Home Editorial Beberapa Mitos Keliru yang Sering Dituturkan Tentang Smartphone (Part 2)

Beberapa Mitos Keliru yang Sering Dituturkan Tentang Smartphone (Part 2)

Mitos Keliru Smartphone

Alkisah di Hari Penghakiman, ada tiga orang pemuda yang semestinya masuk neraka, yaitu Adnan, Randy, dan Edo. Karena kasih-Nya, Tuhan memberikan kesempatan lagi kepada mereka bertiga. Tuhan kemudian menanyakan OS smartphone apa yang mereka gunakan. Adnan menjawab dengan bangga, “Apple iOS!” Randy berseru, “Google Android!” sedangkan Edo menjawab lirih, “Windows Phone”. “Baiklah,” kata Tuhan. “Dengan demikian jelas bahwa pemuda pengguna Windows Phone berhak masuk surga.” Ketiga pemuda tersebut terkejut bukan kepalang. Adnan memprotes, “Tapi Tuhan, dengan menggunakan Apple iOS, berarti saya telah memberi makan para musisi yang berjualan lagu di iTunes, dan Developer di App Store! Pahala saya lebih banyak!” Randy juga berseru, “Tuhan, dengan menggunakan Android, saya telah banyak membagikan lagu dan game secara gratis (meskipun mbajak) kepada teman-teman saya. Ini berarti saya banyak menghibur orang! Saya berhak masuk surga!” “Ketahuilah,” kata Tuhan dengan nada penuh kasih, “Pengguna Windows Phone itu lebih banyak menangis, bersabar, dan berdoa ketika notifikasi BBM macet, Path force close, Line tidak diberikan fitur apa-apa, CoC tak kunjung datang ke Windows Phone, terlebih lagi waktu ikut program preview developer atau Insider, ponsel mereka sering hang, install ulang, brick… Jadi, mereka layak masuk surga…”

Oke,itu cuma joke. Pada bagian pertama, Winpoin telah mengungkapkan beberapa mitos keliru tentang smartphone yang mungkin masih sering kamu dengar hingga saat ini. Berikut ini lanjutannya.

 

Baterai ponsel harus ditunggu habis sebelum dicas

Mitos Keliru Smartphone

Banyak yang berpendapat bahwa baterai ponsel harus dibiarkan benar-benar habis sebelum dicas ulang. Jika tidak demikian, maka baterai akan lebih cepat rusak. Benarkah? Faktanya, ini berlaku pada teknologi baterai lama. Dengan baterai Lithium-ion baru, kamu tidak perlu ‘mengeringkan’ baterai sebelum melakukan charging. Kamu bisa menancapkan charger kapan saja tanpa perlu khawatir, bahkan disarankan agar kamu melakukan charging dengan siklus waktu yang reguler. Misalnya, jika kamu biasa melakukan charging pukul 8 malam, maka usahakan kamu melakukan charging di waktu itu secara berkala. Meskipun demikian, hindari juga upaya charging terus menerus tiap kali batere kamu turun ke bawah 80%. Ini akan mengakibatkan siklus yang terlalu sering dan tidak baik untuk durabilitasnya.

 

Kamu hanya boleh menggunakan charger bawaan perangkat

Mitos Keliru Smartphone

Standar smartphone saat ini adalah charging dengan USB Charger. Jadi, selama kamu menggunakan perangkat USB ini, maka tidak masalah jika kamu bertukar dengan charger milik temanmu, selama ini kompatibel dengan smartphone kamu. Jika kepala charger (tempat adaptor berada) mengirimkan terlalu banyak daya, otomatis smartphone kamu akan menyesuaikannya. Jika daya yang dikirim lebih kecil, smartphone kamu cuma akan lebih lambat penuh. Mitos ini berasal dari jenis baterai lama, yang apabila dicas dengan charger yang berbeda memiliki kecenderungan merusak baterai karena ketidakseimbangan daya. Kebanyakan berlaku pada ponsel fitur dan BlackBerry lama. Sedang untuk smartphone modern, ini tidak lagi terjadi. Bahkan iPhone 5 ke atas memiliki software bawaan untuk mendeteksi jika charger yang digunakan tidak sesuai dengannya.

 

Baru beli smartphone harus dicas dulu selama 5-8 jam

Mitos Keliru Smartphone

Ini juga mitos yang berlaku pada ponsel lama. Ini terjadi karena adanya “memory effect” pada baterai generasi lama, yaitu baterai akan “mengira” dirinya belum diisi penuh jika belum melewati batas daya tertentu. Jika kamu baru saja membeli smartphone – tentu saja dengan teknologi baterai Li-ion sekarang, maka kamu hanya perlu melakukan charging sampai penuh, tanpa perlu melebih-lebihkan hingga 5-8 jam. Meskipun demikian, bahaya melakukan ini juga minim, karena teknologi baterai baru akan otomatis menurunkan daya hingga tingkat sangat minimal jika batasan charging telah tercapai.

 

Wajib beli screen protector untuk melindungi smartphone dari goresan

Mitos Keliru Smartphone

Screen protector adalah lapisan plastik tipis yang ditempelkan pada layar smartphone kamu. Maksudnya adalah agar layar smartphone jangan sampai tergores. Namun smartphone generasi baru rata-rata sudah menggunakan layar Gorilla Glass atau minimal scratch resistant. Jadi sebenarnya ini tidak diperlukan. Asal kamu tidak terlalu kasar memperlakukan smartphone, maka tidak akan ada goresan pada smartphone kamu nantinya.

 

Android sering kena virus dan malware lain

Mitos Keliru Smartphone

Mitos ini sangat legendaris. Dinyatakan bahwa Android penuh virus dan malware. Padahal tidak sebegitunya. Memang ada kemungkinan Android terkena virus dan malware, tapi ini hanya berlaku pada Android yang memasang aplikasi di luar Google Play. Bentuk malware yang umum adalah adware dan pencurian informasi pribadi. Namun sebenarnya kamu tidak perlu khawatir informasimu dicuri jika menggunakan Android karena toh Google sudah melakukannya sejak awal mendaftar akun teknologi terbaru Lolipop memungkinkan kamu mengatur izin akses terhadap berbagai aktivitas kamu di Android.

Demikianlah beberapa mitos tentang smartphone yang seringkali salah kaprah. Menggunakan pengetahuan yang salah tentang smartphone dari manufaktur berbeda kadang menimbulkan perdebatan, permusuhan, hingga saling bacok loh. Oleh karena itu marilah kita memeluk perbedaan teknologi dan manufaktur yang berbeda. Saling menerima dan mencintai. Siapa tahu meskipun kamu seorang penggemar Windows, pacar yang kamu cintai tidak bisa berpisah dari iphone kesayangannya. Atau siapa tahu seorang pemilik situs Windows ternama yang kamu kagumi ternyata menggunakan PC berbasis Linux. Cintailah perbedaan itu dan yakinlah bahwa akan datang saat sesuatu yang berbeda itu mencintai kamu!

Baiklah, tes terakhir untuk menghargai perbedaan, perhatikan ponsel pada gambar di bawah ini.

Troll

Jika kamu masih memiliki emosi, merasa kesal, rasa tidak adil, menyaksikan gambar ponsel tersebut. Berarti kamu masih belum bisa menghargai perbedaan OS dan manufaktur. (><)/

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Nur Alibasyah

    Intro yang super sekali om :v

  • kwakwkakw, Gagal fokus untung dh buka puasa -_-“

  • Sigit Wahyu

    Wakaka terselip curhatan. :v

  • Dante Niro

    ya ALLAH …si admin bisa nglawak juga …hahahaa..betul min waktu BBM masih macet,…dan beberapa aplikasi beta lainnya membuat pikiran menjadi amburadull…,//

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Pertama, banyak yang percaya mitosnya “habis total baru ngecharge”.. beberapa kali ane nyampaikan ini.. eh teman ane malah ngotot .. hampir berujung adu jotos… yang paling percaya mitos ini ya para kaum perempuan..

    Nah… buat Screen Protector.. walaupun pake Gorilla Glass.. pun pake itu biar jadi Pelapis anti lecet..

    Nah… yang hanya boleh ngecharge make perangkat bawaan.. sudah menjadi keuntungan bagi penjual hp suatu merek.. kapan charger rusak.. dan akhirnya tanpa sadari.. kita beli lagi charger dengan merek dan sama dan tentunya ori / tani ya sikat.. yang merekannya sama..

    Android paling banyak kena serangan malware ada benarnya berdasarkan statistik dari para responden suatu organisasi survey.. kadang para geeks juga menggunakan statistik ini menjadi pertimbangan ketika ingin membeli Smartphone kedepannya…. yang paling parah iklannya ya BlackBerry.. muncul pop-up iklan baru gak bisa keluar dan “memaksa main acceptin”

    Autofocus enabled…. itu mau lihat hp apa “belahan”???

    • Ida enggak patuh hipnotisku untuk fokus pada HP… (> <)/

      Salah siapa coba…

      • Ida Bagus Anom Sanjaya

        ya salah TS..
        Kalo dilihat pengunjung asal sumatra yang sekarang lagi nunggu buka puasa… (dah buka sekarang (18.27) di kota Bandar Lampung)

        Om Jazz juga kena..
        Bagaimana.. tangkis om, tangkis

  • zainzacky

    emng ksabaran luar biasa.. Pa lagi saat lumia windows 7 dlu..blutut gk bsa.internt lelt dowlod susah n so on..tp kini oke lah n gk sia sia berraltahan d windows phone selama bertahun tahun….

  • Labib Muhammad

    Mari kita do’akan dia agar di-friendzone-in :v

  • Labib Muhammad

    Mitos nya masih banyak sebenarnya. Bisa ada part 3 ini. Seperti:
    1. Gorilla glass tahan segalanya
    2. Aplikasi pengawet baterai di Android dapat mengawetkan baterai
    3. Windows Phone punyanya kaum minoritas (memang sih, tapi salah satu negara timur tengah ada yang jadi mayoritas)
    4. Update aplikasi membuat memori penuh (yang ini setengah benar, setengah salah)
    Dan lain sebagainya :D

  • YanDhika

    Namun sebenarnya kamu tidak perlu khawatir informasimu dicuri jika menggunakan Android karena toh Google sudah melakukannya sejak awal mendaftar akun

    pppft :v

    ulalala

    pasti “Izinkangoogle menggunakan lokasi anda?” kan :v ?

    • membasmi pencuri informasi tapi dirinya sendiri mencuri informasi :D wkwkwk

      • YanDhika

        Google itu
        RAJANYA search engine DENGAN IKLAN bejibun
        Tukang tracking via google analytic
        Android? apps mereka itu ibarat benalu :v mejeng doang tapi kagak dipakai mayoritas user :v

        • lebih banyak apps tidak berguna daripada yang berguna :D

          • Creeper

            Betul tuhh , kebanyakan junk/useless appnya

        • Ida Bagus Anom Sanjaya

          saking gak guna mau dihapus gak bisa.. terpaksa root .. garansi .. hangus

        • Randy surya

          wp lebih buruk :( aplikasi dikit tapi kebanyakan ga berguna kalopun ada yg berguna pasti banyak bug hahaha
          bbm muter muter stuk :p instagram beta path apalagi

          eh iya app facebook di wp ada yg make ga ? kayanya sih gak . palingan buka facebook make IE / ucbrowser terus app fbnya dikemanain? hahaha miris

          • YanDhika

            say what :v ? masih mending dikit daripada hijau :v ? virus, bloatware, crack di mana mana :v kebanyakan USELESS apps :v

          • Randy surya

            “virus, bloatware, crack di mana mana :v”

            ya itu karna yg make banyak sama kaya os windows desktop virusmalware etc ada gimana cara ngatasin nya ? ya pake antivirus atau spyware

            ya android tinggal pake antivirus juga lah

            Android L udah pake SeLINUX ko

            iyalah os wp gaada virus, bloatware, /crack

            lah yg make aja ga sebanyak ios/android

          • YanDhika

            bahas smartphone cuk :v gudangnya virus di smartphone :v ? alah bisanya ngeles kan? bisanya cuma ngalihin pembicaraan :P

          • YanDhika

            yah baguslah WP nggak ada virusnya, jauh gih sana :v mantapin grogotin itu laggy droid :v WP aman jaya

          • Randy surya

            gw tau ko lo pengen ada coc di wp terus game game line ky lets get rich dll pengen ada di wp juga kan

            ya gw tau ko lo sebenernya pgn pake ninggalin wp

            kalo lu pengen nyari android tapi nyari yg murah
            mending beli pas flashsale di lazada deh :)

          • YanDhika

            game game itu apa bisa bikin kamu produktif? game lag droid hanya untuk orang yang malas bekerja :v

          • Randy surya

            yeee vvibusug otakudang
            app produktif juga ada di android kalee

          • Ida Bagus Anom Sanjaya

            biar ada app produktif di Andro.. tapi paten bosnya kata lo vvibusug (microsoft).. mau kemana in?

          • YanDhika

            coba deh, apps yang dari google aja, ada berapa yang produktif? di laggy droid itu kebanyakan aplikasi pihak ketiga, apps google? KAGAK ADA YANG PAKE :v lah WP? bawaannya kepake semua… :v dah jangan kemari lagi, ke kaskuas aja sana, atau kau nggak suka dibully di forum laggy droid, pencari sensasi kah dirimu :v ? kesepian di dunia nyata ya ? ck ck ck

          • Randy surya

            yeee wibusug dan otakudang

            kalo di android kan app banyak pilihan nya :P

            yaiyalah app buatan microsoft di wp pasti kepake semua

            orang gaada app lain developer lain juga males ngembangin app di wp

            sekalinya ada juga males di update contohnya ya instagram :P

          • YanDhika

            lazada? yang kemarin beli ipon dapet sabun itu ?

          • Ida Bagus Anom Sanjaya

            sabun waifuu

          • YanDhika

            ini bahas smartphone atau pc? bentar :v BERANI TARUHAN berapa pc kau itu nggak pakai windows :v ?

          • Ida Bagus Anom Sanjaya

            “ya android tinggal pake antivirus juga lah

            Android L udah pake SeLINUX ko” nah bagaimana nanti anumu kena colongan data dari orang lain & kena malware penyandra data?? apakah antivirus saja cukup?? belum lagi malware pencuri pulsa .. apa lagi penyadapan..

            Tangkis..!

          • YanDhika

            BBM sudah tidak beta lagi :v otak situ mungkin yang diem di situ aja saking sibuknya hina OS orang :v OS gretongan aja bangganya selangit :v

          • YanDhika

            BB udah nggak beta lagi, otak situ kali yang diam di tempat nggak ngikut perkembangan OS di saat kau cuma BISA BACOT BUKAN PADA TEMPATNYA :v kesepian kah :v ? robot hijau kau nggak kau mainin :v ? bosan ya pppft :v

    • Randy surya

      nih orang pasti bego

      • YanDhika

        begonya di mana ya? kamu baca artikel nggak?
        yang tertulis
        “Namun sebenarnya kamu tidak perlu khawatir informasimu dicuri jika
        menggunakan Android karena toh Google sudah melakukannya sejak awal
        mendaftar akun” itu tulisan ada di artikeldi atas, apa salah aku mengutip tulisan itu?

        untuk menanggapi kutipan itu aku kemudian menulis

        “Izinkan google menggunakan lokasi anda?”

        yang membuktikan google menempatkan tracking atau pelacakan yang juga menunjukan pengumpuklan data statistikpenggunaan yang sebenarnya sama saja dengan mencuri data pengguna, paham sampai sana COEG ??

        • Randy surya

          dasar bego gunanya acces location ya buat pake fitur android device manager jadi bisa tau dimana hpnya terus juga mau gunain google maps biar tau lokasinya dimana aduh ketauan bego

          temen temen lo pada malu ga mau ikut komentar disini karna apa ? ya karna kebodohan loe

          • YanDhika

            pppft fiturnya cuma segitu atau cuma sebagai SPY :v ? hari gini masih jaman ya dimata matain nggak jelas :v ?

          • YanDhika

            masih jaman kah diintai via lokasi dengan embel embel “fitur android device manager jadi bisa tau dimana hpnya terus juga mau gunain google maps biar tau lokasinya dimana” ? hadeeh korban google beginilah :v

      • YanDhika

        kloningan randy sugandroid ya? si sales tabung ijo itu :v ?
        nggak terima google dihina? melekin itu mata dan lihat kenyataan yang ada

  • memang pengguna WP dilanda banyak cobaan,tetapi semga tetap sabar :D

  • ZAY

    _-_ fokus ke hp ayo fokus ke hp hp hp hp hp hp …..

    magnet atau apa ini :v

    • Creeper

      Aku gak bisa fokus ke hp nya :v , dan ane gk mau beli a**a buat perbaiki fokus ane :v

  • Creeper

    Intronya luar biasa (y) , kesimpulannya dari intro tsb. -> orang sabar pasti disayang tuhan :)

  • yocktan

    Tapi jujur aku bingung pas temenku ngebet nyariin 6tag di App Store. Lebih lucu lagi, Droid temenku bisa instal Windows Phone supaya tahan virus.
    Ah, dunia teknologi memang kejam buatku yg cuma user Windows.

  • Creeper

    Kuatkan ane untuk gambar yg terakhir , dan ane gk bisa fokus utk itu :v

  • Sebenarnya gak bisa 100% Hujat Android – Google juga sih
    Secara benar yg dikatakan mas Kiki, kebanyakan Junk apps itu pihak ke tiga mereka, tapi apa cuman Android saja yang begitu?, Windows Phone pun juga pernah begitu.

    Dan ‘Jika’ App-app mereka Junk/Unless/Gak guna, kenapa banyak manufactur terkenal macam Samsung yang keluarin S6/Edge. percaya buat embedded Android di Hardware mereka?

    So, menurutku jangan terlalu fanatik hingga hujat “Kiri-kanan”, karena belum tentu kenyataanya begitu.

  • Resaldi Ramadhan Putra

    Haha bener tuh gan. :3
    Ya namanya juga mitos, jangan dipercaya, karena dia ditaburi biji wijen. :v

  • Muhamad Farhan Abi Karami

    Awalnya bikin ngakak akhirnya bikin gabisa fokus sama yang di lingkarin hmmm om kiki :v

  • arfunk

    min bikin juga artikel tentang prosesor arm, ram sama gpu dong, trus dibahas juga masalah jumlah prosesor, kadang suka heran sama yang bilang makin banyak jumlah core brati performa makin kenceng. kaya kasusnya lumia 535 itu. trus masalah ram smartphone. trus kaya kasus gpu, misal adreno 225 banyak yang banyak yang beranggapan klo dari segi performa sama fitur masih kalah dibanding adreno 305, sama yang terakhir masalah RAM, mungkin bisa dijelasin juga apa itu memory technology, trus perbedaan ram single channel ma dual channel di smartphone. gitu aja sih makasih :D

    • Labib Muhammad

      Yup, wajib yang ini. Tapi, mungkin aku bisa bantu jawab :v
      1. Untuk core, bukan berarti semakin banyak core semakin cepet, karena suatu software tidak selalu memakai banyak core. Ini pernah dijelasin sama Winpoin, sih. Tapi kalau benchmark sebagai patokan kecepatan, semakin banyak core tetap salah. Contohnya Mi4 dengan 4-Cores memiliki 44.xxx sedangkan Huawei P6 8-Cores hanya 41.xxx
      2. Ya, Adreno 225 masih kalah performa dengan 305. Cara termudahnya lihat melalui angkanya, semakin banyak semakin baik. CMIIW
      3. Yang ini tanya Admin aja, gak begitu paham

    • Terima kasih atas usulannya. Coba nanti diupayakan oleh teman-teman Winpoin.

  • Reowijaya

    Salah fokus gambar ilustrasi :p

  • Whyu Wa

    gk adil

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      “belahan” apaan tu mas??

      • Whyu Wa

        belahan *&^%$#%@^@^^@ ahahha

  • Whyu Wa

    klo yg randy itu kisah nyata ya om,,randy sugandroid wkwkwk

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      bener..

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Weh tanpa sadar.. teman ane ada kembarannya.. :v

  • Lumia Store *Redi*

    Part 1 nya mana ya?? Link pliss..

    • Ada 3 cara untuk membuka bagian pertama:

      1. Klik kalimat: “Pada bagian sebelumnya, Winpoin telah menjelaskan…”
      2. Klik judul artikel di bagian: “Baca juga” tepat di atas kolom komentar ini.
      3. Klik “Home” dan klik “Beberapa mitos keliru yang sering dituturkan tentang smartphone” dengan foto Acchan manis yang serupa dengan artikel ini.

      Bonus:
      Bisa juga dengan klik tautan ini: http://winpoin.com/beberapa-mitos-keliru-yang-sering-dituturkan-tentang-smartphone-1/

      (-_-)/

      • Lumia Store *Redi*

        -.-“

  • IMIEN COVER BOY

    Yg bikin iri foto terahir…

    • Imin belum bisa menerima perbedaan OS dan manufaktur di antara kita berarti… (> <)/

      • IMIEN COVER BOY

        Wkwkwkw,,,om kiki di build 10149,,knapa gx bisa coment di winpoin pake icon smile yg ada di kyboard yach,,kalu di klik pasti gx muncul icon smile nya…

  • mbah gamblang

    itu kenapa randy sugandroid dibawa bawa, hahahaha

    • Labib Muhammad

      Efek kangen. Padahal namaku juga boleh dipake, tapi masih kalah pamor sama mas Randy

      • sabar mas, coba komen yg pedas pedas tentang windows disini, pasti terkenal lama-lama :v

  • IMIEN COVER BOY

    Haduhhhh,,,capek deh….

  • Penghemat baterai di Android tuh, itu perlu diangkat :D

  • Budiです

    Masih penanti smartphone Windows Mobile tipe flip yang menarik, kebanyakan nonton dorama jadi minat hape jenis beginian.

  • gambar terakhir itu lho…
    bikin iri… :v

  • Randy surya

    ciee penulisnya ngehapus komentar gw ketauan sebenernya pgn pindah ke andro/ios

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      coba tulis ulang.. ane mau tau..

  • Muhammad Zaidan

    Eaa Lumia 535 layarnya langsung ngaco kalo ga pake charger ori :v