Hai, kali ini saya akan membagikan informasi bagaimana cara untuk mendapatkan akun developer windows dengan DreamSpark. Untuk catatan, dreamspark ini hanya tersedia di kampus-kampus tertentu. Silahkan tanya ke bagian IT kampus untuk bertanya apakah dikampus-nya berlangganan dreamspark atau tidak.

Harga normal untuk sebuah akun dev windows seharga $19, namun dengan dreamspark, semua itu gratis (… dan seumur hidup). Ngomong-ngomong apa benefit dari akun developer windows ?

  • Unlock Devices untuk Testing App
  • Publish App di Windows / WP Store
  • Mendapatkan preview terbaru dari sistem yang dikembangkan oleh MSFT

Sebelum mulai, pastikan kamu punya akun dreamspark, jika belum silahkan ikuti langkah-langkah di tulisan saya sebelumnya yang ada disini untuk membuat akun dreamspark baru. Selanjutnya saya akan menunjukkan bagaimana cara membuat akun dev windows. Berikut langkahnya :

1. Buka halaman dreamspark student, kemudian sign in.

2. Jika kamu sudah sign in, kemudian buka halaman windows store access di dreamspark, lalu klik tombol get code now.

Cara Daftar Akun Developer Windows via Dreamspark

3. nantinya akan muncul kode acak. Salin kode ke notepad atau kemana saja, karena kode ini nantinya bakal dibutuhkan ketika akan mendaftar dev account.

Cara Daftar Akun Developer Windows via Dreamspark

4. buka halaman registrasi dev windows yang ada disini. Nantinya akan muncul keterangan dan informasi tentang pendaftaran akun developer windows. Jika dirasa sudah puas membacanya. klik tombol Accept and Continue.

Cara Daftar Akun Developer Windows via Dreamspark

5. Selanjutnya kita akan dihadapkan, pemilihan tipe akun dan region. Untuk region saya memilih Indonesia, dan untuk akun pilih akun individualPENTING! sekali lagi pilih akun individual  dan region indonesia, karena jika sudah mendaftar, tipe akun dan region tidak dapat diubah lagi.

Cara Daftar Akun Developer Windows via Dreamspark

6. Langkah selanjutnya kita akan diminta mengisi informasi pribadi yang umum seperti nama, email, alamat dan lain-lain. Setelah itu kita harus mengisi Publisher Name, tentunya yang dipilih adalah yang unik dan punya wewenang untuk memakainya. Disini saya memakai nama WINDEVID untuk publisher name. Kamu bisa mengisinya dengan nama lengkapmu, atau studio software yang kamu dirikan dengan teman-temanmu. Lalu jika sudah, klik Next.

5

7. Selanjutnya kita akan menjumpai halaman agreement, yang saya rasa rekan-rekan pasti malas membacanya (sama seperti saya hahaha). Klik Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

6

8. Masih ingat dengan kode yang kita bahas di awal ? ya di tahap ini kita akan menggunakannya, sehingga kita tidak perlu membayar sepeserpun untuk pembuatan akun dev windows ini. Pilih use a token, masukan kode ke isian yang ada, kemudian klik Next.

7

9.  Selanjutnya kita akan menjumpai halaman konfirmasi, jika kamu sudah yakin dengan info dan data yang kamu masukkan, tekan tombol purchase.

Cara Daftar Akun Developer Windows via Dreamspark

10. Setelah menekan tombol purchase, kita akan dialihkan ke halaman baru. Di halaman tersebut, tertulis, jika kita ingin merencanakan merilis aplikasi berbayar kita perlu mengatur informasi payment dan profil pajak.  Klik Done untuk mengakhiri proses pendaftaran akun dev.

9

11. Setelah halaman dashboard dari windows dev center akan muncul. Kamu-pun bisa submit app yang sudah kamu buat susah payah ke store, dan biarkan dunia melihat hasil karyamu. Untuk langkah submit app baru, akan saya bahas di artikel yang lain. Terakhir, selamat berkarya !

10

 

 

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.