Home Editorial Benarkah Mitos Aplikasi Microsoft untuk Perangkat iOS Lebih Baik?

Benarkah Mitos Aplikasi Microsoft untuk Perangkat iOS Lebih Baik?

WP_20160807_17_32_33_Pro

Salah satu pameo yang legendaris yang sering membuat galau para pengguna Windows Phone adalah: Aplikasi Microsoft lebih baik di iOS daripada Windows Mobile 10. Karena penasaran akan mitos tersebut, saya mencoba ‘memegang’ iPhone selama seminggu untuk membuktikan hal ini. Perlu diperhatikan bahwa saya tidak menyoroti penggunaan iOS secara umum. Dalam hal ini tentu saja ada kekurangan dan kelebihan masing-masing. Hal yang ingin saya buktikan hanyalah: “Benarkah aplikasi Microsoft yang dirilis di Windows Mobile 10 lebih buruk daripada iOS?”

Oya, sebelum memulai, mungkin terlebih dahulu saya perlu menjelaskan, bahwa saya sudah memiliki langganan Office 365 yang memang saya perlukan karena saya memiliki banyak perangkat untuk menunjang kerja. Jadi saya kurang mengetahui apakah ada pembatasan-pembatasan tertentu saat menggunakan MS Office di iOS. Pada saat saya mengunduh aplikasi tersebut di App Store, memang gratis, namun disebutkan ada pembelian in-app nantinya. Namun sepertinya saya tidak terpengaruh hal ini karena akun Microsoft saya sudah memiliki cadangan langganan Office 365.

App Store

Untuk konfirmasi dua arah, mungkin teman-teman yang tidak memiliki langganan tersebut bisa menyumbangkan pendapatnya di kolom komentar di bawah artikel ini.

 

Skype

Skype for iOS

Saya sering menyinggung bahwa saya adalah pengguna Skype yang sangat aktif untuk keperluan kerja. Ini adalah salah satu hal yang dulu ‘memaksa’ saya berpindah ke Windows Phone, karena pada era WP8, Skype sangat andal baik dalam berkirim pesan maupun video call.

Di iOS, atau lebih tepatnya iPhone, dalam penggunaan yang saya lakukan selama seminggu, saya mendapati bahwa notifikasi Skype serta tingkat kecepatan sinkronisasinya ternyata dapat menandingi… WP 8.1 – Dalam artian sinkronisasinya sangat berat dan pemberitahuan terkadang lambat masuk atau baru masuk jika Skype dibuka.

Bukan hal yang buruk sebenarnya karena memang banyak yang menghujat Skype untuk hal ini. Namun tentu saja ini cukup jauh jika dibandingkan level Windows Mobile 10 dengan sinkronisasi ke Messaging yang saya dapati hampir tidak pernah telat ketika digunakan untuk berkirim pesan lewat Skype.

Jadi menurut pengalaman saya, dapat saya simpulkan bahwa menggunakan Skype di iPhone setara dengan menggunakan Skype di WP 8.1, namun kalah jauh dengan pengalaman menggunakan Skype di WM10 yang mengintegrasikan Skype dengan Messaging sehingga lebih andal dalam mengirim dan menerima pesan.

 

OneDrive

IMG_0044

Beda dengan pengunggahan gambar ke iCloud yang memiliki ilusi mulus tanpa hambatan (karena sebenarnya kecepatan mengunggah sama saja), mengunggah ke OneDrive terasa agak lambat karena kita mendapatkan tampilan layar yang menunjukkan bahwa gambar sedang diunggah (ini kurang lebih rasanya mirip dengan “resuming” legendaris di Windows Phone).

Mengakses OneDrive di iPhone cukup lancar, namun perasaan seperti ini juga saya dapatkan baik di WP 8.1 maupun WM10.

Offline File

 

Mungkin salah satu keunggulan yang saya temukan di iPhone adalah fitur parachute yang memungkinkan kita mengakses file tertentu di OneDrive secara offline. Ini berbeda dengan skema mengunduh file terlebih dahulu di Windows Phone. Pada iPhone, file tersebut benar-benar masih berada di OneDrive, hanya saja dapat diakses secara offline.

IMG_0049

Keunggulan lain di iPhone adalah spotlight search yang memungkinkan kita mencari langsung file dalam OneDrive, cukup dengan mengetikkan judul file/dokumen tersebut. Ini cukup praktis dan saya harap nanti Cortana juga mampu melakukannya. Namun membandingkan dua keunggulan ini dengan skema di Windows Phone atau WM10 rasanya kurang adil karena kedua fitur ini didukung oleh fitur bawaan iOS yang memang memungkinkan OneDrive untuk melakukannya. Meskipun demikian, tetap saya anggap ini memang keunggulan di sisi iOS.

 

Keluarga Office

Office for iOS

Untuk Office, tampilannya memang lebih lengkap dibandingkan WP 8.1, akan tetapi sejauh ini saya belum menemukan fitur yang ‘lebih’ dibandingkan dengan WM10. Sepertinya basis pembuatannya juga adalah berdasarkan interface milik keluarga Office di WM10. Sudah saya periksa satu per satu, fiturnya sama persis.

IMG_0053

Oh ya, mungkin ada satu tambahan yang bisa dianggap ‘kelebihan’ di iOS. Perangkat Apple ini memiliki fasilitas dictation atau dikte yang sudah dapat mengenali bahasa Indonesia. Jadi kamu bisa mencoba mendiktekan isi tulisan kamu, dan perangkat iOS milikmu akan menuliskannya di MS Word. Sekedar tips: Gunakanlah bahasa Indonesia yang baku karena fitur ini agak kesulitan mengenali pengucapan yang berbeda seperti “nggak” atau “ndak” alih-alih menggunakan “tidak”.

 

OneNote

OneNote

Untuk OneNote, saya juga tidak menemukan perbedaan fitur yang berarti. Mungkin ada perbedaan interface ketika kamu membuka file baru, namun sebenarnya fitur yang sama juga ada di OneNote untuk WM10.

Untuk kamu yang tidak ingin bersusah payah dalam penyiapan, skema akses catatan OneNote di iOS untuk pertama kali mungkin cukup menyenangkan. Kamu tinggal meminta untuk membuka semua buku catatan sekaligus. Di WM10, kamu harus membuka satu per satu buku catatan tersebut. Namun secara umum, semua fitur sama persis dengan OneNote untuk WM10.

 

KESIMPULAN

Kadang kita memang sering mengabaikan hal terbaik yang dekat dengan kita dan menatap sesuatu yang jauh, yang kelihatan berkilau, lalu mati-matian mengejarnya. Padahal yang dekat dengan kita saat ini sudah sempurna mendukung dan mencintai kita apa adanya..

Zero kara

Eh, maaf.. Itu soal lain ya..

Setelah mencoba sendiri bagaimana aplikasi milik Microsoft yang berjalan di iOS, rasanya kurang pantas jika dikatakan bahwa aplikasi yang ada di WM10 lebih buruk. Khusus untuk Skype, saya bahkan dapat menyatakan dengan yakin bahwa Skype di WM10 jauh lebih baik dibandingkan Skype untuk iOS. Notifikasi dan pesan masuk jauh lebih andal. Saya tidak perlu khawatir melewatkan pesan ketika menggunakan perangkat WM10.

Untuk aplikasi lainnya, seperti yang telah saya ulas, memang ada beberapa kelebihan di iOS, seperti misalnya memungkinkan penggunaan fitur dikte untuk menulis di lembar dokumen atau pencarian melalui Spotlight, namun ini lebih cenderung karena kemampuan asli perangkat tersebut. Istilahnya Microsoft hanya mengintegrasikan kemampuan iPhone untuk mendukung software miliknya. Kalau dibuat perbandingan yang sama, ada loh skema penggunaan aplikasi Microsoft yang tidak dapat ditiru oleh iOS. Apakah itu?

WP_20160807_19_12_01_Pro

Yup, itu adalah pemanfaatan Live Tile! Dengan Live Tile, kamu bisa langsung mengakses file apa saja yang kamu inginkan, baik dari MS Word, Excel, ataupun OneNote. Bahkan kamu juga bisa menyematkan folder yang ada di dalam OneNote agar lebih cepat diakses jika kamu memerlukannya. Live Tile serta kemungkinan personalisasi Tile agar sesuai dengan karakter kita ini juga merupakan salah satu penyebab saya sulit berpindah ke platform lain karena sudah merasa sangat cocok dengan skema tersebut.

Kamu punya pendapat lain mengenai mitos “aplikasi Microsoft di iOS lebih baik dari Windows Phone”? Sumbangkanlah pendapatmu di kolom komentar untuk membantu teman-teman lainnya mendapatkan pendapat lebih netral agar mampu memanfaatkan teknologi secara lebih optimal!

Pesan sponsor: Rem is best girl!!!

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta