Melihat jejak rekam Microsoft selama 2018, menarik jika kita memperkirakan apa yang akan terjadi 2019 ini. Microsoft memulai tahun dengan status sebagai perusahaan paling berharga di dunia. Ada banyak rencana yang diungkap tahun lalu dan sepertinya akan dieksekusi oleh Microsoft pada tahun 2019 ini. Berikut x prediksi tindakan yang akan dilakukan Microsoft pada tahun 2019.

 

1| Mengungkap Windows Lite

Pada tahun 2018, muncul rumor mengenai Windows Lite yang (menurut gosip) akan dijadikan andalan guna bersaing dengan Chrome OS. Perangkat berbasis Chrome OS memperoleh sambutan yang cukup baik di AS, terutama di kalangan pelajar dan unit usaha kecil. Tentu saja ini menjadikan Microsoft ikut tergiur untuk menyaingi Google di ranah tersebut. Microsoft belum secara resmi mengumumkan tipe OS ini, namun kode untuk Windows Lite muncul di Windows 10 yang dirilis untuk kalangan insider. Nampaknya Microsoft akan mengumumkannya secara resmi di tahun 2019 ini.

 

2| Peningkatan skema Windows Update

Update Kumulatif Darurat

Pada tahun 2018, Microsoft harus berkali-kali minta maaf akibat masalah yang ditimbulkan oleh Update Windows 10, terutama dalam rilisan ‘besar’ April 2018 dan October 2018 update.

Beberapa rencana sudah disusun oleh Microsoft, antara lain dengan memberikan update berfokus pada kualitas dan peningkatan performa alih-alih sekedar fitur, memberikan skema update optimal sehingga pengguna tidak perlu download file update dalam volume besar, melainkan hanya sesuai kebutuhan, dan tentu saja nantinya update direncanakan seminimal mungkin mengganggu pengguna.

Kita akan dapat menyaksikan peningkatan ini pada mulai April 2019 mendatang, saat Microsoft menggulirkan update besar terbarunya untuk tahun ini.

 

3| Meluncurkan Edge berbasis Chromium

via Thurrott

Microsoft sudah mengonfirmasi bahwa mereka sedang mengerjakan browser Edge berbasis Chromium yang akan dapat menjalankan semua fungsi penuh Chrome. Tentu saja Microsoft juga menjanjikan bahwa browser ini akan memiliki keistimewaan tambahan khas Microsoft.

Edge berbasis Chromium rencananya akan dirilis bersamaan dengan update Microsoft selanjutnya sekitar bulan April 2019. Apakah hasilnya memuaskan? Nampaknya kita perlu mencobanya dulu.

 

4| Mengerjakan ulang sistem pencarian dan Cortana

Cara Menghapus Informasi Data Personal pada Cortana (1)

Dalam sebuah pengujian yang dilakukan oleh lembaga riset, Cortana menempati peringkat terburuk dibandingkan dengan asisten suara lainnya. Tentu saja Microsoft tidak menginginkan hal ini terjadi. Pada tahun 2019, Microsoft berencana untuk melakukan peningkatan terhadap Cortana, bahkan mungkin menggantinya dengan sebuah skema baru yang lebih unggul. Wujud kreasi Microsoft ini akan diumumkan pada tahun 2019 nanti.

 

5| Merilis perangkat Surface baru yang (kemungkinan) revolusioner

via MSPoweruser

Sebuah paten akhir 2018 lalu mengungkap skema baru Surface yang menggunakan USB-C. Uniknya, skema ini tetap mempertahankan sistem magnetik yang menjadi ciri khas Microsoft sejak rilis Surface pertama. Perangkat yang mendukung USB-C ini akan dirilis sekitar akhir 2019 nanti.

 

Bagaimana pendapat kamu?

via Asianjunkie

Berdasarkan gosip dan rumor sepanjang 2018 lalu, menurut pendapat kamu apakah hal unik yang akan dilakukan Microsoft pada tahun 2019 ini? Sumbangkan pendapat kamu di kolom komentar!

 

Sumber: Windows Central

  RIP Windows Phone  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.