6 Fitur Baru Keren di VLC 3.0 Media Player

VLC adalah salah satu media player lintas platform terbaik saat ini, dan beberapa hari lalu VideoLAN merilis VLC 3.0 “Vetinari” yang merupakan update mayor dari VLC. Lalu apa saja fitur baru VLC 3.0 yang keren dan layak untuk dicoba?

Berikut ini adalah ulasan lengkap WinPoin.

1. Bisa Streaming ke Chromecast

Jika kamu punya Chromecast, VLC kini sudah support streaming ke Chromecast — bahkan untuk memainkan video yang formatnya tidak didukung secara native.

Jadi kalo kamu punya chromecast yang terhubung ke TV, maka kamu bisa langsung stream video atau audio dari PC / Laptop / smartphone ke TV tersebut.

Untuk mengaksesnya kamu tinggal buka Playback > Renderer > dan pilih Chromecast yang tersedia

2. Memainkan 4K dan 8K (Hardware Accelerated)

Secara default VLC 3.0 mengaktifkan hardware decoding, sehingga bisa memainkan video 4K dan 8K dengan mulus di semua perangkat.

3. Merupakan LTS Release

LTS merupakan kependekan dari Long Term Support, artinya VLC 3.0 ini merupakan versi yang akan terus diupdate security dan stabilitasnya nya dalam jangka panjang — sedangkan berbagai fitur baru bakal langsung diarahkan ke VLC 4.0.

Dengan begitu kamu bisa berharap stabilitas dan kematangan, serta minimnya bug akibat penambahan fitur baru di VLC 3.x ini.

4. Mendukung Local Network dan NAS

Kalo kamu menyimpan berbagai video dan audio di local network ataupun NAS, maka kini kamu bisa browse dan mainkan langsung dari dalam VLC 3.0.

5. Mendukung Video 360 dan 3D Audio

Saat ini video 360 memang lagi nge-trend, dan VLC 3.0 ini sudah bisa kamu gunakan untuk memainkan video 360 maupun 3D audio.

6. Mendukung Adaptive Streaming

VLC 3.0 mendukung kompresi video baru untuk streaming, dengan teknologi yang disebut Dynamic Adaptive Streaming over HTTP (DASH). Dengan dukungan ini kamu bisa stream video dengan lebih mulus, minim buffering, serta lebih efisien dalam penggunaan bandwith.

Fitur Baru Lainnya

Selain 5 fitur keren diatas, VLC 3.0 juga sudah ditambahkan beberapa fitur baru lainnya seperti:

  • Mendukung 10bits dan HDR
  • Bisa memainkan Blu-Ray Java menu: BD-J
  • Bisa memainkan file HD DVD .evo

Bagi kamu pengguna VLC media player, silakan langsung saja update ke VLC 3.0 atau cukup download dari halaman officialnya disini.

Download VLC 3.0

  Apa Kabar Windows Phone..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.