Windows 10 hadir dengan Windows Defender yang tentunya menyediakan fitur Firewall default dalam system. Fitur ini melakukan pengecekan terhadap Incoming dan Outgoing Network Traffic dan mengijinkan atau melakukan pemblokiran tergantung dari rules yang digunakan.

Secara default Windows 10 hadir dengan default rules yang sama, dan kamu harus menambahkan custom rule baru untuk mengijinkan atau memblock aplikasi terhadap akses jaringan. Tentunya ini akan sedikit ribet terutama jika kamu memiliki perangkat berbeda dengan aplikasi yang sama, dan ingin menggunakan rule yang sama pada aplikasinya.

Namun tenang gaes, berikut WinPoin berikan tutorial untuk Export dan Import Firewall Rules di Windows 10 Menggunakan Windows Security. Jadi kamu disini bisa melakukan Export dari Mesin 1 ke Mesin 2, atau jika kamu sudah selesai melakuan Reinstall Windows 10.

Cara Export Firewall Rules

Langkah 1. Buka Windows Security

Langkah 2. Klik pada Firewall & network protection

Langkah 3. Klik pada Advanced settings.

Langkah 4. Selanjutnya klik kanan pada Windows Defender Firewall with Advanced Security on Local Computer, lalu pilih Export Policy.

Langkah 5. Selanjutnya pilih directory dimana kamu akan menyimpan konfigurasi, lalu masukan nama, an klik Save Button.

Done. Sekarang kamu bisa melakuan Import Firewall Rule dengan langkah dibawah ini.

Cara Import Firewall Rules

Secara langkah, sama saja, kamu bisa mengikuti langkah diatas, namun pada Langkah 4 kamu pilih Import Policy.

Selanjutnya pilih file yang sudah kamu export sebelumnya, dan klik Open.

Done.

Bagaimana simpel sekali bukan? dengan langkah diatas, kamu bisa dengan cepat memulihkan konfigurasi Firewall Rule baik di perangkat baru atau diperangkat yang sama setelah kamu selesai melakukan Reinstall Windows.

Silahkan berikan komentarmu dibawah.

  21+ Fitur Tersembunyi iOS 14: Wajib Coba!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.