Home Editorial Beberapa Mitos Keliru yang Sering Dituturkan Tentang Smartphone (Part 1)

Beberapa Mitos Keliru yang Sering Dituturkan Tentang Smartphone (Part 1)

Mitos Keliru Smartphone

Mumpung sedang bulan puasa, Winpoin ingin mengajak kamu melihat pengetahuan tentang smartphone secara universal. Mengapa? Karena seperti halnya agama, OS dan manufaktur terkadang menciptakan kumpulan fanatik yang mudah menelan fakta-fakta ‘sesat’ dan tidak benar tentang OS dan manufaktur lain, lalu digunakan untuk menyerang mereka yang berbeda, misalnya rajin posting tentang kebenciannya terhadap Windows di situs penggemar Windows (eh? ada ya?). Pada taraf radikal takutnya membentuk organisasi yang hobi sweeping perangkat dengan OS berbeda atau dari manufaktur lain.

Dengan mengetahui lebih dalam tentang OS dan manufaktur tetangga, maka kita dapat hidup dalam suasana Bhineka Tunggal Ika – Berbeda OS dan Manufaktur, tapi tetap satu – Dan tentu saja ini akan menjadikan kehidupan kamu lebih damai dan tenteram. Oke, inilah mitos-mitos keliru yang sering dituturkan tentang smartphone.

 

Windows Phone tidak punya aplikasi

Mitos Keliru Smartphone

Ini adalah mitos yang sering diulang-ulang oleh non-pengguna Windows Phone. Padahal secara literal, OS ini telah memiliki lebih dari setengah juta aplikasi di Windows Phone Store. Tentu saja ini terbilang sedikit jika dibandingkan dengan iOS dan Android. Akan tetapi tentu saja berlebihan jika mengatakan tidak ada aplikasi di Windows Phone.

Meskipun memiliki cukup banyak aplikasi, perlu diakui bahwa banyak di antaranya memiliki kecenderungan tidak berfungsi sebaik aplikasi di iOS dan Android. Misalnya saja Path, Instagram, Line, dan banyak lagi. Ditambah lagi belum adanya game yang tengah populer, Clash of Clan, menjadikan mitos ini bertahan sampai sekarang dan banyak didengungkan.

 

Tizen dikembangkan dari MeeGo

Mitos Keliru Smartphone

Ini adalah salah kaprah yang disangka benar oleh banyak orang.  Tizen dikembangkan dari kernel Linux dan GNU C Library yang menerapkan API Linux.

Halaman Wikipedia pun sampai harus menuliskan:

Samsung’s collaboration with the EFL project, and especially Carsten Haitzler, was known as LiMo for years. It was renamed Tizen when Intel joined the project in September 2011, after leaving the MeeGo project. A common misconception is that Tizen is a continuation of MeeGo. In fact, it builds on Samsung Linux Platform (SLP), a reference implementation delivered within LiMo.

Kolaborasi Samsung dengan proyek EFL, dan khususnya Carsten Hatizler, dikenal sebagai LiMo selama bertahun-tahun. Ini kemudian diganti namanya menjadi Tizen ketika Intel bergabung dengan proyek ini pada September 2011, setelah Intel meninggalkan proyek MeeGo. Inilah yang menyebabkan salah pengertian bahwa Tizen adalah kelanjutan MeeGo. Faktanya, platform ini dibuat berbasis Samsung Linux Platform (SLP), yang penerapan referensinya sama dengan LiMo.

 

Menutup aplikasi akan mempercepat iPhone

Mitos Keliru Smartphone

Pengguna iPhone, terutama iPhone 4S yang merasa perangkatnya terlalu lambat ketika berupaya membuka permainan, akan membuka recent app, lalu menghapus semua aplikasi yang terbuka. Ada mitos bahwa menutup aplikasi akan mengurangi beban RAM dan meningkatkan kinerja prosesor. Ini adalah mitos yang keliru, karena sebenarnya aplikasi “tidak benar-benar” berjalan di background dan tidak memerlukan resource di iphone kamu. Ini hanya disimpan di RAM iPhone, sehingga nantinya kamu akan kembali lebih cepat. Jika iPhone memerlukan RAM, maka dia akan secara otomatis menutup aplikasi yang tengah berjalan, yang kelihatan tidak dibutuhkan. Menutup aplikasi hanya akan menjadikannya terbuka lebih lambat nantinya.

 

Menggunakan Task Killer akan Mempercepat smartphone Android

Mitos Keliru Smartphone

Mitos yang sama juga terjadi pada ponsel Android. Dikatakan bahwa menggunakan Task Killer akan membebaskan RAM ketika kita berhenti menggunakan aplikasi tersebut, dan ini akan mempercepat kinerja Android. O o.. Tidak demikian. Aplikasi yang ada di daftar recent apps Android itu sebenarnya membeku (freeze) di background. Android memang mengizinkan aplikasi berjalan dengan pembatasan tertentu (inilah yang memungkinkan terjadinya kasus ‘RAM bocor’), tapi kamu tidak perlu menutup aplikasi tersebut kecuali menunjukkan perilaku yang aneh (misal terlalu makan banyak RAM, menimbulkan gangguan pada tombol, dsb). Ini justru menjadikan ponsel Android kamu jadi lebih lambat.

 

Lebih banyak megapiksel berarti kamera yang lebih bagus

Mitos Keliru Smartphone

Megapiksel ini bukan hanya mitos pada kamera smartphone, tapi juga untuk kamera digital secara keseluruhan. Dikatakan bahwa megapiksel lebih besar berarti kamera lebih bagus. Mitos ini memang berhasil mendongkrak penjualan smartphone berkamera. Namun sebenarnya mitos ini keliru.

Hal yang menjadikan sebuah kamera unggul adalah kualitas sensor, lensa, dan software pemrosesan gambar milik smartphone tersebut. Bukan sekedar megapiksel. Penilaian yang objektif dilakukan oleh DxO Mark yang mempertimbangkan banyak aspek sebuah kamera digital sebelum memberikan vonis mengenai peringkat kamera. Dan memang perlu diakui bahwa tahun ini adalah tahunnya Samsung Galaxy S6 dan LG G4 yang menempati peringkat pertama dan kedua dalam peringkat kamera ponsel terbaik tahun ini.

Lalu bagaimana dengan pemilik megapiksel terbesar, Lumia 1020 dan Nokia 808? Kamu tidak perlu cemas, kedua ponsel ini tetap dianggap sebagai salah satu yang terbaik, karena keduanya bukan hanya memiliki megapiksel monster, tapi juga sensor, software pemrosesan, dan lensa yang unggul (Carl Zeiss).

 

Karena cukup banyak fakta yang ingin dituturkan, penjelasan bersambung ke bagian 2

 

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Windows Phone klo gak punya aplikasi, adanya apaan donk?
    Terus apaan yang mau di gunakan dari Windows Phone?

    Ada-ada aja ya asumsi orang

    • Ledekan umum buat pengguna Windows umumnya gitu. “No apps”, “app gaps”… sampai bosan… (> <)/

      • Creeper

        Jgn lupa dgn ” app beta” , ledekan paling mainstream tu -,-

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      Mereka juga lupa.. itu app bawaan.. itu juga apps…

  • Bayu Oktarian

    wkwkwkwkwk, kok gambarnya Acchan sih min >.<? jadi inget deh

    • Karena Acchan manis…

      Dan artikel ini diluncurkan menjelang berbuka, jadi biar teman-teman berbuka dengan yang manis-manis… (> <)/

      • Ida Bagus Anom Sanjaya

        dan berarti om Kiki .. lagi jones..

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      Karena dia manis dan berari juga om Kiki itu lagi jones…

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    ketahuan kedoknya. LOL

  • “Dan memang perlu diakui bahwa tahun ini adalah tahunnya Samsung Galaxy
    S6 dan LG G4 yang menempati peringkat pertama dan kedua dalam peringkat
    kamera ponsel terbaik tahun ini.”

    kalau yang terbaik dari awal perilisan sampai sekarang apa om?

    • Mereka selalu memperbarui peringkatnya kalau ada perangkat baru rilis dan dinilai layak masuk 10 besar. Mirip tanggal lagu Billboard top 100 lah. Btw Nokia 808 dan Nokia Lumia 1020 sempat dalam jangka waktu sangat lama (hampir 2 tahun kalau gak salah) bercokol di peringkat 1 dan 2 di daftar mereka. Dan ada zaman di mana ada empat ponsel Nokia di daftar tersebut. (> <)/

  • Farhan M Sabran

    Btw, Tizen bukannya OS Android ya. Mereka membuat OS dari Sourcenya android dan mereka ubah scriptnya o.O

    • Bisa dibilang gitu karena source-nya Linux. Tapi tidak persis juga sih.

    • Kurotsuki Kaitou

      Ngga. Tizen itu full Linux. Bukan berbasis Android yang cuma pakai kernel Linux.

      • Farhan M Sabran

        Ooh, saya baru tau gan. Thanks gan :D

  • ngeliat gambar cover depan artikel ini,
    udah ketahuan penulisnya siapa.

    wkwkwkwk… @Ambrosiana:disqus

  • Rafi M. P.

    Yang pertama mungkin disebabkan oleh peraturan dari Microsoft yang sangat ribet (ini paling utamanya uji kelayakan dan sertifikasi) dan keterbatasan Windows Phone (app gak bisa berkomunikasi dengan apps lain demi security dan apps harus mati setelah 15 menit gak dipakai demi baterai) sendiri. Makanya developer malas menggarap appsnya ke Windows, padahal aturan ini cukup bermanfaat.

    Mungkin Windows 10 menjawab permasalahan ini

  • Muhammad Raihan

    Saya tidak butuh game clash of clans kalaupun dia mau keluar saya akan hanya menunggu nya saya mau nya instagram haru lepas dari nama BETA

    • 6Tag lebih bagus dari Instagram official, IMO.

      • Muhammad Raihan

        Tapi ga bisa pake akunnya instagram mohon pembertahuan yang betul

        • Err.. Maksudnya gimana ya? 6Tag itu ya aplikasi Instagram. Tapi bukan dari Instagram resmi. Agan bisa login akun Instagram Agan di situ. Beberapa kemudahannya antara lain download foto/video serta kirim foto untuk kalangan terbatas saja.

          • Muhammad Raihan

            Daftar apa tekan kalo sudah ada akun. Tolong lebih jelas lagi trima kasih

          • Muhammad Raihan

            Saya bisa. Tapi akun primer nya tidak bisa terpakai bagaimana ya apa tidak apa apa?

          • Kok bisa tidak bisa terpakai? Ditolak masuk? Salah password?

            Itu bukannya tinggal login akun Instagram aja? Kebetulan akun Instagramku cuma satu sih..

          • Muhammad Raihan

            Maksudnya akunnya saya buat dulu yang primer abis itu ganti sama yang akun instagram jadi yang primer

  • Budiです

    Smartphone bukanlah smartphone jika tidak ada Clash of Clan dan BBM.

  • kawaiii… :v

  • Muhammad Raihan

    Oh iya bisa terima kasih ya. Soalnya udah dua kali rusak ig akunnya tapi yang udh bener lagi sebagai tanda terima kasih atas pembertahuannya saya follow nanti akunnya

  • Muhammad Raihan

    Boleh kan difollow

    • Hahaha.. Pasti laah..

  • FSL29
  • 2 B om :v