Home Editorial 4 Kelebihan Download Aplikasi dari Microsoft Store

4 Kelebihan Download Aplikasi dari Microsoft Store

Harus diakui bahwa sampai saat ini aplikasi di Microsoft Store masih belum selengkap dan sepowerful aplikasi desktop yang didapat secara bebas dari luar store. Bisa dimaklumi mengingat usia Microsoft Store (dulu Windows Store) masih terbilang dini jika dibandingkan dengan ekosistem aplikasi desktop klasik (win32) diluar Store yang sudah dibangun sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Tetapi mari kita kesampingkan hal itu sejenak, karena disini kita akan membicarakan apa saja kelebihan download aplikasi dari Microsoft Store dibandingkan dengan download dari luar Store — beserta alasan kenapa Microsoft Store ini adalah masa depan bagi distribusi aplikasi di OS Windows.

Jadi bagi kita sebagai pengguna Windows, ada beberapa kelebihan yang bakal kita dapatkan jika download aplikasi dari Microsoft Store, yaitu:

1. Cari Aplikasi Mudah

4 Kelebihan Download Aplikasi dari Microsoft Store

Karena semua aplikasi terkumpul dalam satu Store, maka mencari aplikasi melalui Microsoft Store lebih mudah dilakukan daripada mencari dan download masing-masing software di halaman officialnya. Alih-alih googling dan mencari link download software, kamu tinggal buka Store, lakukan pencarian, dan bisa menemukan aplikasi yang kamu inginkan.

Tentunya kemudahan mendapatkan aplikasi ini baru akan optimal jika mayoritas aplikasi populer sudah tersedia di Microsoft Store — dimana sampai saat ini hal tersebut masih belum terjadi.

Mayoritas aplikasi dan software populer saat ini belum dihadirkan developer ke Microsoft Store, akan tetapi seiring berjalannya waktu, ketika jumlah pengguna Windows 10 sudah mendominasi dan ekosistem Microsoft Store semakin matang, kita bisa berharap semakin banyak pula aplikasi Windows yang disediakan melalui Store — membuat kamu bisa mencari aplikasi yang kamu butuhkan dengan jauh lebih mudah dibandingkan harus googling dan download ke masing-masing homepage software satu per satu.

2. Install Aplikasi Mudah

4 Kelebihan Download Aplikasi dari Microsoft Store

Sebenarnya cara install software aplikasi tidaklah sulit, mayoritas hanya perlu pencet next..next..next..next..dan finish. Tetapi memang di Microsoft Store, cara install aplikasi jauh lebih mudah lagi. Kamu hanya tinggal pencet Get dan aplikasi akan langsung terinstall di PC.

Aplikasi yang kamu install juga akan langsung berada di versi terbarunya saat ini. Jadi tidak ada lagi salah install versi lama, atau permasalahan lainnya. Cara installnya juga seragam, tidak berbeda-beda antar aplikasi.

3. Update Otomatis

4 Kelebihan Download Aplikasi dari Microsoft Store

Beberapa software memang menyediakan fitur automatic update, misalnya saja Chrome. Tetapi sebagian besar lainnya mengharuskan kamu untuk download dan install lagi ketika ada update baru yang dirilis. Bahkan beberapa software lainnya tidak pernah memberikan notifikasi update jika ada versi baru yang dirilis.

Hal ini berbeda dengan aplikasi yang kamu install dari Microsoft Store. Aplikasi dari Store dilengkapi dengan fitur update otomatis, bahkan cek update semua aplikasi juga bisa dilakukan dengan sekali tekan tombol. Simple.

4. Security Lebih Baik

Tidak bisa dipungkiri bahwa Microsoft Store beberapa kali masih kecolongan dengan aplikasi palsu dan berkualitas buruk, membuat banyak orang meragukan apakah benar Microsoft Store menawarkan keamanan yang lebih baik.

Tetapi terlepas dari hal itu, aplikasi UWP yang ada di store berjalan dalam sandbox, artinya aplikasi tidak bisa mengakses sistem tanpa ijin akses dari pengguna. Hal ini mengurangi kesempatan bagi aplikasi UWP untuk melakukan aktivitas mencurigakan seperti mengubah file sistem, memanipulasi driver, berinteraksi dengan hardware secara langsung, dsb.

UWP juga harus diterima dulu oleh Microsoft sebelum ditampilkan di Store, meskipun dengan beberapa kali kebobolan aplikasi palsu dan piracy, proses approval aplikasi di Store masih perlu dibenahi.

Masa Depan Microsoft Store

Store adalah salah satu bentuk bisnis cloud Microsoft yang menarik fee hingga 30% dari setiap penjualan aplikasi yang terjadi. Karena itu Microsoft juga secara total mengembangkan Store agar semakin matang, dengan memudahkan developer dalam membawa aplikasi mereka ke Microsoft Store. Sangat jelas bahwa Microsoft Store adalah masa depan bagi distribusi aplikasi di Windows. (Baca: Download Desktop App Converter, Mengubah Aplikasi Desktop menjadi UWP Apps)

Kenapa Microsoft Store masih “Sepi”?

Pertanyaannya, dengan banyaknya keunggulan seperti diatas, kenapa Microsoft Store sampai saat ini masih “sepi” dan UWP masih “jarang” digunakan pengguna?

Ulasan lengkap mengenai fenomena ini bakal segera WinPoin ulas sesaat lagi. Stay tuned.

  Menggabungkan Banyak File PDF Menjadi Satu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.