Seperti yang para pengguna Mac ketahui, Apple melakukan transisi besar besaran dari Intel ke Apple Silicon berbasiskan ARM, dan yang pertama diperkenalkan oleh Apple ke Mac adalah chip Apple A12Z. prosesor yang mentenagai iPad Pro 2020 terbaru.

Dan dilansir dari MacPoin, Mac pertama yang akan dibekali Apple silicon berbasis ARM ini adalah Mac Mini. Meskipun begitu, Mac Mini ini hanya diperuntukkan bagi para pengembang yang ikut berpartisipasi di Universal App Quick Start Program.

Baca Juga : Mac Mini Jadi Komputer Mac Berbasis ARM Pertama

Nah terkait hal tersebut tampaknya ada sebuah kekurangan yang akan dirasakan pengguna Mac ARM nantinya, yaitu mereka tidak akan dapat menggunakan Bootcamp untuk instalasi dan menjalankan Windows di perangkat Apple mereka. Apple Craig Federighi via  John Gruber’s Daring Fireball podcast seperti dilansir dari The Verge, sudah mengkonfirmasinya,”We’re not direct booting an alternate operating system,” Ucapnya., “Purely virtualization is the route. These hypervisors can be very efficient, so the need to direct boot shouldn’t really be the concern.” Lanjutnya.

Selain itu virtualization tools seperti Pararrels Desktop atau VMWare sendiri tidak akan berfungsi pada Mac berbasiskan ARM, sampai pihak developer melakukan kompilasi ulang untuk mendukung Mac berbasiskan ARM tersebut, namun meskipun begitu bahkan jika virtualization tools tersebut sudah hadir dengan dukungan ARM, pengguna hanya dapat melakukan instalasi os yang berbasiskan ARM juga, misalkan Windows 10 ARM, tetapi sayangnya Microsoft hanya melisensikan Windows 10 ARM hanya ke OEM, seperti yang dijelaskan juru bicara Microsoft pada The Verge, “Microsoft only licenses Windows 10 on ARM to OEMs.”

Apa! Apple Buang Intel Karena Prosesornya Cacat

Dengan kata lain para pengguna Mac yang membutuhkan Windows pada perangkat Mac mereka harus tetap menggunakan Mac berbasiskan Intel, dan beruntungnya Apple masih akan menyediakan model perangkat berbasiskan Intel dalam beberapa tahun kedepan.

Baca Juga : Rosetta 2 Tak Support Virtual Machine Untuk Jalankan Windows

Nah pengguna Mac? bagaimana menurutmu? silahkan berikan komentarmu dibawah.

Via : The Verge, OnMSFT, MacPoin (link terkait di artikel)

  Unboxing REDMI 9 Indonesia yang LAGI HOT..!! 🔥🔥  

BELI GADGET MURAH DISINI AJA

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.