Awal tahun 2018 lalu, Microsoft merilis PowerShell Core yaitu versi open source dari PowerShell yang juga tersedia cross platform, dengan kata lain pengguna Mac dan Linux juga dapat menginstall dan menggunakannya.

Baca Juga : PowerShell Core Dirilis ke Windows, macOS, dan Linux

Selain itu, awal tahun ini, Microsoft juga merilis versi baru PowerShell Core lanjutan dari PowerShell 6.0, yaitu PowerShell 7.0 yang sama sama tersedia sebagai Cross Platform.

Rekomendasi Artikel : Perubahan Yang Akan Hadir di Powershell 7.0

Nah terkait hal tersebut, pada kesempatan kali ini, WinPoin akan share langkah cara instalasi PowerShell di Linux. Dan berikut adalah langkah langkahnya.

Catatan : Disini saya menggunakan System Operasi Linux Favorit saya, Elementary OS Hera 5.3 yang berbasiskan Ubuntu 18.4 LTS, jadi silahkan disesuaikan.

Langkah 1. Pertama Download File PowerShell pada halaman GitHub berikut. Selanjutnya silahkan download file yang sesuai dengan versi Linux yang kamu gunakan.

Langkah 2. Setelah terdownload, selanjutnya kamu bisa menginstallnya dengan menggunakan perintah sudo dpkg -i namafile didalam Terminal. Atau kamu juga bisa menginstalnya menggunakan aplikasi sejenis GDebi atau Eddy.

Selanjutnya, silahkan masukan Password Root kamu, dan instalasi harusnya langsung berjalan.

Namun jika kamu menemukan Error, berarti beberapa dependency belum terinstall pada perangkat kamu, kamu bisa memperbaiki masalah tersebut dengan menggunakan perintah sudo apt –fix-broken install, dan selanjutnya diikuti dengan mengulang langkah 2 diatas.

sudo apt –fix-broken install

Dan selesai deh, sekarang kamu bisa membuka Powershell dengan menggunakan perintah pwsh-preview

Untuk distro linux lain, silahkan disesuaikan dan kamu bisa memperlajarinya pada halaman dokumentasi Microsoft berikut.

Nah silahkan kamu coba, dan semoga bermanfaat.

  Keyboard Seharga Laptop, Dimana Magic-nya..?? 🔥🔥  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.