Home Editorial #WinExplain: Apa Bedanya FAT32, exFAT, dan NTFS?

#WinExplain: Apa Bedanya FAT32, exFAT, dan NTFS?

#WinExplain: Apa Bedanya FAT32, exFAT, dan NTFS?

Apa yang kamu tahu tentang FAT32, exFAT atau NTFS? Secara garis besar, mereka ini tergolong file system yang digunakan oleh Windows. Umumnya kamu akan melihat file system ini ketika akan melakukan format flashdisk, memori external, atau hardisk. Sayangnya Windows tidak menjelaskan tentang apa kegunaan dan maksud dari file system tersebut. Jadi kali ini WinPoin akan mengulasnya di seri #WinExplain: Apa Bedanya FAT32, exFAT, dan NTFS?

 

FAT32

Pada tahun 1996, FAT32 pertama kali diperkenalkan dengan MS-DOS 7.1/Windows 95, meskipun format tetap diperlukan untuk menggunakannya. Ternyata FAT32 tidak langsung diterima di Windows 98, untuk bisa menggunakannya kita harus convert hardisk dari FAT16 ke FAT32 dengan utility tertentu tanpa kehilangan data.

File system ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Karena terbilang sudah lama, ia menjadi sebuah standard. Flashdisk yang kamu baru saja kamu beli diformat dengan FAT32 untuk kompatibilitas maksimum, yang bisa bekerja pada komputer modern dan juga untuk komputer lama.

#WinExplain: Apa Bedanya FAT32, exFAT, dan NTFS?

Keterbatasan datang karena usia yang sudah lama. Sebuah file individu di drive FAT32 tidak dapat melebihi 4GB, ini adalah ukuran maksimal. Partisi FAT32 juga harus kurang dari 8TB, yang mana juga bagian dari keterbasan.

Karena file system ini cocok untuk flashdisk dan media external lainnya, kamu tidak bisa menggunakannya untuk drive internal. Ia tidak memiliki izin dan fitur keamanan yang memadai, untuk itu munculah NTFS yang lebih modern. Versi terbaru dari Windows tidak bisa lagi diinstall ke dalam FAT32 dan harus menggunakan NTFS.

Kompabilitas: Bekerja dengan semua versi Windows, Mac, Linux, konsol game, dan drive apapun yang memiliki port USB.

Limit: 4GB file maksimal, 8TB partisi maksimal.

Kegunaan: Sangat cocok digunakan untuk removable device karena kompabilitasnya.

 

NTFS

Di pertengahan tahun 80an, Microsoft dan IBM bekerja sama dalam sebuah project untuk membuat generasi selanjutnya dari sistem operasi berbasis grafis. Hasilnya mereka menciptakan OS/2, tapi semua tidak berjalan lancar dan akhirnya perpecahan terjadi antara Microsoft dan IBM. OS/2 tetap dikerjakan oleh IBM dan Windows bekerja dengan Windows NT. Hasil dari OS/2 adalah file system HPPS yang memiliki fitur penting di dalamnya. Ketika Microsoft membuat sistem operasi barunya, mereka meminjam banyak konsep itu untuk NTFS.

NTFS adalah file sistem modern yang akan kamu temui ketika menginstall Windows terbaru. NTFS memiliki batasan ukuran file dan partisi yang sangat besar yang hingga kini mungkin tidak ada yang bisa menandinginya. NTFS pertama kali muncul ke konsumen pada Windows XP.

Menyampingkan keterbasan, NTFS datang dengan fitur modern. Mendukung file permission untuk keamanan, mengganti journal untuk mempercepat recovery error, shadow copi untuk backup, enkripsi, disk quota limit, hard link dan masih banyak lagi fitur lainnya.

#WinExplain: Apa Bedanya FAT32, exFAT, dan NTFS?

Windows kamu harus menggunakan partisi NTFS. Jika kamu memiliki drive sekunder bersandingan dengan Windows dan kamu ingin menginstall program ke dalamnya, kamu harus membuatnya ke NTFS.

Sayangnya, NTFS tidak kompatibel dengan sistem operasi lainnya. Ia akan bekerja dengan semua versi Windows, kecuali sistem operasi lain. Secara default, Mac OS X hanya memiliki kemampuan read NTFS, tidak untuk write. Beberapa distro Linux mungkin bisa write NTFS, tapi kebanyakan memiliki kemampuan read. Tak satu pun dari konsol game Sony PlayStation mendukung NTFS. Bahkan miliki Microsoft sendiri, Xbox 360 tidak bisa membaca NTFS, selain Xbox One. Device lain kebanyakan tidak mendukung NTFS.

Kompatibilitas: Bekerja dengan semua versi Windows, tapi read-only untuk sistem MAc dan distro Linux. Semua device kecuali Xbox One mungkin tidak mendukung NTFS.

Limit: Tidak ada batas ukuran atau partisi.

Kegunaan: Digunakan untuk drive sistem Windows dan internal drive lainnya yang digunakan dengan Windows.

 

exFAT

Akhir tahun 2006 adalah pengenalan pertama kali exFAT sebagai bagian dari Windows CE 6.0, tertanam di sistem operasi Windows. Sebagian vendor menyetujui lisensi dari exFAT untuk penanaman di sistem atau device yang mereka buat. Mereka menanamkan ke sistem dikarenakan ringan dan dan sangat baik untuk yang memiliki memori rendah dan daya yang kecil sehingga dapat dimasukan ke dalam firmware.

Ia adalah sebuah file system yang dioptimalkan untuk flashdisk. Dirancang untuk ringan seperti file system FAT32 tanpa banyak fitur tambahan seperti NTFS.

Seperti NTFS, exFAT memiliki batas ukuran file dan ukuran partisi yang sangat besar. Jadi kamu bisa menyimpan file lebih besar dari 4GB di flashdisk atau micro SD menggunakan format drive exFAT. exFAT adalah upgrade total dari FAT32, dan seharusnya menjadi pilihan terbaik untuk drive external dimana kamu ingin file system ringan tanpa batasan.

#WinExplain: Apa Bedanya FAT32, exFAT, dan NTFS?

exFAT juga lebih komptaibel daripada NTFS. Jika Mac hanya bisa read untuk NTFS, Mac bisa memiliki full akses terhadap exFAT. exFAT drive juga bisa diakses secara full di Linux dengan bantuan software yang sesuai.

Sementara exFAT kompatibel dengan Mac dan bisa kompatibel dengan beberapa device yang tidak mendukung NTFS, ia masih belum cukup. Beberapa konsol game juga tidak mendukung exFAT, seperti Xbox 360 dan PlayStation 3.

Kompatibilitas: Bekerja dengan semua Windows dan versi modern Mac OS X, tapi membutuhkan software tambahan pada Linux. Kebanyakan device mendukung exFAT daripada NTFS, tapi untuk drive lama mungkin lebih mendukung FAT32.

Limit: Tidak ada batas ukuran atau partisi.

Kegunaan: Bisa digunakan untuk flashdisk dan drive external, khususnya jika kamu membutuhkan file di atas 4GB. Dengan perkiraan setiap device yang kamu gunakan mendukung exFAT.

 

Kesimpulannya dari artikel di atas, munculnya file system NTFS dikarenakan keterbasan dari file system FAT32. Sementara itu di dunia modern ini, ukuran file bertambah besar. Jadi NTFS sangat ideal digunakan untuk drive internal, sementara FAT32 dan exFAT digunakan untuk drive external.

  Unboxing Orico Hardisk Docking Station  

Suka ngobrolin berbagai hal tentang teknologi. Dia hampir tidak pernah bisa tenang sebelum mengetahui kabar teknologi paling gress saat ini.
  • markodet

    Makasih banyak infonya om Edo, kegundahan hati selama ini terjawab sudah.
    Kalo untuk microSD yg dipake di WindowsPhone/Android, sebaiknya pake exFAT atau NTFS?

    • Bhaka

      pake ext3

  • Kalau untuk exFAT cuma sering ketemu di linux, sedangkan FAT32 dan NTFS sudah sering ketemu di segala macam devices :D

  • Agil Faisal Rahman

    mount micro SD ke C maksudnya gimana tuh??

  • Agil Faisal Rahman

    klo microSD pake exFAT kompatible ga min…

  • Stephen Sugiarto

    Nah terus FAT64 sama exfat itu sama? terus kalau boleh ditambahin, kenapa Linux itu pake partisi swap, sementara windows enggak? thanks

  • Muhammad Roqib

    jual lumia 920 full set 1,6 nego aja kondisi belum pernah di pakai, whatsapp 08989768588