Salah satu pengamanan yang perlu dilakukan adalah memasang sebuah Antivirus pada Windows 10, yap, dibandingkan Mac atau Linux, Windows memang terlihat sangat rentan dimasuki sebuah malware berbahaya, terutama jika pengguna menginstal banyak sekali software bajakan.

Banyak sekali kabar dari salah satu grup facebook dimana pengguna mengalami kehilangan data akibat berbagai jenis Ransomware, yang mau gak mau, jika tidak ada decryptornya, pengguna harus merelakan semua data mereka.

Image : Teknisi Komputer Indonesia Via Facebook

Nah sebenarnya, Windows sendiri sudah sangat aman dari segala serangan kayak gini, dengan catatan jika pengguna berhati hati dalam melakukan pemakaian dan aktifitasnya di internet. Terutama Windows 10, karena Windows 10 sendiri sudah dilengkapi dengan salah satu dari Top 10 Antivirus (via AVTest).

Demi menambah proteksi, sebaiknya kamu juga mengaktifkan Automatic Scan di Windows Defender, dan berikut Winpoin kasih tutorialnya.

Cara Aktifkan Daily Automatic Scan di Windows Defender Windows 10

Pertama, kamu buka Task Scheduler.

Selanjutnya masuk ke Windows Defender Options di directory berikut:

Task Scheduler Library > Microsoft > Windows > Windows Defender 

Ketiga, kamu buka (klik kanan properties / double click) pada “Windows Defender Scheduled Scan”.

Selanjutnya klik pada Tab Triggers dan Klik New (lihat gambar diatas). Nah setelah itu, kamu atur saja sesuai dengan keinginan kamu, diantaranya On Schedule dimana dia akan discan sesuai dengan jadwal kamu (perhari/minggu/atau bulan), lalu ada At Logon, At Startup, dan lainnya (lihat gambar dibawah).

Rekomendasi saya adalah, kamu memilih On Idle, dimana scan akan dimulai secara otomatis, jika pc/laptop kamu sedang tidak digunakan.

Setelah kamu atur, klik OK untuk menyimpan konfigurasi. Pastikan Konfigurasi kamu sudah diaktifkan.

pastikan statusnya “enabled”

Nah selesai deh, kamu cukup klik OK, dan close Task Scheduler tadi. Sekarang Windows Defender akan melakukan Scanning secara otomatis ketika system sedang di Idle. Kamu bisa mengubah konfigurasi Scanning sesuai dengan keinginan kamu sama seperti pada langkah sebelumnya.

Hei, Kalian Team Windows Defender kah? sebutkan pengalaman kalian dalam menggunakan Windows Defender dikolom komentar dibawah.

  Android 10 vs iOS 13 — Eps.1!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.