Pemutar video alternatif

Winpoin sering menerima pertanyaan dari teman-teman yang hobi menonton anime, “Bagaimana caranya memutar anime di Windows Phone?” Seperti yang kita ketahui, video app default atau yang popular dengan Xbox video, tidak dapat memutar file dengan ekstensi .mkv. Ini menimbulkan kesedihan tersendiri bagi teman-teman Winpoin yang hobi menonton film atau anime, karena format umum yang sekarang banyak digunakan adalah mkv. Ini karena format tersebut memiliki kompresi yang pas sehingga data yang dihasilkan relative kecil, namun tidak mengurangi kualitas video dan audio terlalu besar.

Sedikit bocoran, Windows 10 merencanakan bahwa nantinya aplikasi video default Windows Phone akan dapat memutar segala jenis file, termasuk mkv. Namun, tentu saja banyak yang tidak sabar menunggu datangnya Windows 10 dan pemutar video defaultnya. Nah, untuk kamu yang tidak sabar menunggu, berikut ini beberapa aplikasi alternatif yang dapat digunakan untuk memutar file mkv.

 

Metro Video Player

Pemutar video alternatifPemutar video alternatif

Metro Video Player adalah salah satu opsi untuk memutar file .mkv. Pemutar video ini berbayar sebesar USD 0.99 atau Rp 12.000 dengan opsi trial. Untuk melakukan trial, kamu bebas memutar video apa saja, asalkan tidak melebihi 20 menit. Jika kamu melebihi menit ke-20 di file video kamu, maka secara otomatis akan keluar kotak dialog yang menawarkan untuk membeli aplikasi ini.

Pemutar video alternatif

Pada dasarnya, aplikasi ini langsung membaca video yang tersimpan di folder Video milik kamu, baik di Internal Storage, maupun SD Card. Namun jika kamu menginginkannya membaca file di folder lain, maka kamu dapat menambahkannya dengan swipe ke kiri sampai menemukan opsi “Folder”. Di situ kamu dapat mengetuk ikon tambah (+), lalu menambahkan folder yang kamu inginkan. Maka isi folder tersebut nantinya akan ditampilkan ke “Collection” yang merupakan layar utama.

Pemutar video alternatif

Secara umum, hasil memutar video mkv dengan menggunakan Metro Video Player cukup baik. Hasilnya cukup jernih dan halus.

Pemutar video alternatif

Sayangnya, ada sedikit bug, sehingga pada beberapa video yang memiliki hardsub, subtitle yang keluar diikuti dengan kode seperti “348,0,default” dan sebagainya. Ini tentu saja mengganggu kenyamanan untuk menonton. Akan tetapi di luar itu, aplikasi ini cukup menarik untuk dipertimbangkan.

 

CC Player

Pemutar video alternatifPemutar video alternatif

CC Player adalah salah satu opsi terbaik untuk memutar video mkv. Pemutar video ini sebenarnya gratis dengan tampilan iklan di aplikasi. Jika kamu ingin menghapus iklan, kamu dapat membeli CC Player Pro seharga USD 0.99 atau Rp 12.000.

Tidak seperti pemutar video umumnya, kamu perlu menambahkan terlebih dahulu di layar utama CC Player, folder tempat kamu menyimpan video. Jika video tersebut disimpan di beberapa folder, maka kamu perlu menambahkannya satu per satu.

Pemutar video alternatif

Hasil pemutaran video mkv dengan CC Player sangat halus, dengan font yang cukup besar untuk sub. Saya tidak menemukan masalah berarti pada saat memutar video dengan CC Player. Karena fitur yang dimilikinya hanya sebagai pemutar video, maka aplikasi ini cukup ringan, menjadikannya cukup saya rekomendasikan untuk teman-teman semua gunakan bila ingin menonton video mkv.

 

Moliplayer

Pemutar video alternatifPemutar video alternatif

Jika tidak keberatan mengeluarkan dana, Moliplayer disebut-sebut sebagai pemutar video terbaik di Windows Phone. Bukan saja dapat memutar video, aplikasi ini juga dapat memutar music, video yang ada di dekat perangkat, serta juga menonton video secara streaming melalui Web. Fiturnya cukup lengkap. Lagipula aplikasi ini dengan mudah membaca koleksi video kita, di manapun kita meletakkan video tersebut, sehingga tidak perlu susah payah untuk mencari videonya.

Harganya menjadikan kita merogoh kocek agak dalam, yaitu USD 2.99 atau Rp 37.200. Cukup mahal jika isi kantong rada pas-pasan.

Pemutar video alternatif

Video mkv yang diputar di Moliplayer lancar sekali diputar, halus, dan nyaris tanpa lag. Hanya saja saya menemukan bug minor, di mana kadang sub menjadi sedikit kacau atau tidak dimuat sempurna, terutama ketika saya mengubah posisi bar maju atau mundur ketika memutar video. Bila sub stuck pada kalimat tertentu, kita harus menutup video dulu, lalu membukanya kembali untuk memperbaikinya. Namun selebihnya, dengan banyaknya fitur yang dimiliki, termasuk menonton secara streaming dan mentransfer video lewat Wi-Fi, memang Moliplayer layak diunggulkan sebagai pemutar video terbaik.

 

Tambahan

Sebenarnya VLC Player juga menjanjikan untuk dapat memutar video mkv. Tapi aplikasi ini masih memerlukan perbaikan dan menurut saya masih kurang stabil. Saat membuka kadang agak berat, lalu terkadang mengalami force close ketika tengah memutar video. Itulah kenapa saya tidak merekomendasikan untuk menggunakan aplikasi ini. Mungkin bila telah sempurna, ini merupakan salah satu killer app yang layak diperhitungkan karena selain dapat memutar video, aplikasi ini juga bisa memutar musik, terlebih lagi GRATIS!

 

Tambahan Lagi

Oke, saya dengar suara di barisan belakang, ini kenapa kok sampel yang ditampilkan didominasi anime Hibike! Euphonium? Jawabannya adalah…

Reina uses Windows

Karena Kousaka Reina yang cantik manis mempesona walaupun sedikit aneh itu pengguna Windows Phone [Catatan: Sumber informasi dari analisis yang diposting di Reddit].

Yayaya… Saya tahu reaksi kamu yang belum pernah dengar fakta ini.

Shocking Truth

Ada usulan lain untuk aplikasi pemutar video alternatif yang dapat digunakan untuk file mkv? Sampaikan di kolom komentar di bawah ini.

  Fitur macOS di Windows  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.