Home Basic Cara Memblokir Akses ke Settings dan Control Panel di Windows 10

Cara Memblokir Akses ke Settings dan Control Panel di Windows 10

Cara Memblokir Akses ke Settings dan Control Panel di Windows 10 (1)

Alasan utama kenapa Microsoft menciptakan Settings di Windows 10 adalah untuk menggantikan tradisional Control Panel. Meskipun hingga artikel ini ditulis, Control Panel masih menjadi bagian dari Windows 10, tetapi Microsoft perlahan-lahan memindahkan pengaturan dari Control Panel ke Settings, yang mungkin Control akan bener-benar hilang pada update Windows 10 mendatang.

Terlepas dari hal tersebut, baik Control Panel ataupun Settings sangat mengambil peran penting dalam mengatur Windows 10. Tanpa Control Panel dan Settings, akan sangat sulit mengubah pengaturan yang ada.

Jika tidak menginginkan orang lain mengakses Settings atau Control Panel ketika menggunakan PC Windows 10 kamu. Maka kamu dapat mencegahnya dengan menggunakan tutorial dibawah ini.

Memblokir Akses ke Settings dan Control Panel

  1. Buka Registry Editor.
  2. Navigasi ke Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer.
  3. Pada panel kanan, klik kanan lalu pilih New – DWORD (32-bit). Kemudian beri nama NoControlPanel.Cara Memblokir Akses ke Settings dan Control Panel di Windows 10 (2)
  4. Kemudian klik 2x pada key tersebut lalu masukan value 1. Jika sudah klik OK untuk menyimpan perubahan.Cara Memblokir Akses ke Settings dan Control Panel di Windows 10 (3)
  5. Tutup jendela Registry Editor.

Dengan begitu kedepannya ketika mencoba untuk membuka Settings atau Control Panel, akan mendapatkan pesan seperti ini.

Cara Memblokir Akses ke Settings dan Control Panel di Windows 10 (4)

Sebagai cara alternatif, kamu dapat melakukannya melalui Command Prompt as Administrator jika tidak ingin repot-repot membuka Registry.

reg add "HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer" /v NoControlPanel /t REG_DWORD /d 1

Cara Memblokir Akses ke Settings dan Control Panel di Windows 10 (5)

Nah itu dia guys, cara memblokir akses ke Settings dan Control Panel di Windows 10. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan bertanya melalui kolom komentar.

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.