Microsoft telah merilis Preview dari Microsoft Launcher versi 6.0, Aplikasi ini dibangun dengan codebase baru, sehingga memungkinkan pengujian fitur baru seperti Mode Landscape dan Dark Theme yang dirubah tanpa harus mempengaruhi pengguna pada versi yang lebih stabil.

Ya intinya adalah, aplikasi untuk saat ini akan lebih berfokus pada umpan balik yang diperoleh dari penggunaan berbagai fitur berbeda. Selain itu nih, denger kabar juga, bahwa Microsoft Launcher 6.0 ini juga akan menjadi Default Launcher dari Surface Duo, perangkat Android Microsoft berlayar ganda.

Berhubung saya gak punya perangkat Android Dual Screen, berikut saya rangkum hal baru apa saja, dan bagaimana rasanya menggunakan Microsoft Launcher 6.0 Preview di Nokia 6.1 Plus dengan Android 10.

#Fitur Baru

Ada beberapa fitur baru yang hadir pada versi ini, dan diantaranya adalah sebagai berikut:

1#. Mode Landscape.

Perubahan yang paling terasa saat ini adalah Mode Landscape, dimana jika kita mengaktifkan fitur auto rotate di Android, ketika kita memiringkan perangkat, otomatis tampilan launcher mengikuti dan akan masuk kedalam Mode Landscape.

2#. Dark Theme.

Dark Theme yang diberikan, tampak mirip dengan gaya Dark Mode Windows 10.

Selain itu baik menggunakan Dark Mode atau Light Mode, pada Glance Screen, kini akan menunjukan Icon Profile kamu pada bagian atas layar.

#Pengalaman Pemakaian

Selama kurang lebih 8 jam saya mencoba Microsoft Launcher 6.0 Preview ini, pengalaman yang diberikan kurang lebih sama dengan generasi Microsoft Launcher sebelumnya, hanya saja memang perubahan pada beberapa bagian seperti penyempurnaan Light dan Dark Mode, serta penambahan fitur Mode Landscape adalah salah satu yang saya suka.

Selain itu meskipun saat ini masih berstatus Preview, tidak ada masalah performa yang dirasakan, seperti lag, dan lainnya.

#Masalah

Dalam percobaan ini, saya menggunakan Nokia 6.1 Plus dengan OS Android 10, ada beberapa hal yang kurang saya suka dalam masalah kompatibilitas Microsoft Launcher 6.0 Preview dengan perangkat ini. Diantaranya adalah:

1#. Gesture Navigasi Ala Android 10 Tidak Bisa Digunakan

Saya sudah terbiasa dengan Gesture Navigasi Baru ala Android 10, namun untuk perangkat Nokia 6.1 Plus, hampir sebagian Launcher Third Party tidak bisa menggunakan Gesture Navigas Baru ini. Setelah Launcher terpasang, system akan memaksa pengguna untuk menggunakan Navigasi Klasik Android 8 Oreo atau Android 9 Pie.

2#. Notch Pada Mode Landscape Bermasalah

Jika kamu perhatikan pada gambar berikut, pada Mode Landscape, sisi kiri akan menunjukan bagian Hitam dan layar seolah tidak full.

Saya rasa hal ini tidak akan dirasakan bagi pengguna dengan perangkat dengan Rasio Layar 16:9, namun untuk perangkat dengan Rasio 19:9 ya seperti itu, seolah layar menjadi tidak penuh dalam mode landscape.

Masih perihal Mode Landscape, dalam perangkat Nokia 6.1 Plus (atau perangkat lain dengan fitur serupa), mengaktifkan Full Bezel dan menggunakan Mode Landscape adalah hal yang buruk, bisa dilihat pada gambar berikut.

Bisa dilihat, Notifications Bar Full Bezel malah jelek seperti itu, padahal dalam Mode Potrait, semuanya normal tanpa ada masalah.

Saya kurang tahu dengan perangkat lain dengan fitur Full Bezel, apakah akan bernasib sama atau tidak, jadi silahkan test sendiri ya.

#Kesimpulan

Selama kurang lebih 8 Jam pemakaian, menggunakan Microsoft Launcher 6.0 Preview sebagai Default Launcher bukanlah hal buruk untuk dicoba, meskipun ada beberapa masalah pada Mode Landscape, hal tersebut masih bisa dibilang hal yang normal, mengingat untuk saat ini Microsoft Launcher 6.0 masih berstatus Preview.

Tertarik Mencoba? Silahkan Download Microsoft Launcher Preview 6.0 Disini.

  NOSTALGIA BOS...!!! NOKIA 5310 XPRESSMUSIC REBORN! 🔥🔥  

BELI GADGET MURAH DISINI AJA

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.