Salah satu hal yang paling enggak saya suka dalam system operasi Windows 10 adalah Malware, ya seperti yang kita ketahui, Microsoft Windows memang terkenal dengan banyaknya varian malware yang dapat mengancam keamanan, dan kestabilan system operasi.

Nah kawan kawan, meskipun memang rentan terhadap malware, namun selama pengguna benar benar memperhatikan kesehatan dan bahkan tidak sembarangan mendownload dan menginstal aplikasi saya rasa kita akan terhindar dari segala ancaman malware. Dan berikut adalah tiga langkah terhindar dari malware yang bisa merugikan hidupmu.

Jangan Instal Software Bajakan!

Yang pertama yang akan saya bahas, dan mungkin kalian pernah memperhatikan dimana didalam situs penyedia aplikasi bajakan biasanya akan memberitahu tentang hal ini

“False Detections” Matikan saja Antivirus kamu!.

Memang benar, dengan mematikan antivirus, Crack, Patch atau Activator sejenisnya akan berjalan dan akan melakukan aktivasi pada aplikasi bahkan system operasi yang akan kamu gunakan. Namun apa kamu yakin enggak ada aplikasi lain yang ikut terinstal, membuka salah satu port connections atau menginstal service yang bisa membahayakan data, dan keamanan perangkat kamu?

Perihal hal ini, saya pernah membahasnya di blog saya, dan sudah saya jelaskan juga berdasarkan pengalaman dan juga contoh kasus yang pernah dialami. Jadi pastikan kalian baca ya.

Nah terkait poin ini, jadi usahakan kamu menggunakan aplikasi original dengan serial number / key yang memang disediakan langsung oleh penyedianya. Memang sih harganya mahal, namun akan sangat worth it untuk kalian gunakan jangka panjang.

Update System Operasi dan Aplikasi

Nah ini nih, sebagian orang memang agak kurang suka untuk melakukan update aplikasi, terutama system operasi yang digunakan. Namun ada hal baik yang biasanya dibawa dalam update system atau aplikasi, misalkan perbaikan kemanan, perbaikan bug, dan bahkan penambahan fitur yang mungkin akan bermanfaat untuk kamu gunakan.

Install Internet Security dan Perhatikan File Yang Terdownload!

Nah untuk penggunaan Internet Security, memang saya menyarankannya, karena saya sendiri masih bertahan dengan langganan Kaspersky Internet Security hingga tahun depan.

Namun sebetulnya ini hanya bersifat optional, karena Windows Defender saja sekarang sudah bisa dibilang sangat ampuh mengamankan perangkat kita dari segala ancaman malware dan sejenisnya, selama poin nomer satu dan dua kamu lakukan.

Yang perlu dan wajib kamu perhatikan adalah file yang kamu download, karena biasanya ketika kamu mendownload sesuatu, misalkan anime, link download akan dilempar kesana kemari dan membingunkan pengguna, bahkan kadang akan diberikan banyak sekali notifikasi dan banyak tombol Download Disini, Download Here, Download, dan lain lain. Dalam file yang terdownload biasanya niatnya akan mendownload MP4, eh malah exe, dan orang awam akan langsung saja klik dan instal, sesungguhnya itu sangat berbahaya sekali. Berdasarkan informasi yang saya dapat dari Warga Facebook, kadang file eksekusi tersebut bahkan mengandung ransomware. WOW.

Kesimpulan

Nah kawan kawan, jika kamu mengikuti tiga langkah diatas, harusnya kamu bisa terhindar dari ancaman malware yang bisa merugikan kehidupan kamu. Saya sendiri selama kurang lebih 1 tahun ini saya tobat dan meninggalkan segala jenis aplikasi bajakan, semua perangkat saya aman aman aja kok, dan bahkan tidak ada kendala aneh yang terjadi. Kecuali emang bug bawaan Windows 10 nya.

Nah bagaimana menurutmu mengenai hal ini? silahkan berikan komentarmu dibawah, atau mungkin kamu punya tambahan? jangan lupa share juga guys

Oya terkait poin pertama, haruskah kita bahas lisensi Windows 10 Original harga Rp.30.000 – 100.000 yang tersebar di Online Shop Indonesia?

  Cara Dapat Token Listrik Gratis — Resmi dari PLN!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.