Benarkah Chrome Terbaru Lebih Boros RAM..??

Versi terbaru Google Chrome sudah dirilis, dan beberapa hari ini banyak muncul berita yang menyatakan bahwa browser Chrome 63 terbaru ini jadi makin boros RAM dibanding versi sebelumnya. Benarkah demikian..??

Chrome 63 Lebih Boros RAM?

Pandangan sebagai browser boros RAM memang sudah melekat di Chrome, tetapi banyak kabar menyatakan bahwa Chrome 63 terbaru lebih boros RAM daripada versi sebelumnya. Kabar ini dipicu dari ditambahkannya fitur security baru di Google Chrome 63 yaitu Site Isolation. (Baca:  Mengenal Site Isolation — Fitur Keamanan Terbaru di Google Chrome )

Google secara resmi memang mengkonfirmasi bahwa fitur Site Isolation ini bakal membuat penggunaan RAM oleh Chrome melonjak hingga 10-20%. Tetapi fitur ini tidak aktif secara default. Artinya, lonjakan penggunaan RAM hanya akan dialami oleh pengguna yang mengaktifkan fitur Site Isolation ini.

Hal ini juga sudah WinPoin konfirmasi melalui pengujian, yang hasilnya menunjukkan bahwa lonjakan penggunaan RAM hanya terjadi jika fitur Site Isolation diaktifkan. Hasil pengujian WinPoin tentang penggunaan RAM di Chrome terbaru bisa kamu lihat disini.

Kesimpulan

Jadi tidak benar jika dikatakan bahwa versi Chrome terbaru lebih boros RAM dari Chrome versi sebelumnya. Lonjakan penggunaan RAM hanya akan terjadi jika kamu mengaktifkan fitur Site Isolation yang merupakan fitur keamanan terbaru di Google Chrome — yang tentunya tidak aktif secara default.

Apa itu fitur Site Isolation di Chrome, apa manfaatnya, dan bagaimana cara mengaktifkannya, bisa kamu baca di artikel WinPoin ini. (Baca: Mengenal Site Isolation — Fitur Keamanan Terbaru di Google Chrome)

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.