Artikel kali ini WinPoin akan memberikan cara untuk membuat file ISO Windows 10 May 2021 Update dari File ESD. Seperti yang kamu ketahui, Windows 10 May 2021 Update sudah dapat diunduh sekarang. Microsoft sendiri menawarkan beberapa cara yang bisa kamu gunakan, mulai dari Windows Update di Settings, Upgrade Assistant, atau Media Creation Tools.

Artikel kali ini WinPoin akan memberikan cara untuk membuat file ISO Windows 10 May 2021 Update dari File ESD. Seperti yang kamu ketahui, Windows 10 May 2021 Update sudah dapat diunduh sekarang. Microsoft sendiri menawarkan beberapa cara yang bisa kamu gunakan, mulai dari Windows Update di Settings, Upgrade Assistant, dengan atau tanpa Media Creation Tools.

Bahan-bahan

Pertama tentunya kamu memerlukan file ESD build 19043.928. Kamu bisa mencari link-nya yang tersebar di internet, atau kamu bisa menggunakan link berikut.

19043.928.210409-1212.21h1_release_svc_refresh

Sebagai info, link diatas berisikan versi Business, Consumer, dan ARM64. Untuk Business dan Consumer sendiri berisikan beberapa edisi Windows 10, diantaranya:

  • Business: Education, Education N, Enterprise, Enterprise N, Professional, Professional N.
  • Consumer: Home, Home N, Home Single Language, Education, Education N, Professional, Professional N.

Setelah itu adalah tool untuk decrypt ESD ke ISO yang bisa kamu download melalui link ini, ekstrak lalu ikuti tahap selanjutnya.

ESD ke ISO

  1. Jadikan semua (ESD dan tool decrypt) menjadi 1 folder yang sama.
  2. Klik kanan pada file bat decrypt dan pilih Run as Administrator.
  3. Setelah jendela console Command Prompt terbuka, ketikan nomor 1 (satu) untuk membuat full ISO dengan semua edisi yang ada.
  4. Kemudian ketikan nomor 1 (satu) lagi untuk membuat file ISO dengan standar file install.wim.
  5. Tunggu proses decrypt hingga selesai, lamanya sekitar 10-20 menit. Pada proses ini, CPU dan Disk akan mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini tentu akan terasa bagi kamu yang memiliki resource minim.
  6. Ketika proses sudah selesai, maka kamu akan mendapatkan file ISO pada folder yang sama dengan file ESD.
  7. Done.

Tahap selanjutnya, kamu bisa menginstallnya melalui media bootable atau mount ISO dan jalankan setup.exe.

Credit to abbodi1406@MDL for ESD Link and decrypt script

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.