Home Apps 5 Aplikasi Blogger Terbaik untuk PC yang Wajib Dimiliki

5 Aplikasi Blogger Terbaik untuk PC yang Wajib Dimiliki

5 Aplikasi Blogger Terbaik untuk PC yang Wajib Dimiliki

Adakah diantara kamu yang punya hobi blogging dan rutin ngeblog? Hingga saat ini setidaknya sudah 9 tahun lamanya saya menjadi blogger — dan di artikel ini saya akan berbagi 5 aplikasi blogger untuk PC yang selama ini rutin saya gunakan untuk memudahkan aktivitas ngeblog saat memakai Windows.

 

1. Aplikasi untuk Menulis: Focus Writer

5 Aplikasi Blogger Terbaik untuk PC yang Wajib Dimiliki

Aktivitas utama ngeblog adalah menulis konten / artikel. Untuk itu aplikasi wajib yang perlu kamu miliki adalah word processor (aplikasi untuk menulis). Dulu bertahun-tahun saya hanya mengandalkan Notepad untuk menulis draft artikel, tetapi tidak adanya fitur auto-save membuat seringkali tulisan saya hilang ketika listrik tiba-tiba mati, atau Windows mengalami crash.

Setelah berburu dan mencoba berbagai macam aplikasi menulis di Windows, pilihan saya jatuh kepada Focus Writer. Kenapa Focus Writer?

  1. Ada fitur auto-save yang menjadi penyelamat saat listrik mati, crash, dsb.
  2. Memudahkan untuk fokus menulis dengan menghilangkan distraksi di sekitar window Focus Writer.
  3. Kamu bisa menggunakan Focus Writer secara gratis.
  4. Focus Writer dibuat Cross Platform, artinya meskipun OS utama kamu adalah Windows, tetapi kamu tetap bisa menulis dengan Focus Writer saat menggunakan OS lainnya.

Sebenarnya saya sempat meninggalkan Focus Writer ini demi jagoan baru lainnya yaitu Write! (Baca: Write!: Teks Editor Windows Terbaik untuk Blogger dan Penulis)

Tetapi akhirnya saya kembali lagi ke Focus Writer karena lebih simple, terlebih setelah Write! memutuskan untuk menjadikan aplikasi ini berbayar dengan sistem langganan per tahun.

Download Focus Writer disini

Alternatif aplikasi untuk menulis draft blog di Windows:

Berbagai aplikasi gratis terbaik untuk penulis lainnya bisa kamu baca di ulasan WinPoin sebelumnya. (Baca: 10 Aplikasi Gratis Terbaik Untuk Penulis)

 

2. Aplikasi Screenshot: PicPick

5 Aplikasi Blogger Terbaik untuk PC yang Wajib Dimiliki

Salah satu aktivitas penting lain bagi seorang blogger — terlebih blogger teknologi — adalah mengambil screenshot. Tidak diragukan lagi bahwa untuk keperluan ini PicPick menjadi aplikasi screenshot andalan. Bagi saya, PicPick adalah aplikasi untuk mengambil screenshot terbaik yang ada saat ini.

Selain ada berbagai macam mode pengambilan screenshot (full screen, active window, region, dsb) yang bisa kamu atur sendiri hotkey nya, PicPick juga dilengkapi dengan built-in editor. Jadi sehabis mengambil screenshot kamu bisa langsung menambahkan teks, tanda panah, nomor, atau elemen lainnya.

Download PicPick disini

Alternatif aplikasi untuk mengambil screenshot di Windows:

  • ShareX
  • Memakai Snipping tool bawaan Windows
  • Menggunakan print screen Windows

Berbagai cara mengambil screenshot di Windows sudah pernah WinPoin ulas di artikel sebelumnya. (Baca: 3 Cara Screenshot di Laptop dan PC Windows)

 

3. Aplikasi Watermark: Visual Watermark

5 Aplikasi Blogger Terbaik untuk PC yang Wajib Dimiliki

Banyaknya aktivitas copas (copy paste) yang dilakukan oleh blogger nakal membuat aplikasi watermark menjadi sangat penting untuk dimiliki. Saya sendiri menjatuhkan pilihan kepada Visual Watermark sebagai aplikasi andalan untuk menambahkan watermark di foto / gambar.

Visual Watermark menjadi pilihan karena memiliki banyak template watermark, mudah melakukan custom watermark, serta bisa memproses banyak gambar sekaligus. Selain memberikan watermark, kamu juga bisa resize banyak gambar sekaligus dengan aplikasi ini.

Download Visual Watermark disini

Alternatif aplikasi untuk menambahkan watermark di Windows:

 

4. Aplikasi Mind Map: XMind

Mudahnya Membuat Mind Map di Windows dengan XMind

Untuk memudahkan brainstorming dalam menemukan tema menarik yang akan dibahas di blog, penggunaan mind map bisa jadi andalan. Saya sendiri selalu menggunakan mind map untuk brainstorming dan menemukan apa saja yang ingin saya tulis. Untuk urusan tersebut, XMind menjadi aplikasi mind map terbaik yang saya pilih. Kamu bisa dengan mudah membuat mind map dan memilih format diagram dari berbagai template yang tersedia.

Cara membuat mind map dengan menggunakan XMind sudah pernah WinPoin ulas di artikel sebelumnya. (Baca: Mudahnya Membuat Mind Map di Windows dengan XMind)

Download XMind disini

Alternatif aplikasi Mind Map di Windows:

 

5. Aplikasi To-Do List: Microsoft To-Do

Perkenalkan Microsoft To-Do: Aplikasi To-Do List Baru Pengganti Wunderlist

Menjadi blogger itu mudah, yang sulit adalah menjadi blogger yang konsisten. Agar bisa tetap konsisten, kamu perlu memiliki rencana harian yang berisi berbagai daftar task yang ingin kamu selesaikan setiap hari. Oleh karena itu membuat to-do list harian sangat penting agar kamu bisa menyelesaikan setiap task yang sudah kamu rencanakan. Jika dulu Wunderlist menjadi aplikasi to-do list terbaik andalan saya, kini setelah diakuisisi Microsoft (dan nampaknya pengembangannya dihentikan untuk diganti dengan Microsoft To-Do), maka saya ikut beralih memilih Microsoft To-Do sebagai aplikasi to-do list utama saat ini.

Microsoft To-Do sudah pernah WinPoin ulas sebelumnya dan reviewnya bisa kamu baca disini. (Baca: Perkenalkan Microsoft To-Do: Aplikasi To-Do List Baru Pengganti Wunderlist)

Download Microsoft To-Do disini

Alternatif Aplikasi To-Do List untuk Windows:

Itulah beberapa ulasan sekaligus link download aplikasi blogger untuk PC yang berbasis Windows. Jika kamu adalah seorang blogger dan memiliki aplikasi andalan lain untuk keperluan blogging, silakan bagikan di kolom komentar dibawah ini.

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.