Android “M” Bakal Lebih Menghargai Privasi Pengguna

Jika kamu pernah menggunakan Android, mungkin kamu pernah bertanya-tanya: kenapa game puzzle ini meminta akses privasi sampai ke contact list? Kenapa aplikasi flashlight ini meminta akses privasi sampai ke foto dan file? Apa fitur yang dibutuhkan oleh aplikasi to-do-list ini sampai meminta akses ke location?

Di Android memang ada banyak sekali aplikasi gratis yang bisa kamu gunakan. Namun ketika proses instalasi beberapa dari aplikasi tersebut meminta akses privasi ke data sensitif, dan itu tidak bisa dikontrol oleh pengguna Android. Pilihannya hanya setuju dan install, atau tidak setuju dan batal install sama sekali.

Dengan persaingan OS mobile yang semakin ketat antara Android, iOS, dan Windows Phone, kini Google menyatakan siap untuk menghargai dan memberikan kontrol privasi lebih kepada pengguna.

 

Pengguna Bisa Memilih Data yang Bisa Diakses Apps

Di Android “M”, Google bakal memungkinkan pengguna untuk memilih data apa saja yang boleh diakses oleh sebuah aplikasi. Mereka tetap bisa menginstall aplikasi meskipun tidak semua permintaan hak akses ke data privasi diberikan ke aplikasi tersebut.

Namun tentu saja jika memang akses tersebut dibutuhkan untuk suatu fitur aplikasi, maka fitur tersebut tidak akan bisa digunakan hingga aplikasi diberikan hak akses tersebut.

Tetapi ini memberikan angin segar terhadap perlindungan privasi karena memang tidak semua tipe aplikasi memerlukan akses ke semua data pengguna.

Katakanlah aplikasi flashlight (senter) yang tentunya bakal bisa berjalan meskipun tanpa diberikan hak akses ke foto, contacts, bahkan lokasi pengguna. Hal ini juga berlaku juga untuk banyak aplikasi lainnya.

 

Sudah Ada di Windows Phone

Bagi kamu pengguna Windows Phone, fitur seperti ini sudah bisa kamu temui di menu Settings. Disini kita menggunakan Windows 10 Mobile Preview dan semua pengaturan privasi aplikasi bisa kita atur di Settings > Privasi.

Disitu ada banyak sekali daftar data sensitif dan ketika kamu tap, maka kamu bisa melihat aplikasi apa saja yang bisa mengaksesnya.

Android “M” Bakal Lebih Menghargai Privasi Pengguna

Kamu bisa mematikannya sesuai dengan keinginan jika memang tidak menghendaki diaksesnya data privasi oleh aplikasi tersebut.

 

Persaingan Antar OS Mobile Semakin Seru

Dengan persaingan OS mobile yang semakin ketat dan kompetitif ini, Google tidak ingin kalah dengan Microsoft dan iOS dalam urusan menghargai privasi pengguna. Untuk itulah di Android “M” nanti pengguna bakal diberi kebebasan lebih untuk melindungi berbagai data privasinya.

Hadirnya Android M, Windows 10 Mobile, dan juga iOS versi terbaru kedepannya bakal membuat persaingan antar OS mobile semakin seru.

via bloomberg

  Apa Kabar Windows Phone..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.