Mengakses Network Drive atau Folder di Windows 10 memang terbilang mudah, kita bisa mengaksenya dari halaman Network di File Explorer, atau bisa juga dengan menambahkan Mapping Network Drive di File Explorer.

Namun, dalam kasus saya, ketika kita tidak terhubung dengan network dimana network drive tersebut di mapping, maka tampilannya agak sedikit ganggu saja, bahkan kadang suka ada error disconnect yang menurut saya sedikit mengganggu, nah mengenai hal tersebut, ada sedikit tips nih untuk kamu yang juga mengalami hal yang sama dan ingin mengakses Network Drive di WIndows 10 dengan cepat.

Apakah itu?, jawabannya adalah Quick Access. Yap siapa yang enggak tahu dengan fitur ini, dengan Quick Access, kita bisa Pin Folder apapun untuk kita akses dengan cepat, termasuk Network Folder. Lalu bagaimana caranya? berikut saya sedikit rangkum langkah singkatnya.

Langkah 1. Pertama kita masuk dulu ke directory folder yang di share di jaringan kita. Biasanya saya menggunakan Run Command dengan memasukkan \\IP atau \\NetBIOS.

Langkah 2. Silahkan login jika diminta, saran saya simpan saja Windows Credential-nya sehingga nanti kita tidak perlu lagi memasukkan username dan password untuk mengakses folder tersebut.

Langkah 3. Terakhir, maka kamu akan ditampilkan seluruh folder yang dishare dari PC/ atau Server yang kamu miliki.

Nah tepat seperti pada gambar diatas, langsung saja tarik ke Quick Access, sehingga kamu bisa mengaksesnya dari sana.

Nah itu saja mungkin tips dari saya, sebenarnya langkah ini tidak ada bedanya dengan Mapping folder tersebut, namun menurut saya dengan hanya menambahkan Quick Access, seandainya kita tidak terhubung dengan jaringan dimana Server/PC yang menyediakan folder tersebut, maka tidak akan ada notifikasi Mapping Error karena Disconnect atau sebagainya.

Seperti itu. Nah silahkan deh kamu coba guys, semoga tips ini bermanfaat, dan jika ada tips menarik dari kamu, jangan sungkan untuk komen dibawah guys.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.