Mungkin ini merupakan sebuah kabar kurang baik bagi kamu yang saat ini menggunakan system operasi linux. Karena seperti yang dilaporkan pengguna Reddit bahwa sejumlah browser yang dijalankan dilinux tidak dapat lagi mengakses layanan Google seperti Gmail dan Google Docs dan menampilkan pesan kesalahan bahwa aplikasi tidak lagi didukung.

Catatan : Mungkin bagi kamu yang belum tahu, dalam beberapa distro linux biasanya menyediakan custom browsernya masing masing, misalkan saja seperti Elementary OS yang membawa Epiphany Browsernya secara default, dan sepertinya browser sejenis ini saja yang diblokir untuk mengakses layanan Google.

Seperti pesan error yang ditunjukan mengatakan sebagai berikut “Couldn’t sign you in. This browser or app may not be secure. Try using a different browser. If you’re already using a supported browser, you can refresh your screen and try again to sign in,”

Link learn more akan mengarahkan pengguna ke halaman ini dimana Google juga merinci apa aja alasan yang dapat menyebabkan browser gagal memuat layanan Google. Dan yang paling umum adalah bahwa browser tidak didukung, dan Google merekomendasikan untuk menggunakan Chrome, Safari, Firefox, Opera, Internet Explorer dan Microsoft Edge.

Untuk saat ini, blokir yang terjadi tampaknya tidak menargetkan semua pengguna, karena beberapa dari mereka yang bergabung dalam percakapan di halaman reddit tersebut mengklaim semuanya berfungsi dengan baik pada perangkat mereka. Dengan kata lain, hanya beberapa pengguna yang diblokir dari koneksi ke layanan Google menggunakan browser ini, yang membuat banyak orang percaya bahwa Google sedang bereksperimen dengan serangkaian perubahan untuk layanannya atau pembatasannya adalah hasil dari berbagai konfigurasi keamanan per setiap akun.

Google belum merilis komentar mengenai blokir yang terjadi baru baru ini, jadi alasan sebenarnya masih belum diketahui. Dan untuk pengguna Browser seperti Chrome dan kawan kawannya harusnya tidak akan terkena masalah seperti ini.

Sumber : Reddit Via BP

  RESMI! Unboxing Samsung Galaxy A71 Indonesia!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.