Home Phone 3 Alasan untuk Tidak Membeli Nokia 3310 Reborn di Tahun 2017

3 Alasan untuk Tidak Membeli Nokia 3310 Reborn di Tahun 2017

Pada artikel sebelumnya, saya membahas tentang 3 Alasan untuk Membeli Nokia 3310 Reborn di Tahun 2017. Nah, supaya adil, ada baiknya kita amati juga sisi kontra atau kekurangan-kekurangannya. Sekilas saja memang kita dapat melihat bahwa ponsel ini sudah kurang memenuhi tuntutan zaman. Era kecepatan internet terus meningkat dan bersaing seperti saat ini, sepertinya Nokia 3310 memiliki banyak kekurangan yang menjadikannya kurang relevan untuk dijadikan daily driver bagi kehidupan kamu sehari-hari.

 

1 | Internet dan aplikasi

via PCMag

Untuk kamu yang sudah dimanja kenyamanan berinternet lewat ponsel, menghubungi teman dan rekan kerja lewat WA, mengirim dan menerima email, bahkan bermain game online, lupakan semua itu! Nokia 3310 Reborn menggunakan skema koneksi 2G yang tentu saja tidak memadai untuk mengakses konten-konten tersebut.

Jangan berharap juga ada aplikasi modern seperti WhatsApp, BBM, Line, dan sebagainya di perangkat ini. Belum lagi skema install aplikasi dari Nokia Store yang sangat buruk. Sepanjang saya coba, susah sekali untuk terkoneksi ke Nokia Store guna menginstal aplikasi tambahan, selain itu juga diperlukan SD Card agar kamu dapat menginstal aplikasi.

Jadi, jika internet adalah prioritas kamu di tahun 2017 ini, maka lupakan saja untuk memiliki perangkat Nokia 3310 Reborn ini.

 

2 | Build Quality

Sudah saya singgung di artikel sebelumnya, build quality perangkat ini kemungkinan tidak setangguh sebelumnya. Meskipun menggunakan lapisan plastik yang sama, namun sekilas lebih tipis dan memiliki lapisan glossy yang memberikan kesan licin saat dipegang.

Apalagi layar Nokia 3310 Reborn cukup luas, tentu saja rentan untuk retak atau pecah jika terjatuh. Saya belum mencoba membantingnya sih. Hohoho…

Saya masih yakin ketangguhan perangkat besutan Nokia. Hanya saja jika ingin membandingkan dengan versi originalnya, nampaknya kita jangan banyak berharap.

 

3 | Aksesori Tidak Lagi Selengkap Dulu

Nokia 3310 Reborn hadir sederhana dengan kitab manual, garansi, dan juga charger berbentuk USB-A, serta earset yang kualitasnya sedang-sedang saja. Bukan.. Bukan ini yang saya soroti. Jika kamu ingat, dulu aksesori untuk Nokia 3310 (dan seri Nokia lainnya) sangat banyak dan kreatif, sehingga kamu bisa dengan mudah mengganti tampilan perangkat kamu dan menciptakan personalisasi yang khas hanya dengan membeli aksesori ini.

via Smartcam

Seiring dengan kurang pastinya eksistensi Nokia 3310 Reborn dalam jangka panjang, hingga saat ini nampaknya belum ramai perusahaan pihak ketiga yang membuatkan aksesori untuk perangkat baru Nokia 3310 ini. Saya tidak begitu yakin aksesori akan melimpah karena memang memanfaatkan feature phone ini sudah kurang sesuai dengan tuntutan zaman pada tahun 2017 ini.

Kesan umum saya setelah agak lama menggunakan perangkat ini, memang kita perlu belajar lagi untuk menggunakan ponsel fitur semacam ini karena sudah terbiasa memanfaatkan smartphone. Saya pribadi merasa agak kagok mengutak-atik berbagai fitur dan pengaturannya. Ini sedikit lebih kompleks dari Nokia 3310 original, namun tetap dapat dipelajari. Jika kamu ingin menghadiahkannya untuk orang tua atau sosok yang kamu hormati, jangan tinggalkan mereka begitu saja mempelajari berbagai fitur di ponsel ini. Pelajarilah dulu sehingga kamu dapat mengajari mereka untuk memanfaatkan semua fiturnya!

 

Demikian berbagai kekurangan yang dapat jadi alasan kamu untuk tidak membeli perangkat Nokia 3310 Reborn. Kamu ada pendapat lain? Sumbangkan pendapatmu di kolom komentar.

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta