Mungkin kamu adalah orang yang seperti saya, setiap hari berurusan dengan email dan harus memanajemen email untuk pekerjaan sehari-hari. Terkadang kita mendapatkan email yang mencurigakan dalam bentuk penipuan atau spam promosi yang tidak berguna. Dalam kasus yang lebih parah lagi, misalnya ancaman terhadap kamu dan keluarga, maka mungkin kamu perlu untuk melacak balik posisi pengirim email berdasarkan IP Address Email yang kita terima. Jika kamu berada di situasi tersebut atau situasi lain yang mengharuskan kamu melacak pengirim email tertentu, maka sepertinya kamu memerlukan tips berikut ini.

Sebelumnya, saya perlu mengungkapkan bahwa contoh yang saya gunakan di sini adalah menggunakan gmail, karena email utama saya menggunakan gmail sebagai penyedia layanan. Namun secara umum, jika kamu menggunakan tipe email lain, maka caranya kurang lebih mirip, yaitu memanfaatkan Full Email Header yang biasanya dapat kamu temukan di menu drop-down di sudut kanan atas layanan email web di PC kamu. Oya, menggunakan klien web akan lebih mudah dalam mengaplikasikan tips ini karena kemampuan aplikasi biasanya jauh lebih terbatas dibandingkan dengan web.

Contoh kasusnya, kamu mendapatkan sebuah email scam atau ancaman yang ingin kamu telusuri dari mana pengirimnya. Kamu perlu membuka Full Email Header dengan cara mengklik menu dropdown di sudut kanan atas email pada saat posisi email dibuka, lalu pilih show original atau tampilkan yang asli.

Banyak informasi yang bisa kamu dapatkan dari Email Header ini. Agar tidak bertele-tele, langsung saja saya sampaikan bahwa untuk mendapatkan IP-Address pengirim email, kita perlu memeriksa IP Address yang disebutkan pada baris “Received: from“. Ada dua baris “Received: from” yang ditampilkan pada Email header. Yang pertama adalah IP address server yang meneruskan email tersebut ke alamat email kita.

Dalam contoh penelitian email di atas, IP address server tersebut adalah:

Received: from sonic305-22.consmr.mail.ne1.yahoo.com (sonic305-22.consmr.mail.ne1.yahoo.com. [66.163.185.148])

Jika kita melanjutkan pencarian, “Received: from” yang kedua akan memberikan alamat IP asal. Namun sayangnya, dalam kasus email yang saya terima, nampaknya pengirim sudah menyembunyikan IP Addressnya, sehingga hanya terbaca seperti ini.

Received: from sonic.gate.mail.ne1.yahoo.com by sonic305.consmr.mail.ne1.yahoo.com with HTTP; Mon, 20 Aug 2018 20:52:39 +0000

Jika pengirim tidak menyembunyikannya, maka IP Address pengirim juga akan ditampilkan di situ.

Kita dapat mencoba melakukan pencarian dengan memanfaatkan tool yang bernama Email Trace. Untuk memanfaatkan Email Trace, kamu perlu menyalin Email Header kamu mulai dari baris Received: from yang pertama hingga baris yang mencantumkan Content-Length. Sorot, lalu salin keseluruhan baris.

Kemudian tempel di kolom kedua. Sementara itu tuliskan alamat email pengirim untuk memperkuat akurasi hasil pencarian.

Setelah mengklik Verify, maka kamu akan mendapatkan keterangan mengenai IP Address yang dicari serta peta lokasinya.

Akurasi pencarian ini mungkin tidak selalu tepat, karena banyak kemungkinan seperti misalnya pengirim email menggunakan VPN atau menutup IP Address-nya dengan tool tertentu untuk menyamarkan diri.

Namun trik ini merupakan wawasan yang bagus untuk kamu pelajari.

Kamu punya trik lain untuk melacak alamat email? Bagikan wawasan kamu di kolom komentar!

 

 

 

  Poco F1 Android Pie, Performa Naik!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.