana pun di dunia.

Versi baru 2017 ini diluncurkan dengan beberapa penyegaran seperti panel layar warna TFT dan kamera 2MP lengkap dengan flashnya. Dijanjikan pula bahwa produk ini akan sama tangguhnya dengan sang pendahulu, lengkap dengan daya tahan baterai yang (katanya) mencapai 1 bulan posisi stand-by.

Dalam artikel sebelumnya, Winpoin juga menanyakan apakah kamu berminat untuk membeli ponsel ini. Nyatanya kebanyakan teman-teman kurang antusias untuk membelinya karena memang tuntutan zaman sudah tidak lagi sesuai untuk menggunakan ponsel berjenis feature phone seperti ini. Meskipun demikian, saya cukup tertarik untuk merasakan sensasi nostalgia perangkat populer tujuh belas tahun lalu ini, dan akhirnya membelinya. Secara umum, kesan saya terbagi antara positif dan negatif. Meskipun masih mempertahankan plastik kokoh yang menjadi alasan atas daya tahan legendarisnya, namun lapisan glossy pada edisi 2017 ini lumayan licin dan menurut saya tidak enak dipegang. Untuk tombol, saya perlu mengacungi jempol karena feelnya justru lebih enak dari 3310 original yang memerlukan penggantian setelah beberapa bulan pakai karena materinya yang dari karet (yah, cuma bayar 5000-an sih waktu itu). Overall, berikut alasan yang bisa saya temukan untuk menggunakan Nokia 3310 Reborn di tahun 2017!

 

1 | Fans Berat Nokia

via tNerd

Kalau kamu adalah penggemar berat Nokia, maka itu sudah cukup jadi alasan untuk ‘tutup mata’ sembari membeli produknya. Sebagian besar sih kamu bakal beruntung mendapatkan produk yang unik, menarik, dan andal. Pada zaman keemasannya, Nokia memang lekat dengan inovasi dan gaya. Oleh karena itu semua produknya rata-rata memiliki nilai jual yang unik sehingga cukup layak dikoleksi.

Saya sendiri meskipun tidak mampu mengoleksi seluruh lini produk Nokia, tapi cukup banyak menyimpan produk perusahaan asal Finlandia ini. Bahkan hingga sekarang saya masih menggunakan Lumia 1020 dan 950 sebagai daily driver atau perangkat utama saya.

Masalah kegemaran memang tidak rasional, dan saya tidak akan menyalahkan kamu bila tutup mata membeli produk yang kamu gemari!

 

2 | Perlu untuk Terhubung secara Sederhana Setiap Saat

Salah satu kualitas yang selalu dipertahankan Nokia adalah tangkapan sinyal yang bagus. Rata-rata produk Nokia memiliki tangkapan sinyal yang baik dan andal. Demikian juga 3310 Reborn. Meskipun saya bawa ke dalam ruang tertutup, sama sekali tidak terjadi penurunan kualitas sinyal, dan masih dapat saya gunakan untuk menelepon dengan lancar. Oya, Nokia juga mempertahankan kualitas telepon yang selama ini menjadi andalannya. Lawan bicara secara umum menangkap suara kamu lebih jernih menggunakan ponsel ini.

Daya tahan baterai untuk feature phone memang rata-rata tangguh karena tidak disibukkan oleh jaringan internet dan akun email serta media sosial yang selalu mencari cara agar terhubung. Notifikasi juga tentu saja tidak sesering media sosial. Ini menjadikan Nokia 3310 Reborn dapat dijamin memiliki ‘nafas’ yang jauh lebih panjang dibandingkan rekan-rekannya dari lini smartphone. Meskipun saya kurang percaya klaim bisa menyala sebulan penuh yang dilontarkan HMD (Produsen Nokia 3310 Reborn), namun saya yakin memang perangkat ini bakal memiliki umur yang sangat panjang di situasi off charger!

Jadi jika kamu adalah tipe orang yang perlu untuk selalu terhubung kapan saja (dengan telepon dan SMS), serta juga tidak khawatir dengan daya tahan baterai meskipun kamu sedang dalam perjalanan jauh, maka ponsel ini benar-benar cocok untuk kamu.

 

3 | Tidak Nyaman Menggunakan Smartphone

Hah? Di era seperti ini ada orang yang tidak nyaman menggunakan smartphone? Jangan salah! Tetap ada. Generasi Bapak Ibu atau Kakek Nenek kita yang lahir sebelum tahun 1970, kemungkinan agak lambat beradaptasi dengan teknologi, khususnya layar sentuh. Mereka juga kurang antusias terlibat dengan media sosial atau menjelajahi internet. Namun, tentu saja tetap memiliki kebutuhan untuk berkomunikasi. Nah, untuk tipe orang seperti itu, maka Nokia 3310 Reborn akan menjadi hadiah yang sempurna!

Bukan saja cara komunikasi yang mereka anggap familiar, namun mereka juga akan terbantu dengan fitur sederhana pada perangkat ini, seperti:

  • Kamera 2MP yang mudah diakses dengan cukup menekan tombol panah ke kanan (lengkap dengan flash)
  • Senter yang langsung menyala dengan menekan tombol panah ke atas dua kali
  • Radio FM dan MP3 Player sederhana sebagai sarana hiburan.

Nah, jika hanya fitur-fitur simpel itu yang diperlukan, maka Nokia 3310 Reborn akan menjadi perangkat yang sangat sesuai untuk kamu gunakan, atau mungkin kamu hadiahkan kepada orang tua yang kamu sayangi.

 

Itulah 3 Alasan untuk memilih Nokia 3310 Reborn pada tahun 2017 ini. Apakah kamu punya alasan lain? Silakan ungkapkan pendapat kamu di kolom komentar!

 

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta