Home PC Cara Menghapus Metadata dari Sebuah File di Windows

Cara Menghapus Metadata dari Sebuah File di Windows

Cara Menghapus Metadata dari Sebuah File di Windows (0)

Metadata merupakan data yang berkaitan dengan informasi mengenai sebuah file. Setiap file pada Windows tentunya mempunyai metadata, terlepas dari jenis/format file tersebut.

Misalnya file musik yang memiliki metadata berupa judul lagu, artis, genre, tanggal dirilisnya lagu, dll. Lalu foto yang memiliki metadata berupa kapan gambar tersebut diambil, perangkat yang digunakan untuk mengambil foto serta settingan yang digunakan untuk mengambil foto tersebut (ISO, Aperture, Shutter Speed, dll).

Cara Menghapus Metadata dari Sebuah File di Windows (1)

Tentunya informasi tersebut sangat berguna untuk mengidentifikasi sebuah file di Windows. Tetapi dengan alasan seperti privasi, mungkin kamu terfikir untuk menghilangkan metadata terhadap sebuah file. Jika demikian, untungnya Windows memiliki opsi build-in untuk menghapus metadata pada sebuah file.

Menghapus Metadata dari Sebuah File di Windows

Pertama, navigasilah ke sebuah file yang ingin kamu hapus metadatanya. Kemudian klik kanan lalu pilih Properties.

Cara Menghapus Metadata dari Sebuah File di Windows (2)

Kemudian buka tab Details untuk melihat metadata / informasi dari file tersebut. Untuk menghapus metadata, klik opsi Remove Properties and Personal Information yang terletak dibagian bawah.

Cara Menghapus Metadata dari Sebuah File di Windows (3)

Akan terbuka jendela baru, disini kamu mendapatkan 2 opsi yaitu:

  • Create a copy of with all possible properties removed : Opsi ini akan membuat salian baru dari file (dengan format “namafile – Copy”) dimana semua metadata didalamnya akan hilang.
  • Remove the following properties from this file : Opsi ini kamu dapat memilih metadata mana yang ingin dihapus.

Pilih salah satu, jika sudah klik OK untuk menyimpan perubahan dan tutup jendela Properties.

Cara Menghapus Metadata dari Sebuah File di Windows (4)

Itu dia guys, cara untuk menghapus metadata pada sebuah file di Windows. Jika kamu memiliki pertanyaan, silahkan bertanya melalui kolom komentar.

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.