Home PC Cara Install Windows 10 Spring Creators Update Final — Sekarang juga!

Cara Install Windows 10 Spring Creators Update Final — Sekarang juga!

Meskipun belum dirilis ke publik, inilah cara install Windows 10 Spring Creators Update Final — sekarang juga, gak pake lama!

Inilah dia gaes Windows 10 Spring Creators Update, update mayor Windows 10 terbaru paling gress saat ini. Sampai hari ini update mayor ini belum dirilis ke publik, tetapi di video ini akan saya tunjukkan gimana cara mendapatkan Windows 10 Spring Creators Update Final — sekarang juga!

NB: Pastikan  subscribe channel Kepoin Tekno  agar tidak ketinggalan info menarik seputar teknologi lainnya, termasuk berbagai video dari WinPoin.

Oke meskipun belum dirilis ke publik, tetapi file ESD Windows 10 Spring Creators Update sudah bisa kamu download langsung dari server Microsoft. Dengan sedikit trik kamu bisa mengubahnya menjadi file ISO dan digunakan untuk keperluan upgrade ataupun clean install Windows 10 ke Spring Creators Update.

Cara Install Windows 10 Spring Creators Update — Sekarang!

Ada 4 file yang perlu kamu siapkan, semua link nya sudah saya sertakan di deskripsi video ini.

  • File pertama adalah file ESD dari Windows 10 Spring Creators Update. Copy dan paste URL ini untuk mendownloadnya:
    64-bit — http://fg.ds.b1.download.windowsupdate.com/c/Upgr/2018/03/17133.1.180323-1312.rs4_release_clientconsumer_ret_x64fre_en-us_8483d330ba2e42d8e0a2bdd377074358afb0c864.esd
    32-bit —http://fg.ds.b1.download.windowsupdate.com/c/Upgr/2018/03/17133.1.180323-1312.rs4_release_clientconsumer_ret_x86fre_en-us_b1cac23739adf65a6fd0c638e730f2a945308188.esd
  • File kedua adalah ESD Decrypter Tool
  • File ketiga adalah 7zip
  • File keempat adalah Rufus

NB: Untuk versi bahasa lainnya, link selengkapnya bisa kamu dapatkan disini.

Setelah kamu download semua, install 7zip jika kamu belum punya. Ini bakal kita pakai untuk mengekstrak ESD Decrypter Tool nya.

Cara Install Windows 10 Spring Creators Update Final — Sekarang juga!

Dan setelah itu ekstrak ESD Decrypter Tool menggunakan 7zip dengan cara klik kanan, extract to folder. Lalu pastikan file ESD kamu pindahkan kedalam folder tersebut dan berada dalam lokasi yang sama dengan file Decrypt. Klik kanan file Decrypt dan Run as Administrator.

Kini di window Command Prompt, akan muncul berbagai opsi, pilih opsi nomor 1 dan tekan Enter untuk memasukkan semua edisi Windows kedalam file ISO.

Lalu akan muncul lagi beberapa opsi, kali ini pilih lagi opsi nomor 1 dan tekan Enter untuk membuat file ISO dengan install.wim standard.

Kini kamu tinggal menunggu saja, proses ini bakal berlangsung beberapa menit tergantung dari spesifikasi dan performa PC kamu. Dan setelah proses ini selesai file ISO bakal berada dalam lokasi yang sama dengan File ESD tadi.

Cara Install Windows 10 Spring Creators Update Final — Sekarang juga!

Sekarang kamu bebas mau sekedar upgrade atau melakukan clean install Windows 10. Kalau misal mau upgrade, maka tinggal double klik saja file ISO tersebut, buka, dan jalankan setup.

Tetapi kalau mau clean install, maka kamu bisa membuat bootable DVD ataupun flashdisk Windows 10 Spring Creators Update.

Di contoh ini saya akan melakukan clean install Windows 10 Spring Creators Update dan membuat bootable flashdisk Windows menggunakan rufus.

Tinggal jalankan saja rufus, lalu pastikan file systemnya kamu pilih NTFS.

Pada bagian create a bootable disk, pilih ISO image, dan browse file ISO yang tadi sudah kamu buat. Lalu tekan saja Start.

Cara Install Windows 10 Spring Creators Update Final — Sekarang juga!

Tunggu sampai proses selesai, begitu selesai flashdisk bootable Windows 10 Spring Creators Update siap kamu pakai untuk install Windows.

Untuk menggunakannya kamu tinggal tancapkan saja flashdisk tersebut di laptop, boot melalui USB flashdisk, dan ikuti wizard instalasi Windows tersebut.

Ada dua hal yang perlu kamu perhatikan, pertama kalau sebelumnya di laptop atau PC kamu sudah terinstall Windows genuine dalam kondisi aktif, tidak perlu lagi memasukkan key, cukup klik saja I don’t have a product key. Windows akan otomatis teraktivasi setelah kamu login ke Microsoft Account dan terhubung ke internet.

Kedua, dari beragam versi Windows 10 yang tersedia, pilih yang sesuai dengan license genuine Windows 10 kamu sebelumnya.

Kini berlanjut ke proses instalasi, ada dua pilihan yang tersedia. Kamu bisa pilih upgrade ataupun custom. Jika kamu pilih upgrade, maka file, settings, dan aplikasi Windows tidak akan hilang — hanya versi Windows kamu saja yang akan diupgrade ke versi terbaru.

Tetapi karena disini saya akan melakukan clean install, maka saya pilih Custom.

Lalu saya format dulu drive C — tentu saja data penting didalamnya sudah saya backup sebelumnya, karena semua data di drive tersebut bakal hilang setelah melakukan format.

Oke klik next dan sekarang tinggal tunggu saja proses instalasi Windows 10 Spring Creators Update selesai. Kamu tinggal ikuti wizardnya saja.

Dan Windows 10 Spring Creators Update sudah terinstall di PC kamu — jauh lebih awal dibandingkan pengguna umum lainnya.

Cara Install Windows 10 Spring Creators Update Final — Sekarang juga!

Review performa berbagai fitur baru Windows 10 Spring Creators Update bakal saya rilis di video selanjutnya. Jadi pastikan subscribe channel Kepoin Tekno dan pantengin terus WinPoin.com agar tidak ketinggalan info.

thanks november_ra1n_

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.