Ketika kamu ingin mengganti tipe file sistem dari NTFS ke FAT32 atau sebaliknya pada flashdisk, kamu perlu melakukan format secara benar dan mengkonfigurasi tipe file sistem yang kompatible agar OS dapat membaca dan menulis data pada partisi tersebut.

Meskipun mungkin proses tersebut terlihat sulit, tetapi tidak, hampir sama dengan versi Windows sebelumnya, Windows 10 juga memiliki beberapa opsi untuk format flashdisk secara cepat, salah satunya menggunakan PowerShell.

Cepat Format Flashdisk dengan PowerShell di Windows 10

  1. Buka PowerShell as Administrator.
  2. Ketikan perintah dibawah ini dan tekan enter pada keyboard. Dimana perintah ini akan melakukan format terhadap Flashdisk secara cepat (Quick format).
    Format-Volume -DriveLetter N -FileSystem NTFS
    Pastikan kamu mengganti N dengan letter drive yang sesuai dan NTFS dengan tipe file sistem yang diinginkan.
  3. Done.

Proses yang dibutuhkan untuk melakukan format tidak terlalu lama, karena menggunakan opsi quick format. Tetapi jika kamu menginginkan full format, maka kamu bisa mengetikan perintah

Format-Volume -DriveLetter N -FileSystem NTFS -Full -Force

Dimana sistem akan melakukan full format terhadap flashdisk tersebut, tentunya proses ini akan memakan waktu yang lebih lama ketimbang quick format.

  JANGAN ANGGAP REMEH HAPE INI..!!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.