Manfaat Microsoft Account

Seorang teman baru saja membeli sebuah laptop high-end dari ASUS, lalu meminta tolong untuk membantu mengatur software di laptopnya, karena dia awam dengan Windows 8.1 yang sudah terpasang secara default. Agak mengherankan bagi saya karena dia menolak untuk dibuatkan akun Microsoft dengan alasan: Tidak ingin terikat dengan ekosistem Microsoft (Trus laptopnya kenapa Windows, Broo?!) – Ini ditambahkan olehnya dengan penjelasan panjang tentang kapitalisme Microsoft serta produk-produk Microsoft yang kalah unggul dengan dua perusahaan teknologi sebelah, sayangnya untuk kebutuhan kerjanya, dia terpaksa harus menggunakan Windows guna mengakomodasi software milik perusahaannya.

Namun dari situ saya menyadari bahwa memang benar apa yang dikatakan seorang ahli teknologi yang saya lupa identitasnya, bahwa sebagian besar di antara kita masih menggunakan Windows karena “kebutuhan”, bukan karena pilihan atau kecintaan. Ini membuat seseorang dengan mudah membenci dan membandingkan Microsoft dengan produsen lain yang bergerak di bidang serupa. Tentu saja sebagaimana saya tidak dapat memaksa Cindy Yuvia untuk mencintai salah satu admin Winpoin, saya juga tidak dapat memaksakan seseorang mencintai Microsoft. Namun demikian, saya dapat memaparkan beberapa keuntungan yang diperoleh dengan membuat akun Microsoft!

 

1. Windows 8.1 Lebih Baik dengan Akun Microsoft

Manfaat Microsoft Account
Credit to @prswahyu

 

PC atau laptop yang menggunakan OS Windows 8 atau 8.1 memang dapat dijalankan sekalipun kita tidak memasukkan akun Microsoft. Tanpa akun Microsoft, kita cukup menggunakan akun lokal yang dapat digunakan secara offline pada PC atau laptop. Akan tetapi, banyak fasilitas yang tidak dapat kita manfaatkan secara optimal. Misalnya saja fitur Outlook, Weather, Store, dan beberapa aplikasi lain yang ‘meminta’ untuk memasukkan akun Microsoft.

Terlebih lagi, apabila PC tersebut digunakan oleh beberapa orang, memasukkan ID dengan akun Microsoft akan menjadikan penggunaan lebih praktis karena setting atau pengaturan dari desktop Windows 8/8.1 tersebut pasti sudah menyesuaikan dengan preferensi kamu.

Belum lagi permasalahan bila ada crash, bug, atau kerusakan software yang mengharuskan kamu untuk melakukan restore. Melakukan backup pada OneDrive tentu saja mengharuskan kamu untuk login pada Akun Microsoft.

Oleh karena itu, jelas Windows 8/8.1 tidak akan optimal bila kamu tidak meluangkan waktu untuk memasukkan akun Microsoft.

 

2. Outlook.com dan Skype Terintegrasi di Browser Kamu

Manfaat Microsoft Account

Mungkin di PC, lebih praktis bagi kamu untuk menggunakan aplikasi Skype for Desktop guna memenuhi kebutuhan kamu akan Instant Message atau Video Call melalui Skype, dan Skype bisa diakses meskipun tanpa memanfaatkan akun Microsoft. Tapi bila kamu memiliki akun Microsoft, kamu dapat mengintegrasikan akun Microsoft tersebut dengan Skype, sehingga kamu bisa dengan cepat menggunakan Skype dari browser, ketika membuka Outlook. Unik bukan?

Seperti yang kamu ketahui, di sudut kiri atas interface Outlook di browser terdapat “Hamburger” button yang bila diklik akan memunculkan berbagai layanan Microsoft seperti Office Online, People, Calendar, dan OneDrive. Ketika kamu mengklik tombol “People”, maka akan muncul kontak yang kamu simpan pada akun Outlook, termasuk juga kontak akun Skype yang tersinkronisasi dengan Outlook. Nah, kamu dapat langsung menghubungi kontak yang kamu inginkan dengan cara memilih kontak tertentu dan menekan tombol “Call Video” atau “Send Message via Skype”.

Praktis sekali bukan? Dan ini hanya dapat dilakukan bila kamu memiliki akun Microsoft.

 

3. Mendapatkan Gratisan OneDrive yang Bisa Terus Bertambah

Manfaat Microsoft Account

Microsoft memberikan banyak sekali bonus ruang penyimpanan di OneDrive setiap kali kamu menggunakan layanan Microsoft atau mengikuti event tertentu. Tentu saja untuk mendapatkan OneDrive ini kamu memerlukan akun Microsoft.

Hingga berita ini ditulis, karena banyak menggunakan layanan Microsoft, saya memiliki OneDrive storage hingga mencapai 100GB. Mungkin bahkan ini bisa bertambah lagi ke depannya. Hahaha…

 

4. Mengoperasikan Windows Phone Harus Menggunakan Akun Microsoft – Sekaligus Menyimpan Daftar Kontak Kamu

Manfaat Microsoft Account

Android mungkin OS yang terlengkap dan terbesar pangsa pasarnya di dunia, sedang iOS tenar karena citranya yang dapat mendongkrak gengsi. Tapi jika kamu menginginkan sesuatu yang berbeda, OS yang handal namun mendukung personalisasi diri, Windows Phone (atau Windows Mobile setelah Windows 10 dirilis) adalah pilihan yang bagus.

Untuk memanfaatkan perangkat Windows Phone, kamu memerlukan sebuah akun Microsoft. Ini adalah keharusan! Akun Microsoft ini juga akan menyimpan daftar kontak kamu di ponsel.

Saya pernah menggunakan Android dalam jangka waktu yang panjang. Jadi seluruh daftar kontak saya tersimpan di akun Google. Namun ketika menggunakan Windows Phone, meskipun saya tetap menggunakan Google untuk menyimpan kontak, secara otomatis daftar kontak ini juga tersimpan dalam akun Microsoft (Outlook). Ini tentu saja menjadikan saya sangat mudah beralih ke ponsel mana saja, bahkan menghidupkan beberapa ponsel dengan akun tunggal secara bersamaan. Inilah salah satu kelebihan jika kita menggunakan akun Microsoft!

 

5. Peluang Mendapatkan Reward dari Bing

Manfaat Microsoft Account

Bing memberikan poin kepada siapa saja yang bersedia berpartisipasi dalam program penggunaan Bing. Program ini ditujukan untuk mendongkrak pemakaian Bing sebagai mesin pencari di seluruh dunia. Untuk masuk dan mengikuti program ini, tentu saja kamu memerlukan akun Microsoft. Pendaftaran dan pengumpulan poin memang sangat mudah. Namun untuk menebus (redeem) poin tersebut dan ditukarkan dengan aneka “gift” dari Microsoft (seperti langganan XBox gratis selama beberapa bulan, kredit Skype, bahkan undian mendapatkan Surface Pro 3), maka kamu memerlukan nomor telepon warga AS untuk menerima “kode” yang bisa digunakan untuk menebus hadiah tersebut. Dulu hal ini bisa diakali dengan menggunakan virtual local phone, namun terakhir kali saya coba, cara tersebut tidak berhasil lagi.

Namun tetap tidak tertutup kemungkinan bagi kamu untuk mendapatkan hadiah. Kamu cukup ‘meminjam’ nomor telepon teman atau keluarga yang berada di AS untuk menebus hadiah dari Bing tersebut. Oleh karena itu, hal ini dapat dianggap sebagai salah satu keuntungan memiliki akun Microsoft.

 

Nah, kelima hal tersebut di atas semoga dapat menjadi motivasi kamu yang belum memiliki akun Microsoft untuk ikut serta mendaftar. Meskipun mungkin di hati kamu tidak memiliki rasa cinta pada Microsoft (cieee…), tentu saja jangan sampai itu menghalangi kamu memperoleh berbagai keuntungan dan gratisan dari Microsoft. Hohoho…

Menurut kamu adakah manfaat lain memiliki akun Microsoft? Luangkan waktu untuk memberikan pendapat kamu di kolom komentar berikut.

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.