Kemarin saya mengabarkan bahwa Chrome 70 sudah bisa diunduh dan memberikan beberapa fitur baru unik. Salah satu fitur unik tersebut adalah kemampuan untuk menginstal PWA (Progressive Web App). Jika kamu belum akrab dengan istilah PWA tersebut, kamu juga bisa membaca artikel Winpoin yang mengulas khusus tentang PWA. Nah, Chrome terbaru ini bisa menginstal PWA yang memungkinkan kamu mendapatkan tampilan web app yang berperilaku mirip sebuah aplikasi tanpa perlu memboroskan ruang untuk menginstal aplikasi khususnya di laptop/PC. Memang belum semua website/layanan yang mendukung PWA ini. Salah satu yang sudah terlibat sejak awal, Twitter, akan saya jadikan contoh tutorial menginstal PWA ini.

Caranya, terlebih dahulu kamu pastikan bahwa Chrome yang kamu gunakan adalah Chrome 70 dengan cara klik pada Settings > About Google Chrome. Setelah itu buka mobile.twitter.com. Nah, saat kamu membuka layanan Twitter Mobile di browser ini, klik pada Settings (titik tiga di sudut kanan atas browser), kemudian gulir ke bawah. Kamu akan mendapatkan opsi Install Twitter.

Nah, setelah mengklik Install Twitter ini, maka Twitter akan meminta izin untuk menginstal aplikasi di Chrome kamu.

Setelah selesai penginstalan, maka kamu akan mendapatkan tampilan Twitter Lite berbasis Twitter Mobile yang menggunakan mesin Chrome.

Oya, seperti aplikasi atau website pada umumnya, kamu dapat menyematkan Twitter PWA ini di taskbar kamu untuk akses lebih cepat dengan cara Pin to Taskbar.

Dengan demikian, kamu bisa lebih cepat mengakses aplikasi PWA ini.

Apa kelebihan menginstal PWA? Salah satunya kamu tidak perlu repot menginstal banyak aplikasi dari Microsoft Store, apalagi jika kamu adalah pengguna berat Chrome. Maka menginstal PWA ini akan terasa seperti ‘sekali jalan’. Sayangnya, fitur di PWA masih belum selengkap aplikasi aslinya. Kamu perlu bersabar hingga developernya mengembangkan PWA ini hingga optimal.

Bagaimana dengan Edge? Microsoft Edge memang direncanakan untuk juga mendukung PWA. Jadi kita bisa mengharapkan bahwa dalam waktu dekat Edge juga akan melakukan hal yang sama.

Bagaimana pendapat kamu tentang PWA? Ungkapkan di kolom komentar!

  Apa Kabar Windows Phone..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.