Home Apps Alternatif Pemutar Video untuk File MKV di Windows Phone

Alternatif Pemutar Video untuk File MKV di Windows Phone

Pemutar video alternatif

Winpoin sering menerima pertanyaan dari teman-teman yang hobi menonton anime, “Bagaimana caranya memutar anime di Windows Phone?” Seperti yang kita ketahui, video app default atau yang popular dengan Xbox video, tidak dapat memutar file dengan ekstensi .mkv. Ini menimbulkan kesedihan tersendiri bagi teman-teman Winpoin yang hobi menonton film atau anime, karena format umum yang sekarang banyak digunakan adalah mkv. Ini karena format tersebut memiliki kompresi yang pas sehingga data yang dihasilkan relative kecil, namun tidak mengurangi kualitas video dan audio terlalu besar.

Sedikit bocoran, Windows 10 merencanakan bahwa nantinya aplikasi video default Windows Phone akan dapat memutar segala jenis file, termasuk mkv. Namun, tentu saja banyak yang tidak sabar menunggu datangnya Windows 10 dan pemutar video defaultnya. Nah, untuk kamu yang tidak sabar menunggu, berikut ini beberapa aplikasi alternatif yang dapat digunakan untuk memutar file mkv.

 

Metro Video Player

Pemutar video alternatifPemutar video alternatif

Metro Video Player adalah salah satu opsi untuk memutar file .mkv. Pemutar video ini berbayar sebesar USD 0.99 atau Rp 12.000 dengan opsi trial. Untuk melakukan trial, kamu bebas memutar video apa saja, asalkan tidak melebihi 20 menit. Jika kamu melebihi menit ke-20 di file video kamu, maka secara otomatis akan keluar kotak dialog yang menawarkan untuk membeli aplikasi ini.

Pemutar video alternatif

Pada dasarnya, aplikasi ini langsung membaca video yang tersimpan di folder Video milik kamu, baik di Internal Storage, maupun SD Card. Namun jika kamu menginginkannya membaca file di folder lain, maka kamu dapat menambahkannya dengan swipe ke kiri sampai menemukan opsi “Folder”. Di situ kamu dapat mengetuk ikon tambah (+), lalu menambahkan folder yang kamu inginkan. Maka isi folder tersebut nantinya akan ditampilkan ke “Collection” yang merupakan layar utama.

Pemutar video alternatif

Secara umum, hasil memutar video mkv dengan menggunakan Metro Video Player cukup baik. Hasilnya cukup jernih dan halus.

Pemutar video alternatif

Sayangnya, ada sedikit bug, sehingga pada beberapa video yang memiliki hardsub, subtitle yang keluar diikuti dengan kode seperti “348,0,default” dan sebagainya. Ini tentu saja mengganggu kenyamanan untuk menonton. Akan tetapi di luar itu, aplikasi ini cukup menarik untuk dipertimbangkan.

 

CC Player

Pemutar video alternatifPemutar video alternatif

CC Player adalah salah satu opsi terbaik untuk memutar video mkv. Pemutar video ini sebenarnya gratis dengan tampilan iklan di aplikasi. Jika kamu ingin menghapus iklan, kamu dapat membeli CC Player Pro seharga USD 0.99 atau Rp 12.000.

Tidak seperti pemutar video umumnya, kamu perlu menambahkan terlebih dahulu di layar utama CC Player, folder tempat kamu menyimpan video. Jika video tersebut disimpan di beberapa folder, maka kamu perlu menambahkannya satu per satu.

Pemutar video alternatif

Hasil pemutaran video mkv dengan CC Player sangat halus, dengan font yang cukup besar untuk sub. Saya tidak menemukan masalah berarti pada saat memutar video dengan CC Player. Karena fitur yang dimilikinya hanya sebagai pemutar video, maka aplikasi ini cukup ringan, menjadikannya cukup saya rekomendasikan untuk teman-teman semua gunakan bila ingin menonton video mkv.

 

Moliplayer

Pemutar video alternatifPemutar video alternatif

Jika tidak keberatan mengeluarkan dana, Moliplayer disebut-sebut sebagai pemutar video terbaik di Windows Phone. Bukan saja dapat memutar video, aplikasi ini juga dapat memutar music, video yang ada di dekat perangkat, serta juga menonton video secara streaming melalui Web. Fiturnya cukup lengkap. Lagipula aplikasi ini dengan mudah membaca koleksi video kita, di manapun kita meletakkan video tersebut, sehingga tidak perlu susah payah untuk mencari videonya.

Harganya menjadikan kita merogoh kocek agak dalam, yaitu USD 2.99 atau Rp 37.200. Cukup mahal jika isi kantong rada pas-pasan.

Pemutar video alternatif

Video mkv yang diputar di Moliplayer lancar sekali diputar, halus, dan nyaris tanpa lag. Hanya saja saya menemukan bug minor, di mana kadang sub menjadi sedikit kacau atau tidak dimuat sempurna, terutama ketika saya mengubah posisi bar maju atau mundur ketika memutar video. Bila sub stuck pada kalimat tertentu, kita harus menutup video dulu, lalu membukanya kembali untuk memperbaikinya. Namun selebihnya, dengan banyaknya fitur yang dimiliki, termasuk menonton secara streaming dan mentransfer video lewat Wi-Fi, memang Moliplayer layak diunggulkan sebagai pemutar video terbaik.

 

Tambahan

Sebenarnya VLC Player juga menjanjikan untuk dapat memutar video mkv. Tapi aplikasi ini masih memerlukan perbaikan dan menurut saya masih kurang stabil. Saat membuka kadang agak berat, lalu terkadang mengalami force close ketika tengah memutar video. Itulah kenapa saya tidak merekomendasikan untuk menggunakan aplikasi ini. Mungkin bila telah sempurna, ini merupakan salah satu killer app yang layak diperhitungkan karena selain dapat memutar video, aplikasi ini juga bisa memutar musik, terlebih lagi GRATIS!

 

Tambahan Lagi

Oke, saya dengar suara di barisan belakang, ini kenapa kok sampel yang ditampilkan didominasi anime Hibike! Euphonium? Jawabannya adalah…

Reina uses Windows

Karena Kousaka Reina yang cantik manis mempesona walaupun sedikit aneh itu pengguna Windows Phone [Catatan: Sumber informasi dari analisis yang diposting di Reddit].

Yayaya… Saya tahu reaksi kamu yang belum pernah dengar fakta ini.

Shocking Truth

Ada usulan lain untuk aplikasi pemutar video alternatif yang dapat digunakan untuk file mkv? Sampaikan di kolom komentar di bawah ini.

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • JK

    ane pake moliplayer pro. Habis duit 37 ribuan gak apa2, yang penting aplikasi tsb sering dipake dan memuaskan. Lagian juga sekali beli buat dipake selamanya.

    • Andrie Anugrah

      Ya kalo MX Player Pro ane pake di Android Bokap ane :v, kalo di Windows Phone ane pake CC Player Free tapi udah Puas bisa buka MKV 720P

  • YanDhika

    Oregairu
    Hibike Euphonium
    Hitsugi no Chaika

    :v ~~~~
    aku lebih suka Asuka deh ketimbang si Reina :v itu anime ada YURI TERSELUBUNGnya :v

    NB: art dari perusahaan animasi yang satu ini selalu bermasalah. yap, Kyoto Animation, dulu heboh dengan art mata dan dagu yang serupa di beberapa anime seperti Hyouka dan Tamako Market. sekarang hal itu terulang lagi, dan berbalik menyerang char cowok (anime Hibike Euphonium dengan Free! yang rilis lebih dulu ketimbang Hibike)…

    entah kapan perusahaan animasi itu mau kreatif dikit

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      Keluar ero modenya.. LOL

      • Ero mode? Gak ada ero mode di sini kok! (> <)/

        • Ida Bagus Anom Sanjaya

          Lha??

        • YanDhika

          ERO MODE = mode ngeres super

    • Chara design itu masalah di banyak rumah produksi. Cek seluruh daftar anime keluaran P.A Works sebagai contoh kalo nggak percaya. (> <)/

      Mungkin KyoAni satu-satunya rumah produksi paling konsisten dalam kualitas (bahkan cenderung terus menanjak). FYI, biaya satu episode Hibikek itu setara lima-enam episode produksi studio lain. Musim ini bener-bener bakar uang mereka.

      Yuri terselubung? Gak ada yuri terselubung… Gak ada! Gak ada!…

      • Ida Bagus Anom Sanjaya

        Jangan digituin @yandhika25:disqus .. dia emang masternya..

      • YanDhika

        ada :v pas Kousaka deket banget, itu yang di tulisan di artikel, Yuri terselubung banget tuh :v

      • YanDhika

        yang aku suka di sana cuma Asuka :D
        kalau char cowoknya, Taki-sensei, Gotou-kun dan yang pegang trombon (apalah itu) yang deket sama Kimiko :D

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Weh rame nanti.. H & E lovers… siap nonton.. BTW VLC Player ada juga versi Metro di Windows Store (PC) banyak bug.. gila..

  • Fernando Sidjabat

    Mkv player juga bagus. Waktu itu ane masang masih gratis. Pas ane inull udah jadi berbayar. Nyesel juga, padahal itu yg menurut ane paling bagus, karna simple dan ga ngeleg.

  • Budiです

    CCPLayer ane pake buat nonton anime 480p 10bit malah ngga ada videonya sama sekali :

  • Hananto Aditya Dewantara

    Otaku terdeteksi…

  • Ronal

    Di windows 10 build 10149 udah bisa muter format mkv nih. Udah saya coba ternyata bisa. Klo yg masih wp8.1 saya anjurkan pake aplikasi Omni Mplayer aja download di store,muternya bagus ga putus2 kaya di vlc. Thanks..

    Lumia 535.

    • Afthon

      review windows 10 yg build terbaru dong gan, ane juga pengguna lumia l53, mau up ke win 10

      • Ronal

        Di win 10 build 10149 masih ada bugnya,banyak aplikasi yg berjalan ga sbgai mestinya.emang sih banyak sesuatu yg baru.. Tp klo penasaran blh2 aja. Download aja dulu windows insider,nti pasbuka halaman pertama pilih login yg tulisan paling bawah.klo udah beres log in kembali ke app win insider trus klik preview build n ikutin aja.

        Tp anjuran dari saya mnding nunggu yg versi finalnya,soalnya ada beberapa bug yg bikin repot nih.

        Lumia535

    • Amirul Akbar

      Mutar format mkv resolusi berapa? Aku pernah coba yang 480p bisa sedangkan 720p gambarnya patah patah di lumia 535

      • Ronal

        Kurang tau nih.. Tp aq coba muter film fast 7yg kurang jernih n saint saiya yg gambarnya jernih bgt lancar2 aja gan..

  • Nurcahya

    HE ceritanya ane kaga ngarti :v
    tapi mas kiki demen :v

    • Rata-rata tontonanku yang moe moe. Jarang nonton anime shounen dan meka malahan.

      • Nurcahya

        moe ya?
        K-On :3
        Hyperdimension Neptunia moe semua tuh, apalahi si Blanc

  • Nunu Ahmad Nugraha

    Ya ampun ngakak -.- Yahari nya Hibike + Chaika , penulisan artikelnya keren (y) wkwk “Aku ingin sesuatu yang …. Nyata.”

  • ZAY

    sudah ku duga -_- mas kiki yang posting :v

  • awan

    mau moliplayer gratis ,,pindah ke region china ,emang si yg gratis ada beberapa fitur yg disunat ,tpi itu bkan fitur yg penting2 amat kok

  • Ahmad Rifqi

    Ternyata kerjaannya Kiki lagi :v

  • Ahmad Rifqi

    Ternyata kerjaannya si Kiki :v

    entah kenapa kalau yang buat artikel si mas kiki di campur² image animu saya baca berita/artikel nya semangat sekali :v

    • Makasiiiii….
      Daku akan selalu berusaha menjadikan teman-teman Winpoin betah di sini…
      (> <)/

  • Adnan Zaki

    Ane pake cc player lumayan puas. Wlwpun sampe skrg gatau knpa di 730 ane gabisa nampilin subtitle kecuali yg hardsub (ya iyalah), blm bayar buat ilangin iklan krn yg penting buat ane tu iklan ga muncul pas lg nyetel video. Tp kalo dr pemutarnya si udh powerful lah trmsknya, ane hajar video full hd gada lag sama sekali. Mantaappp.

    • Andrie Anugrah

      Dipake 1080p gak lag kan CCPlayer?

      • Adnan Zaki

        Ngga, ane lancaaar.

        • Andrie Anugrah

          Oke dah nanti tak masukin movie 1080p wkwk

  • Zahid Fakhruddin

    modelnya diganti Erina-sama dari shokugeki no soma aja mas kiki :D

  • Mayza MyZone

    Sebenarnya wp 8.1 update 2 sudah bisa putar file mkv dari xbox video…. Tapi kalo belum dapat update 2,bisa make apps yg diberikan pak kiki diatas.., VLC juga reccomended untuk file mkv

  • dari hachiman nangis ke hibike lalu ditutup oleh chaika, membuat para pembaca semangat sekali :D , artikel berisi muatan japanese memang salah satu ciri khas om kiki, lanjut terus om :D

  • Woogh, jangan salah… Oregairu itu animu detektif.
    Kode-kodeannya bahkan susah dipecahkan Sinichi Kudo sekalipun… (> <)/

  • (0 0)/

  • Eryo Budianto

    Kurekomendasikan Flv player, selama saya memakai aplikasi ini saya jarang mengalami masalah bug atau sebagainya,kelemahan aplikasi ini cuma subtitlenya yang kadang memunculkan kode dialogue,src dan sebagainya selain itu untuk L 520 saya untuk pemutaran MKV sedikit kaku di video codec H264 High10 L4.0 keatas, di bawahnya video ya lancar,untuk pemutaran subtitle aplikasi ini masih manual

    Selain itu kelebihan aplikasi ini suport semua video codec, audio codec dan subtitle
    Dulu aplikasi ini gratis
    Tapi sekarang semenjak aplikasi ini di update aplikasi ini menjadi aplikasi berbayar [Rp18.500]

  • Susanto

    njir adminnya reina fags :v

  • Early Access

    MX player juga bisa kok!!!
    gratis lagi!!!

  • Pakai app video navigator pro lancar jaya bro