Apakah kamu penasaran dengan aplikasi mana saja yang sedang menggunakan microphone? Sebuah fitur baru di Windows 10 May 2019 Update dapat memungkinkan kamu untuk mengetahuinya. Terlebih, fitur ini juga bekerja baik pada aplikasi desktop maupun store.

Melihat Aplikasi yang Menggunakan Microphone di Windows 10

Ketika kamu ingin mengetahui aplikasi apa saja yang menggunakan microphone, kamu dapat mengeceknya melalui icon microphone pada system tray. Arahkan pointer mouse kearah icon, jika ada lebih dari 1 aplikasi, maka akan tertampil berapa banyak aplikasi yang sedang menggunakan microphone.

via Google

Untuk pengaturan lebih lanjut, kamu dapat membuka Settings > Privacy > Microphone. Dimana kamu dapat mengatur aplikasi mana saja yang boleh menggunakan microphone.

via Google

Berdasarkan catatan dari Microsoft, aplikasi desktop dapat melakukan bypass terhadap privacy kontrol di Windows 10. Dengan kata lain, ini memungkinkan aplikasi desktop untuk mengakses microphone tanpa terdeteksi. Jadi kamu tidak bisa 100% mempercayai keakuratan fitur ini dalam mendeteksi aplikasi desktop.

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.