Home News AMD Siap Rilis Prosesor Ryzen untuk Bersaing dengan Intel

AMD Siap Rilis Prosesor Ryzen untuk Bersaing dengan Intel

Setelah 2 tahun kemarin Intel mendominasi pasar prosesor dengan seri Skylake dan Kaby Lake, kini AMD telah bersiap untuk kembali menantang Intel dengan seri prosesor terbarunya, Ryzen 7.

Pada event yang diadakan AMD, mereka memperkenalkan prosesor Ryzen 7 sebagai top line untuk mereka yang ingin prosesor kelas atas dengan 8 core. Tentu ini merupakan tawaran yang menarik untuk para kreator dan editor, karena kebanyakan software untuk mengolah video dan foto, semakin banyak inti/core maka semakin baik.

Lantas, apa kelebihan utama dari prosesor ini? Secara performa, memang tidak terlalu berbeda atau malah bisa dikatakan seimbang dengan lini prosesor Intel. Tapi dari segi harga, AMD menang telak. Versi termahal mereka hanya seharga $499, bandingkan dengan top line Intel Core i, yang harganya $800++, terlihat sangat timpang bukan? Sedangkan versi paling murah dari Ryzen hanya seharga $329.

Selain itu, dari video Austin Evans (sekarang sudah diedit) pada event tersebut AMD tanpa sengaja juga menunjukkan GPU terbarunya yang diberi nama VEGA (lihat menit 2:00). Selain itu, AMD juga mengadakan kontes overclocking, dimanan Ryzen mampun menembus 5.1 GHz, dan mencetak rekor baru pada aplikasi benchmark Cinebench.

Tentu serangan AMD pada Intel dan Nvidia akan memanas pada tahun ini. Tentu AMD akan memberikan penawaran yang menggiurkan, mengingat harganya yang sangat miring.

AMD berencana untuk merilis tiga seri prosesor Ryzen 7 pada 2 Maret 2017 besok. Nah bagaimana  menurutmu? Bagikan pula pendapatmu disini yak! :)

via ONMSFT

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.