Home Phone Berbagai Trik Dasar Seputar Telepon dan SMS Windows Phone yang Mungkin Belum...

Berbagai Trik Dasar Seputar Telepon dan SMS Windows Phone yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Trik dasar seputar telepon dan sms

Febian yang istrinya berada di klinik bersalin untuk persiapan kelahiran, menelepon untuk memantau keadaan sang istri.

Suster: Halo. Rumah Bersalin Larasati di sini.

Febian: Suster, dokter jaga ada? Mau menanyakan bagaimana keadaan pasien Han Ji Eun. Baru kemarin masuk klinik.

Suster: Oh, baiklah. Apa ini anak yang pertama?

Febian: Bukan suster! Saya suaminya!

Windows Phone memiliki interface yang sangat khas, sehingga orang yang belum pernah menggunakan perangkat ini sebelumnya pasti sedikit kebingungan (atau bahkan banyak kebingungan). Bahkan untuk urusan yang sangat mendasar seperti mengelola kontak, telepon, dan SMS.

Berikut ini Winpoin mengumpulkan berbagai tips remeh temeh yang siapa tahu dapat membantu kamu yang baru saja menggunakan perangkat produk Microsoft ini. Sebagai catatan, berbagai tips yang dikemukakan di sini adalah untuk Windows Phone 8.1. Windows Mobile 10 memiliki interface berbeda sehingga ada beberapa tips berikut yang tidak dapat diterapkan, atau kalaupun dapat, harus melakukan beberapa penyesuaian.

 

Suara terlalu pelan ketika menelepon? Kamu bisa memaksimalkan volumenya!

Seringkali ketika menelepon, suara lawan bicara tidak begitu terdengar, bisa jadi memang karena speakerphone yang kurang keras, atau memang lingkungan sekitar kita bising. Hal ini dapat diatasi dengan menaikkan volume panggilan telepon atau (in-call). Bagaimana caranya? Mudah sekali!

Trik Telepon & SMSDalam kondisi menelepon, kamu tinggal menekan tombol volume yang terdapat di perangkat Windows Phone kamu. Setelah ditekan, akan muncul interface in-call di bagian atas layar. Kamu dapat menaikkan volume untuk menjadikan suara lawan bicara kamu lebih keras dan jelas.

Trik Telepon & SMSSetting penerimaan telepon ini akan berlaku permanen ke depannya. Jadi sekali kamu mengatur volume in-call di angka tertentu, maka secara otomatis ketika ada panggilan telepon lagi, volume in-call sudah ditetapkan pada angka yang kamu atur tersebut.

Jika tidak ada panggilan telepon masuk, kamu tetap dapat mengaturnya dengan ‘memaksa’ agar interface in-call keluar dengan cara menelepon nomor-nomor gratisan seperti 888 atau 338 (untuk Telkomsel). Setelah di layar muncul interface telepon, tekan tombol volume untuk mengeluarkan tampilan in-call di bagian atas layar.

 

Susah sinyal telepon? Ini triknya

Trik Telepon & SMS

Kadang situasi mengharuskan kamu berada di tempat yang tidak ideal untuk mendapatkan sinyal telepon. Di lokasi tersebut, bisa jadi sinyal 3G atau 4G kamu turun drastis hingga satu bar. Kamu bisa mengatasi hal ini dengan membuka Setting > Cellular+SIM, lalu mengganti Highest connection speed dengan 2G. Biasanya kamu akan mendapatkan tangkapan sinyal yang lebih tinggi dengan cara ini.

Tips lain, jika kamu sering mengalami naik turun sinyal yang parah, kamu bisa membuka Setting > Cellular+SIM lalu membuka SIM Setting. Di sini kamu bisa meminta device mencari jaringan dan memilih jaringan yang sesuai dengan kartu SIM yang kamu gunakan. Ini akan membantu perangkat kamu lebih mudah mendapatkan sinyal dibandingkan dengan menggunakan pengaturan automatic atau otomatis.

 

Menghubungi orang lebih mudah dengan membuat grup khusus

Trik Telepon & SMSJika kamu memiliki banyak lingkungan atau kelompok yang memerlukan perhatian khusus, maka kamu dapat membuat beberapa grup di People app. Fungsinya adalah untuk interaksi lebih cepat. Kamu tinggal membuka People, lalu langsung ke grup.

Manfaat lainnya adalah, dengan menjadikan grup sebagai Live Tile, kamu dapat dengan mudah memantau pembaruan dari orang-orang di grup tersebut. Misalnya ada email dari rekan kerja atau SMS dan update status Facebook dari individu terkait, kamu dapat melihatnya sekilas di Live Tile, lalu melakukan pemeriksaan lebih cepat.

 

Satu orang punya beberapa akun? Kamu bisa menautkannya

Trik Telepon & SMS

Kadang-kadang satu orang memiliki beberapa akun media sosial, seperti Twitter, LinkedIn, dan Facebook. Kamu dapat menyatukannya dengan menautkan profil-profil milik teman kamu tersebut. Buka profil teman yang dimaksud di People app, lalu tap tombol link di bagian bawah. Kalau ada kontak atas nama yang sama dan belum tertaut secara otomatis, maka Windows Phone akan membantu menautkannya untuk kamu. Kamu bisa menautkannya dengan ID app lain yang kamu kenali.

 

Ada nomor penting yang sering dihubungi? Manfaatkan Speed Dial

Trik Telepon & SMSDi Phone, jika kamu melakukan swipe ke arah kiri (eh, kanan juga sih), maka akan muncul Speed Dial. Kamu dapat menambahkan nomor-nomor yang penting di sini. Selain keluarga terdekat, kamu juga dapat menambahkan nomor kepolisian dan rumah sakit, sehingga jika terjadi situasi darurat, kamu dapat dengan cepat menghubungi institusi tersebut.

 

Nah, demikianlah berbagai tips dan trik seputar fitur dasar Windows Phone yang mungkin agak jarang kamu utak-atik. Terkadang hal yang mendasar tidak begitu diperhatikan hingga tiba situasi di mana kamu memerlukannya. Oleh karena itu penting untuk menguasai fitur yang paling dasar dari smartphone ber-OS Windows Phone milik kamu, yaitu telepon, SMS dan kontak.

Punya tips remeh temeh tapi penting lainnya? Ungkapkan pendapat kamu di kolom komentar!

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta